Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Bank Digital Terbaik Di Indonesia Yang Menawarkan Banyak Keunggulan


10 Bank Digital Terbaik Di Indonesia yang bisa mejadi referensi dan solusi keuangan yang selama ini hanya terpaku di Bank konvensional saja.

Memang di era yang serba digital apa-apa semua dikaitkan dengan digital seperti tarnsportasi atau deliveri makanan yang sebelumnya sudah mengplikasikannya. 

Begitupun industri bank juga ga mau ketinggalan dan sekarang sudah mengaplikasikan hal tersebut dan terbukti memberikan kemudahan bagi masyarakat sebagai penggunanya.

Karena itu, jika kamu lihat saat ini banyak muncul program digital yang diinisiasi oleh perbankan formal. Bukan tanpa ada alasan, kedatangan mekanisme digital ini dilandasi oleh peralihan konsumsi warga yang makin mengandalkan ekosistem online.

Bank Indonesia mengatakan kedatangan bank digital akan mempunyai potensi besar mengganti susunan perbankan di negeri ini.

Namun sangat disayangkan banyak yang menduga jika tiap apliaksi perbankan yang mengangkat topik fintech atau pinjol adalah bank digital.

Padahal yang sebenarnya suatu lembaga dapat disebutkan begitu bila mereka menyediakan layanan perbankan yang menempel pada bank induknya atau yang biasa kita sebut bank konvensional.

Lalu, apa sajakah daftar bank digital  di Indonesia? simak pembahsannya dibawah ini.

10 Bank Digital Terbaik Di Indonesia 

1. Jenius BTPN

Jenius dapat disebut bank digital pertama yang terkenal di Indonesia dan sebagai produk keluaran dari Bank BTPN.

Feature dari Jenius sendiri menawarkan gratis transfer, penarikan ATM dimanapun, tabungan sampai deposito online.

Ada 4 tingkat yang masing-masing mempunyai ketetapan dan awards berbeda, yakni: Basic, Smart, Jenius dan Sinaya Fokus.

Hal tabungan, Jenius mempunyai tiga feature yang dapat kamu pakai untuk memngatur tabungan  sesuai keperluan.

#1. Flexi Saver

Dapat dipakai nasabah untuk mengurus keuangan memakai sampai 3 tabungan yang masing-masingnya mempunyai bunga 2,5% /tahun.

Disamping itu, nasabah bisa juga menamai, mengubah jumlah tabungan, sampai mengubah foto agar lebih terpacu dalam meraih tujuan yang diharapkan.

Pada feature ini, Jenius berlakukan service kirim dan ambil tunai kapan saja tanpa nasabah perlu keluarkan dana tambahan.

#2. Dream Saver

Peranan dari tabungan ini seperti auto debit, yang akan menolong nasabah memberikan dana untuk merealisasikan keinginanya.

Meskipun demikian, nasabah masih tetep dapat tunda tabungannya dan tak lagi terserang autodebit untuk sebentar. Sepanjang setoran autodebit dibekukan, penghitungan bunga tetap jalan.

Bila nanti, nasabah memilih untuk hentikan tabungan ini, jadi tidak akan dikenai biaya penalti dan semua uang dan bunga yang sudah terkumpul akan dibalikkan ke saldo aktif.

#3. Maxi Saver

Feature ini sebagai deposito berjangka yang mempunyai bunga sampai 4% /tahunnya.

Maxi Saver ialah produk yang dapat menolong nasabah melakukan investasi deposito seperti pada bank digital.

Nilai dasar minimum bila ingin mengawali deposito Jenius adala Rp10 juta dengan periode waktu dimulai dari 1 sampai 12 bulan.

Nasabah dapat menarik uangnya sebelum  jatuh tempo tanpa dikenai denda, tetapi tidak memperoleh bunganya.

Suku Bunga Tabungan Jenius

Nama Feature Bunga Per Tahun Flexi Saver2,5% Dream Saver (Autodebet)2,5% Maxi Saver (Deposito) 4% (Jatuh termin 1-12 bulan)

2. Jago dari Bank Jago

Bank yang awal namanya Bank Artos Indonesia ini, berevolusi jadi bank digital dan mengeluarkan produk Jago App di bawah PT Bank Jago Tbk.

Sebagai bank dengan ekosistem digital, Bank Jago memercayakan feature kantong yang dapat menolong nasabah untuk atur keuangannya dalam beberapa kantong terpisah.

Nasabah dapat membuat kantong baru, hapus, bahkan juga memakainya bersama dengan rekan atau keluarga.

Berikut sejumlah fitur kantong yang ditawari oleh Jago.

#1. Kantong Bayar
Nasabah dapat memakai feature ini untuk berbisnis online atau belanja di mesin EDC sebab bisa tersambung dengan kartu debet visa. 

Dengan ini, bisa menolong nasabah mengurus pengeluaran menjadi lebih fleksibel.

#2. Kantong Nabung
Feature ini menolong nasabah yang ingin menabung untuk merealisasikan kemauannya dengan Autosave dari kantong khusus ke kantong Nabung.

#3. Kantong Bersama
Feature ini ibarat rekening tabungan bersama, di mana dana dalam kantong dapat diatur bersama rekan atau keluarga untuk kepentingan bersama.

#4. Kartu Berbagi
Nasabah dapat mengirimka uang dan kartu ucapan ke famili paling dekat dengan feature ini.

#5. Kantong Terkunci
Feature ini dapat mengamankan dana yang dapat menolong nasabah terlindung dari pengeluaran atau berbelanja tidak perlu dan memperoleh bunga semakin tinggi. 

Dana dapat disimpan dan dikunci dimulai dari 14 hari dan ditambahkan uangnya kapan saja.

Suku Bunga Tabungan Bank Jago

Nama Feature Bunga Per Tahun Kantor Nabung 3,5% - 4% p.a Kantong Bayar 0,5% p.a Kantong Utama 0,5% p.a

3. Digibank dari Bank DBS

Digibank ialah digital banking yang dipunyai oleh Bank DBS yang merupakan bank asal negeri tetangga yakni Singapura. Digibank sebagai pemain lama di industri perbankan digital, karena telah ada sejak tahun 2017 lalu.

Bank digital ini mempunyai tawarkan service bank yang paperless, branchless dan signatureless hingga memungkinkan nasabah untuk lakukan pembikinan rekening tak perlu datang ke bank.

Tidak itu saja, nasabah bisa juga lakukan deposito, investasi obligasi, pengajuan kartu credit, transfer valas sampai utang KTA lewat aplikasi.

Salah satunya favorit feature dari Digibank ialah Tabungan Maxi dengan bunga yang semakin besar dari tabungan biasa yakni 3% /tahun.

Tabungan Maxi bisa diambil kapan saja, sesuai keperluan nasabah, tidak mempunyai saldo minimal dan tidak ada biaya administrasi.

Disamping itu, Digibank mempunyai produk Deposito Rupiah yang dapat dijangkau 24/7 lewat aplikasi, minimal dana dimulai dari 1juta dan tenor 1 bulan dengan bunga 3,5% p.a.

Suku Bunga Tabungan Digibank
Nama Feature Bunga Per Tahun Tabungan Maxi 3% p.a, Deposito Rupiah 3,5% p.a

4. TMRW by UOB

Selanjutnya ialah TMRW, service bank digital keluaran UOB Indonesia. Dengan service digital ini, TMWR dapat menolong nasabahnya pada proses pembukaan rekening sampai transaksi bisnis keungan untuk setiap hari.

Bahkan juga, service digital berbentuk aplikasi ini dapat mengingatkan nasabahnya agar tidak terlewatdalam bayar tagihan bulanannya.

Disamping itu, mereka tawarkan juga bermacam-macam cashback untuk berbelanja online di beberapa e-commerce dan pembikinan kartu credit on-boarding cuma dalam waktu kurang dari 9 menit. Tidak aneh karena mereka mengincar ke pasar millenial, profesional muda dan keluarga muda.

TMRW dari Bank UOB tawarkan feature unggulan untuk menabung dan investasi yakni:

#1. TMRW Everyday Akun
Nasabah dapat memakai feature tabungan ini untuk transaksi bisnis harian, karena tidak dikenai biaya saat ambil tunai di semua ATM di Indonesia. Disamping itu, nasabah dapat transfer kemana-mana tanpa admin. Bunga yang didapat 0,5% /tahun.

#2. TMRW Savings Akun
Dengan TMRW Savings Akun, nasabah dapat memperoleh bunga harian 3,5% /tahun yang hendak dikreditkan dari TMRW Everyday Saving Akun, tiap bulan tidak ada biaya bulanan dan saldo minimal.

#3. TMRW Power Saver
Feature Deposito berjangka dengan bunga dimulai dari 3,5% p.a sampai 4% p.a. Nasabah dapat mengajukan investasi deposito dengan minimum saldo Rp8 juta dan opsi periode waktu 1, 3, 4, 5, 9, dan 12 bulan.

Suku Bunga Tabungan TMRW

Nama Feature Bunga Per Tahun TMRW Everyday Account 0,5% p.a TMRW Savings Account3,5% p.a TMRW Power Saver3,5% p.a - 4,0% p.a

5. Blu by BCA

Berasal dari bank BCA, Blu Digital datang untuk menolong nasabahnya memperoleh service perbankan yang tersambung dengan mekanisme BCA.

Service in bebas  admin dan transfer ke bank lain atau top up Gopay sampai 20 kali /bulan di dua bulan awal semenjak pembukaan rekening.

Hal fitur, Blu BCA menawarkan tiga jenis rekening yang mempunyai suku bunga variasi dan dapat disamakan dengan keperluan.

#1. bluAccount
Rekening khusus yang dapat dipakai nasabah untuk lakukan bermacam transaksi bisnis setiap hari. Langsung bisa dibuat lewat online dan tidak dikenai admin.

#2. bluSaving
Lewat fitur ini nasabah dapat mempunyai 10 tabungan pada sebuah rekening yang bisa dipersonalisasi sama sesuai keperluan. 

Masing-masing tabungan dapat ditetapkan budgetnya, tujuan dan durasi waktunya. Disamping itu juga bisa memakai Autodebet dengan suku bunga bersaing.

#3. bluGether
Rekening singel akun yang dapat dipakai secara bersama. Nanti creator dari pemilik rekening dapat mengundang makasimal 24 anggota untuk turut berperan lakukan transaksi bisnis seperti melihat saldo, menambahkan dana dan perubahan.

#4. bluDeposit
Deposito berjangka yang bisa memberi nasabah suku bunga semakin tinggi untuk investasi. Minimum saldo yang perlu anda punya ialah Rp1 juta dengan tenor 1 - 12 bulan. Suku bunga yang diberi bergantung dari besarnya uang disimpan.

Suku Bunga Tabungan TMRW

Feature Bunga Per Tahun bluAccount 0,5% p.a bluSaving/bluGether 3% p.a bluDeposit 3,5% p.a - 4,0% p.a

6. Livin' Mandiri

Livin' ialah bank digital punya Bank Mandiri yang menawarkan bermacam service perbankan untuk nasabah retail atau usaha korporasi. 

Mereka mempercayakan pada infrastruktur digital Bank Mandiri yang tersambung dengan ekosistem usaha digital.

Adapun, lewat Livin' Mandiri nasabah dapat lakukan pembukaan rekening tabungan, mengelola tabungan, pinjaman sampai kartu credit cukup dengan sekali login.

Ada fitur Quick Pick dalam service Livin' Mandiri yang dapat menolong nasabah untuk akses transaksi bisnis instant.

Maka semua transaksi bisnis favorite nasabah dapat secara cepat diakes pada sebuah tempat lewat menu Quick Pick.

7. Permata ME

Permata ME ialah produk tabungan digital punya Permata Bank yang sifatnya transaksi bisnisonal. 

Lewat service ini, nasabah dapat buka rekening tak perlu tiba ke kantor cabang dan lakukan transaksi bisnis cuma lewat handphone.

Disamping itu, nasabah bisa juga memperoleh promosi cashback saat lakukan transaksi bisnis seperti transportasi online, berbelanja online di merchant yang sudah kerja bersama.

Untuk dapat mempunyai rekening di Permata ME, nasabah tidak ada minimum setoran awal dan tidak ada saldo awal dan gratis biaya administrasi untuk transfer dan ambil tunai.

8. D-Save dari Bank Danamon

D-Save ialah produk tabungan dari Bank Danamon yang menolong nasabah mengelola keuangan untuk keperluan setiap hari atau rencana jangka panjang.

Adapun, D-Save mempunyai dua tipe tabungan yang dapat diputuskan nasabah berdasar keperluan.

#1. Tabungan D-Save
Rekening khusus yang dipakai nasabah untuk berbisnis tanpa biaya bulanan dan admin 10x dalam satu bulan saat mrlakukan transfer, check saldo, sampai ambil tunai di ATM.

#2. D-Save Plus
Rekening tambahan untuk nasabah yang mempunyai beragam tujuan keuangan. Rekening ini tidak dapat dipakai untuk berbisnis, karena mekanismenya rekening simpanan. 

Dana baru dapat dipakai saat rekening ini ditutup. Bunga yang dijajakan ialah 2,75% p.a dan ada promosi cashback sama sesuai persyaratan dan ketetapan.

Suku Bunga Tabungan D-Save
Suku Bunga Per Tahun Tabungan D-Save0,00% p.a - 0,25% p.a D-Save Plus2,75% p.a

9. Wokee dari Bank Bukopin

Bank digital garapan Bank Bukopin ini menolong nasabah dapat transfer uang ke sama-sama pemakai cukup dengan nomor handphone (tanpa nomor rekening).

Tidak itu saja, nasabah bisa juga membayar seperti listrik dan kepentingan yang lain telah didukung Wokee lewat QR code

Mereka menawarkan fitur cardless withdrawal atau ambil tunai tanpa kartu di merchant yang telah bekerja bersama.

10. Line Bank by Hana Bank

Line Bank termasuk pemain baru dalam perbankan digital karena baru dikeluarkan pada 10 Juni 2021 lalu.

Adapun, service digital ini ialah hasil kerjasama di antara LINE Coorporation dan PT Bank KEB Hana Indonesia.

Konsentrasi dari Line Bank sendiri menawarkan service seperti tabungan, kartu debet dan deposito untuk kelompok umur yang tumbuh di era digital ini.

Nasabah dapat buka rekening tanpa perlu cemas masalah setoran awal dan dapat lakukan ambil tunai sampai transfer antara bank tanpa admin. Disamping itu, nasabah pun tidak dikenai ongkos bulanan.

Seperti bank digital lain, LINE Bank tawarkan produk deposito berjangka dengan minimum mulai dr Rp1 juta, bunga 4,5% /tahun.

Suku Bunga Tabungan Line Bank
Nama Produk Bunga Per Tahun Tabungan1% p.a Deposito4,5% p.a

Nah itulah 10 Bank Digital Terbaik Di Indonesia yang menawarkan banyak fitur bermanfaat bagi nasabahnya.

Jika disaksikan, sebagian besar semua perbankan digital yang ditawarkan bukan hanya produk tabungan, tetapi juga rencana keuangan jangka panjang berbasiskan deposito berjangka dengan keuntungan dimulai dari 2% - 4% /tahunnya.

Sebagai pemula, kamu dapat mengawali investasi dengan berdeposito karena investasi ini dipandang resikonya yang paling rendah.

Tetapi dalam investasi, harus diingat ada yang bernama High Return - High Risk (banyak untung tinggi pula resikonya) dan kebalikannya Low Return - Low Risk (sedikit keuntungan rendah pula resikonya).

Terima kasih