Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Jitu Jualan Online di Media Sosial Biar Cepat Laku

10 Tips Jitu Jualan Online di Media Sosial Biar Cepat Laku

10 Tips Jitu Jualan Online di Media Sosial Biar Cepat Laku yang bisa kamu praktikan. Salah satu bisnis yang sedang digemari anak muda sekarang adalah berjulan online di media sosial. 

Banyak media sosial yang cocok untuk berjualan dengan pengunjung banyak dan berpotensi menguntungkan seperti dari Instagram.

Selain instagram ada juga online shop yang lagi naik daun adalah TikTok. Aplikasi ini memang lagi banyak digunakan oleh masyarakat. Baik untuk konten hiburan saja atau membuat konten jualan.
 
Keunggulan dari Instagram salah satunya kamu bisa posting dan review suatu produk, menaruh swipe up di intagram yang nantinya di arahkan ke situs jualan online kamu atau menuju aplikasi chatting.

Namun, sebelum mengawali ingin berjualan online, ikuti tips cara jualan online di media sosial agar cepat laku berikut ini. Mengapa demikian, supaya online shop yang akan kamu kelola banjir orderan.

10 Tips Jitu Jualan Online di Media Sosial

Berikut 10 Tips Jitu Jualan Online di Media Sosial Agar Cepat Laku yang dapat kamu coba.

1. Buatlah Akun Bisnis di Media Sosial

Tips jitu jualan online shop di media sosial agar cepat laku yang pertama adalah dengan cara membuat akun bisnis di media sosial. 

Fungsinya agar memudahkan konsumen mengetahui kontak, alamat dan email olshop kamu.

Dengan membuat atau mengubah akun Instagram kamu dari akun biasa menjadi akun bisnis, dengan begitu kamu bisa mengetahui jumlah orang yang menyimpan foto dari Instagram kamu dengan mudah.

Selain itu, dengan dirubahnya akun Instagram biasa ke akun bisnis, kamu dapat menghubungkannya ke Facebook Fanspage sehingga dengan mudah dapat melihat semua aktivitas dari semua followers.

2. Posting Foto Produk yang Unik dan Menarik Konsumen

Tips yang kedua adalah dengan cara memposting foto produk yang kamu jual dengan cara unik dan menarik. 

Ini penting karena, jika tidak ada postingan foto produk, maka orang tidak akan percaya bahwa kamu sedang berjualan.

Kemudian jika ingin banyak orderan masuk, sebisa mungkin harus membuat konsumen tertarik dengan foto produknya terlebih dahulu.

Nah, salah satunya membuat postingan foto yang baik dengan cara memposting gambar yang unik di Instagram agar konsumen tertarik.

3. Buat Caption yang Jelas

Tips yang ketiga adalah membuat caption yang jelas agar konsumen yang ingin mengetahui mengenai produkmu dapat menegrti dengan jelas.

Selain itu, dengan memberikan caption yang jelas dapat mempermudah konsumen mengenai seluk beluk prosuk yang dijual mulai dari warna, ukuran, bahan dll .

Jadi, buatlah caption/deskripsi mengenai produkmu dengan jelas serta mudah dimengerti. Sehingga bisa memperbanyak follower bahkan bisa banjir orderan.

4. Gunakan Hastag yang Revelan dengan Produk yang Dijual

Tips ke empat adalah membuat hastag yang sesuai dengan produk yang dijual. Tujuannya supaya konsumen mudah mencari produk yang dinginkan

Dengan menggunakan hastag yang jelas, maka ketika pelanggan mencari produkmu akan lebih mudah menemukannya. Apalagi hastag yang digunakan sesui dengan produk yang dijual.
 
Yang tidak kalah penting, yakni janganlah gunakan hastag. Jangan pernah menggunkan hastag yang tidak sesuai, karena dapat membuat reputasi toko online kamu buruk. Kalau buruk berarti tidak akan ada konsumen yang membeli.

5. Masukkan Kontak Online Shop pada Media Sosial yang Digunakan

Tips yang kelima adalah dengan menyimpan kontak kamu sebagai admin olshop. Ini dilakukan agar orang percaya bahwa kamu bukan seorang penipu. Benar-benar asli akun olshop kamu.

Selain itu juga, buatlah keterangan mengenai olshop mu di bio IG seperti keterangan mengenai jasa kirim atau cara pembayaran belanja di tokomu. Jika tidak menggunakan bio IG dengan baik maka kamu dianggap penipu.

6. Jualah Produk yang Sedang Trend dan Hits

Tips berjualan yang keenam adalah dengan cara menjual produk yang sedang trends dan hits saat ini di media sosial. Jangan lupa update terus prosuk di olshopmu jangan kudet ya.


Sama halnya seperti hashtag, cara ini berfungsi untuk mempermudah konsumen menemukan tokomu. Apabila kamu berjualan produk yang sedang trend maka akan sering dicari oleh konsumen.

Istilah trends saat ini tidak hanya digunakn untuk produk saja tapi juga terhadap orangnya seperti selebgram. Dengan statusnya sebagai selebgram maka kamu kan mudah ditemukan, karen mirip artis.

7. Sesekali Adakan Giveaway & Diskon

Tips jualan yang ketujuh adalah dengan cara memberikan giveaway atau sale kepada followermu. Pasti semuanya pada ikutan, karena siapa sih yang gak mau hadiah atau diskon dari barang ditokomu dengan cuma-cuma. Pasti semua akan antusias ikut.

Nah, aktivitas giveaway ini tidak langsung diberikan langsung melainkan harus menggunakan beberapa syarat seperti harus memfollow dan tag akun olsopmu.

Tips ini juga termasuk salah satu cara untuk menjadi YouTuber pemula. Karena, dengan giveaway orang-orang akan mudah tertarik terhadap proukmu dan akan memberi tahukan temannya juga bahwa kamu sedang melakukan even.

8. Bersikap Ramah dan Fast Respon

Tips yang kedelapan adalah harus menjadi online shop yang fast respon. Maksudnya disini adalah jika ada konsumen bertanya tentang suatu produk maka harus secepatnya di jawab.

Jangan lupakan juga dalam menjawab setiap pertanyaan konsumen harus dibarengi sikap yang ramah. Karena, jika kamu hadapi pertanyaan konsmunen dengan sikap marah maka semu pelnggan kamu kan kaburdan g mau lagi belanja di olshopmu.

Ada istilah mengatakan Pembeli adalah Raja. Maka dari itu bersikaplah ramah dan juga harus fast respon saat ditanya pembeli. Hal ini akan memebrikan review yang bagus dari pembeli bagi toko online mu.

9. Lakukanlah Endorsement dengan Selebgram atau Artis

Tips yang kesembilan adalah dengan cara melalukan endorsement atau paid promote dengan salah satu Selebgram atau artis sesuai dengan keinginkan kamu.

Cara ini memang perlu mengeluarkan biaya untuk membayar atis atau selebgram itu, tapi hasilnyapun juga akan bisa meningaktkan penjualan produkmu. Karena mereka melihat bahwa produk yang kamu jual dipakai oleh artis atau selebgram.

Jangan lupa pertimbangkan juga endorsement produkmu harus yang sudah mempunyai follwer banyak dan foto-foto yang dipajang di instagramnya berkualitas tinggi.

10. Pasang Iklan di Instagram atau Media Sosial Lainnya

Tips jualan yang terakhir atau kesepuluh adalah dengan cara memasang iklan di Instagram. Cara ini bisa membuat banyak yang follow IG tokomu dan kemungkinan terbesarnya produk kamu kan cepat terjual habis.
 
Nah, salah satu fitur dari Instagram bisnis adalah bisa memasang iklan sendiri. Apalagi jika ada uang lebih kamu bisa manfaat fitur ini untuk meningkatkan penjualanmu.

Demikian informasi mengenai 10 Tips Jitu Jualan Online di Media Sosial Agar Cepat Laku yang bisa kamu coba dan praktikan untuk mendapatkan penghasilan lebih untuk membantu kebutuhan sehari-hari.

Karena memang saat ini media sosial jadi alat terbaik untuk menawarkan suatu produk. Seluruh Indonesia bahakn luar Negeri akan melihat produk yang kamu jual.

Bahkan tidak jarang dari mereka tertarik untuk membeli produk buatan kamu, maka jualah produk yang berkulitas tinggi serta sedang trend.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.