Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Bisnis Modal Kecil Tapi Untung Besar, Ini Rekomendasinya


4 bisnis modal kecil tapi untung besar yang dapat kamu coba. Memang modal sangat utama tapi jika kamu tidak punya modal besar tapi ingin berbisnis. Apa bisa?

Jawabannya bisa, karena tanpa modal besar pun kamu bisa mengawali bisnis bahkan jika kamu pemula sekalipun, seperti pelajar atau mahasiswa.

Untuk siswa sekolah atau mahasiswa yang mempunyai jiwa inovatif dan tidak terfokus pada sekolah atau kuliah saja tentunya mempunyai ide-ide kreatif. Salah satunya dengan cara menjalankan bisnis atau usaha dengan modal kecil tapi punya untung besar.

Contohnya saja seperti di Yogyakarta. Di kota pendidikan ini banyak mahasiswa atau mahasiswi yang mempunyai usaha denga modal kecil tapi untung besar yang diawali dengan membuka angkringan.

Di kota besar seperti Bandung atau Jakarta juga banyak mulai banyak muncul siswa atau mahasiswa yang menjalankan bisnis seperti Coffee Shop, bengkel motor sampai beragam jenis usaha online yang hasilkan keuntungan yang besar.

Sekarang ini kesempatan untuk mengurus dan mengelola beragam jenis tusaha dengan modal kecil tapi untung besar makin terbuka. Usaha ini dapat dilakukan oleh seorang pelajar sampai mahasiswa.

4 Bisnis Modal Kecil Tapi Untung Besar

Berikut 4 Usaha Modal Kecil tapi Untung Besar yang bisa dicoba, baik oleh seorang pelajar maupun mahahsiswa. Simak pembahasannya.

1. Jual-beli Barang Second (Bekas)

Berbicara mengenai jual-beli barang second, usaha ini bukan hanya bicara mengenai rumah atau mobil bekas saja. Tetapi, lebih dari itu. Bahkan bisnis ini berawal dari sekedar hobi.

Sebagai contoh saja sekarang ini lagi happening usaha jual beli kamera bekas yang dibuat di tahun 70 sampai tahun 80. 

Ada yang  mengawali usaha ini mulai dari kuliah bahkan sampai lulus serta menekuninya sebagai pekerjaan setelah lulus kuliah.

Selain itu, ada juga yang usaha jual beli baju bekas import, biasanya dari korea. Saat ini lagi naik daun usha ini.

Maka dari itu usaha ini membutuhkan ketelitian dan harus pintar membaca kesempatan dan keperluan yang berkembang dalam masyarakat. Agar usaha ini laris manis

2. Jasa Open Trip (Perjalanan Wisata)

Untuk siswa atau mahasiswa yang suka dengan aktivitas rekreasi, usaha ini pantas untuk dicoba. Apa lagi keperluan akan paket berlibur dari beragam agen travel atau perjalanan rekreasi bila dirasa mahal untuk sebagian orang.

Dengan pengalaman baik sebagi siswa atau mahasiswa karen sering berwisata di beberapa tempat tertentu saja dengan membuka jasa Open Trip dirasa sebagai opsi yang tepat karena dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Usaha jasa yang ini memberi keuntungan double. Selain dapat uang, kamu bisa ikutan berwisata serta bisa menjadi guide bagi orang yang baru sja berwisata ke tempat itu, ditambah lagi keuntungan dari beragam jenis fasilitas yang didapat dari tempat wisata tersebut.

3. Jasa Joki Gamer

Mungkin masih asing mendengar kata joki gamers. Namun, saat ini dunia game semakin berkembang pesar. Bahkan bermain game bisa mendapatkan uang yang besar.

Untuk seorang pemula kemungkinan usaha ini tidak terlalu meyakinkan. Tetapi, sekarang ini joki game sudah banyak penggemarnya.

Hanya membutuhkan skill yang mumpuni di game tertentu dan smartphone yang mendukung. Kadang kalau sudah jago pakai HP yang sehari-hari dipakai juga bisa dilakukan.

Joki gamers biasanya di pakai oleh orang-orang yang rank gamenya stuck di situ-situ saja atau emang males main game namun ingin punya rank tinggi untuk di pamerkan temannya.

Hasilnya, beberapa joki gamers banyak yang sukses bahkan sudah menjadi proplayer dan bermain di dunia internasional bahkan game sudah menjadi salah satu cabang olah raga E-Sprot.

Banyak juga pemain gamers yang masuk Timnas untuk bertanding di tingkat Asia, seperti SEAGAMES yang baru-baru ini digelar di Vietnam.

Bahkan dari game para proplayer bisa mendapatkan uag sampai milyaran rupiah. Tertarik uuntuk mencobanya? Tingkatkan dulu skillmu ya. Kalau sudah jago pasti banyak yang gunakan jasamu.

Supaya orang-orang tahu skillmu, sekarang bisa dengan mudah kamu pamerkan terutama di sosial media dan media live streaming.

4. Usaha Jadi Agen atau Perantara

Tak perlu malu jadi seorang agen atau perantara bila itu bisa memberikan keuntungan. Memang usaha ini memberi keuntungan lumayan besar dan tak butuh modal banyak.

Asal kamu pandai dan lihai dalam bernegoisasi dan berhasil membuat klien itu membeli produkmu, maka kamu akan memperoleh komisi dari pemasaran itu.

Sebagai contoh, usaha ini dapat diawali dari menwarkan barang seperti rumah, atau mobil sesorang. Kamu bisa jadi perantaranya untuk menawarkannya kepada orang-orang.

Tapi usaha ini memerlukan kejujuran yang sangat tinggi sehingga orang percaya terhadap jasamu. Pasti banyak klien yang ingin menggunakan jasamu.

Maka tampilkan lah track record yang bagus supaya para pengguna jasamu percaya bahwa kamu orang yang dipercaya sebagi agen dari suatu produk.

Usha ini tidak banyak perlu modal hanya perlu skill negosiasi yang bagus dan yang paling utama kejujura.

Maka dari itu, diperlukan beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan jika ingin melakukan usaha sambil sekolah atau kuliah supaya semua bisa jalan secara seimbang dan terkelola.

Berikut tips dan trik yang dapat kamu peraktikan, diantaranya:

1. Dapatkan Ide Sederhana

Ide sederhana sebetulnya dapat kita dapatkan dari kehidupan sehari-hari dilingkunganmu. Tidak perlu memperhatikan usaha apa yang terkenal dilkalangan siswa atau mahasiswa yang sedang trend.

Pemikiran itu dapat berpengaruh pada ekspektasi yang tinggi tapi tanpa tindakan untuk mengawali usaha itu.

Maka dari itu, temukanlah ide usaha yang simpel yang bisa diawali dari lingkungan atau rekan-rekan sepermainan kamu.

Perhatiakan dengan seksama peluang apa yang bisa dilakukan untuk mengawali usahamu, bahkan walaupun peluang itu sedikit.

Selanjutnya, janganlah lupa untuk mempertimbangkan usaha itu memang kamu sanggup dan punya skill di bidang itu.

2. Siapkan Mental yang Kuat

Selain modal untuk usaha dan memikirkan untung rugi yang hendak didapat dariusaha yang kamu pilih, jangan lupakan persiapkan mental.

Mental kuat diperlukan karena mengelola bisnis tidak semudah yang di dipkirkan pasti kaan menemui kesulitan suatu saat. Disinilah mental kuat diperlukan.

Ketika menjula atau menawarkan suatu produk tentunya belum pasti akan berhasil dijual atau dibeli. Bahkan perlu mencoba beberapa kali untuk berhasil. Saat inilah mental pantang menyerah diperlukan.

Selanjutnya, kamu harus mempunyai keberanian ambil keputusan dan takut akan resiko. Serta siap mental jika terjadi ketidak berhasilan, karena tidak semua proses usaha yang kamu lakukan berhasil terung atau untung terus.

3. Tidak boleh terbuai dengan uang

Tips selanjutnya ialah janganlah terbuai dengan uang, karena banyak mahasiswa yang memulai usaha terus mendapat untung besar lalu kuliahnya ditinggalkan. Jangan samapai terjadi seperti itu.

Usahakan bisnis dan belajar berjalan seimbang, karena tidak dipungkiri kamu masih perlu ilmu baru baik untuk bisnismu maupun pengetahuanmu sendiri.

Apalagi di era sekarang yang serba teknologi, ilmu pengetahun diperlukan untuk beradaptasi dengan zaman supaya tidak ketinggalan.

Begitupun kebalikannya, aktivitas usaha yang kamu lakukan akan memberi dampak postif ke aktivitas sekolah atau kuliah kamu. 

Contoh simpel saja, aktivitas usaha yang telah kamu lakukan akan sangat berguna saat kamu dipilih menjadi panitia pelaksana kegiatan di sekolah atau universitas.

Demikian informasi mengenai 4 Bisnis Modal Kecil Tapi Untung Besar yang dapat kamu coba praktikan.

Semoga bermanfaat, terima kasih.