Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daya Tarik Istimewa dari Pemandian Air Panas Ciater Subang


4 Daya Tarik Istimewa dari Pemandian Air Panas Ciater Subang bisa kamu rasakan langsung daya tariknya saat sampai di kawasan wisata pemandian air panas ini. 

Pasti kamu langsung  merasa tercengang dengan keindahan wisata Jawa Barat yang satu ini.

Pemandian air panas Ciater atau disebut juga Sari Ater Subang ini bisa menjadi salah satu opsi tujuan rekreasi untuk liburan dan untuk tempat merefresh otak. 

Pemandian air panas Ciater ini adalah yang paling besar di Jawa Barat.

Lokasinya ada di Subang, Jawa Barat dan jadi tempat rekreasi yang terkenal karena air hangatnya dan jadi opsi untuk menyingkirkan rasa capek dan lelah dari hingar-bingar kota atau aktivitas setiap hari. 

Air hangat yang yang ada tersebut merupakan hasil dari proses air tanah yang keluar kerak bumi sesudah dipanaskan secara geothermal. 

Air panas tersebut temperaturnya ada di  37 °C sama halnya seperti tubuh kita. Makanya cocok jika ingin berendam disini karena airnya tidak terlalu panas.

Pengunjung yang tiba di Air panas Ciater tujuannya pasti ingin berendam di aair hangat untuk menenangkan diri.

Selai  itu air panas ini dipercayai sanggup hilangkan rasa stress, keluarkan racun pada tubuh, membuat lancar peredaran atau perputaran darah dan bisa mengurangi otot-otot badan yang tegang dan penyakit tulang. 

Pemandian air panas ini dipercayai juga bisa mengobati penyakit kulit sampai penyakit rematik.

4 Daya Tarik Istimewa dari Pemandian Air Panas Ciater Subang

Sebagai salah satu tempat wisata, tempat ini mempunyai keistimewaan di hati para pelancong yang berwisata disini. 

Namun, yang pasti pertama kalinya mendengar tentang tempat ini ialah mandi air panas. 

Tetapi selain itu ada beberapa daya tarik istimewa yang disajikan wisata ini, salah satunya seperti berikut ini.

1. Merendam dan Mandi Air Panas

Berendam dan mandi air panas memang jadi tujuan khusus untuk beberapa pengunjung yang bertandang ke tempat pemandian air panas Ciater ini. 

Air panas yang hangat membuat badan akan berasa lebih santai. Sumber mata air panasnya bera beberapa macam kolam yang ada untuk merendam atau mandi.

Ada sebuah panduan merendam yang bagus untuk beberapa pengunjung yaitu merendamlah sekitaran menit, terlebih bila merendam di lokasi yang memiliki kandungan belerang. 

Kenapa tidak dibolehkan kelamaan? Karena supaya badan tidak alami mual dan pusing.

Selainnya kolam air panas yang biasa, ada kolam individu. Tetapi, untuk merendam di kolam private itu pengunjung harus bayar ticket masuk kembali.

2. Berenang

Terdapat kolam renang yang dapat dipakai untuk berenang baik yang ditujukan untuk orang dewasa atau anak-anak. Ada seluncuran yang berada di tempat kolam renang. 

Seluncurannya aman karena tidak begitu tinggi hingga pas sebagai sarana bermain anak sekalian berenang. Pengunjung yang ingin berenang harus beli ticket masuk untuk ke kolam renang.

3. Mengunjungi Curug Jodo

Kawasan pemandian Ciater ini ada Curug Jodo Atau air terjun yang tidak begitu tinggi dengan airnya yang panas. 

Karena air terjunnya panas, pengunjung tidak dibolehkan untuk dekati curug itu. Oleh karena itu curug itu diberi pagar pemisah. 

Pengunjung cuma dibolehkan untuk nikmati air di kolam yang berada di bawah curug.

4. Sarana Bermain

Selain untuk merendam, mandi dan berenang, tempat ini sediakan tempat untuk bermain anak seperti trampolin. 

Anak dapat terhibur dan tidak jemu. Ada pula kereta mini yang ada tidak jauh dari tempat trampolin.

Disamping itu, pengunjung bisa juga naiki sarana perahu bebek untuk melingkari kolam khusus yang ada patung di tengah-tengahnya. 

Aktivitas yang lain dapat dilaksanakan ialah tembak-tembakan. Permainan tembak ini aman karena pelurunya ialah peluru mainan. 

Pengunjung dapat mengincar sasaran dari meja incar yang telah ada. Atau bisa juga bermain panahan.

Lokasi dan Jalur Menju Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas ini persisnya berada di Jalan Raya Ciater Subang, Dusun Ciater, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat. Daerah Ciater sendiri sebagai tepian di antara Subang dan Bandung.

Bila pengunjung pergi dari kota Subang, jaraknya cuma sekitaran 30 km dan perjalanan yang dilakukan memakan waktu sepanjang lebih kurang 40 menit.

Sementara bila pengunjung pergi dari kota Bandung, jaraknya sekitaran 32 KM dan perjalanan yang dilakukan memakan waktu sekitaran 45 menit, cuma sedikit jauh dari Subang.

Untuk ke arah pemandian air panas Ciater ini akan ada beberapa panduan jalan yang sudah ada untuk beberapa pelancong yang akan bertandang. 

Disamping itu, tempatnya pun tidak susah untuk diketemukan. Jika kamu telah ada di tempat rekreasi Tangkuban Perahu, karena itu seterusnya kamu tinggal jarak sekitaran 7 km sama waktu sekitaran 15 menit untuk ke arah Ciater.

Jika kamu tiba memakai angkutan umum dari jarak yang jauh, karena itu keberangkatan dapat diawali dari Terminal Bis Ledeng. 

Kemudian naik angkutan umum dengan jalur Ledeng-Lembang. Setelah tiba di Lembang teruskan perjalanan dengan naiki transportasi umum jalur Ledeng-Subang. 

Selanjutnya turun di Jalan Cagak, Dusun Ciater. Kamu dapat menanyakan detil arahnya ke masyarakat di tempat atau ikuti panduan jalan dan memakai Google Maps.

Harga Ticket Masuk dan Jam OperasionalUntuk harga ticket masuknya sendiri beberapa pengunjung tak perlu cemas karena harga masih dapat dijangkau di kantong dan tidak begitu mahal. 

Ongkos yang dibayar sesuai sarana dan situasi tempat rekreasi yang ditawari oleh Pemandian Air Panas Ciater ini.

Harga ticket masuk untuk tiap-tiap kolam di pemandian ini bermacam bergantung tipe kolam. Untuk ticket masuk kolam pemandian Rp60.000 pada hari biasa dan Rp70.000 pada hari liburan. 

Sementara untuk harga ticket masuk Kolam Kiara/Mayangsari Rp50.000 dan Kolam Nangka/Kolam Kunang-Kunang Rp75.000. Tetapi perlu dicatat jika harga setiap saat bisa jadi berbeda sesuai peraturan tempat rekreasi.

Sementara untuk harga ticket masuk taman wisata hari weekday dan akhir pekan Rp35.000. Harga ticket masuk park Weekday Rp40.000 dan Akhir pekan Rp45.000.

Dan jam operasional pemandian di Ciater rerata membuka dari pagi sampai malam hari dan membuka tiap hari untuk pengunjung. 

Untuk hari Senin sampai Jumat membuka start pukul 06.00 - 22.00 WIB. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu membuka mulai 04.00 - 24.00 WIB.

Sarana di Pemandian Air Panas Ciater

Tiap tempat rekreasi tentu saja mempunyai sarana yang ditawari untuk beberapa pengunjungnya. Tempat rekreasi di Ciater pun sama diperlengkapi dengan sarana penunjang agar memudahkan pengunjungnya.

Seperti pemandian air panas, Masjid sebagai tempat beribadah yang bersih dan nyaman, beragam restaurant tempat makan, Bungalow sebagai pemondokan yang bisa dicarter untuk yang ingin bermalam, Spa dan Resource untuk pengunjung yang ingin mengendurkankan diri, tempat outbond dan sarana bermain.

Itulah informasi 4 Daya Tarik Istimewa dari Pemandian Air Panas Ciater Subang yang dapat kamu jadikan sebagai referensi destinasi wisata saat liburan tiba khusunya bagi warga jawa Barat.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.