Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Destinasi Wisata Air Panas Di Bogor


4 Destinasi Wisata Air Panas Di Bogor - Dihari weekend tempat - tempat rekreasi di Bogor ini sering di kunjungi, Wisata Jawa Barat yang satu ini sangat digemari masyarakat khususnya oleh masyarakat Jakarta. 

Selain memiliki biaya murah dan berikan kesegaran saat berendam di air panas juga sebagai sebuah therapy alami yang paling baik untuk mengembalikan kesegaran badan dan memperlancar peredaran darah.

Sesudah berusaha keras cari uang dalam hari kerja, weekend ialah saat yang pas untuk berliburan untuk menghilangkan stress, salah satunya dengan berwisata ke pemandian air panas. 

Dibawah ini akan djelaskan mengenai pembahasan 4 Destinasi Wisata Air Panas Di Bogor

4 Destinasi Wisata Air Panas Di Bogor

1. Pemandian Air Panas Ciseeng


Objek wisata ini ada di Kecamatan Parung, lebih kurang memiliki jarak 26 km dari Bogor dan bisa diraih oleh semua tipe kendaraan.

Lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu lebih kurang 45 menit dengan jalur Bogor - Parung - Ciseeng, dengan harga Ticket masuk dewasa Rp. 12.0000,- dan anak-anak Rp. 8.000,-

Saat sampai dalam pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng, anda akan akan melihat panorama indah  bukit batu seperti gunung salju karena pucuknya tertutup pengendapan kapur yang warna putih hingga seperti salju.

Yang keluarkan air panas dengan kandungan belerang, yodium dan kapur yang tinggi sekali hingga bisa mengobati beragam penyakit kulit dan tulang.

Disamping itu, air panas di Tirta Sanita Ciseeng memiliki kandungan garam yang bisa membuat kulit jadi makin mulus sesudah berendam.

Pemandian khusus anak-anak dikenai biaya Rp 10.000/orang. Pemandian Bougenville dengan biaya Rp 7.000/orang untuk kolam rendam dan biaya Rp 10.000/kamar rendam

Tirta Sanita Ciseeng bukan hanya menawarkan rekreasi pemandian air panas saja. Di situ juga terdapat tempat outbound, permainan anak-anak, becak mini, perahu, dan beragam jenis therapy seperti therapy bekam, lintah, ikan.

Di pemandian air panas ciseeng ini ada juga sarana pendukungnya diantaranya hotel, rumah makan, kios souvenir, kamar mandi air panas, outbound, dan pentas seni.

Alamat : Taman Rekreasi Tirta Sanita Jl. Raya Gunung Kapur Ciseeng - Parung Telpon/Fax. /Air Panas.

2. Gunung Pancar

Gunung Pancar ialah sebuah gunung yang berada di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Gunung Pancar berada di ketinggian dengan topography agak miring sampai bergelombang curam dengan kemiringan sekitaran 15-40%. Sisi paling tinggi yakni pada pucuk Gunung Pancar 800 mdpl dan Pasir Astana 700 mdpl.

Sumber air panas Gunung Pancar sebagai salah satu kekayaan sumber air panas yang dimiliki Kabupaten Bogor.

Objek wisata ini berada di Kp. Karang tengah Kecamatan Babakan Madang. Lokasi ini bisa diraih dengan jalur Cibinong - Sentul - Babakan Madang. dengan tempuh sekitar 45 menit dari pintu tol Sentul.

Seperti objek wisata pemandian air panas di Bogor yang lain, pengunjung selain menimati keelokan alam jugs dapat mencoba therapy air panas sebagai penyembuh khususnya penyakit kulit.

Objek wisata air panas Gunung Pancar ini mempunyai kekhasan karena berkadar belerang yang lumayan tinggi hingga cukup efisien untuk therapy penyembuhan penyakit kulit.

Sarana yang ada salah satunya ialah kolam rendam, baik itu kolam rendam umum atau kolam rendam individu.

Untuk sampai ke lokasi ada 2 alternatif lajur yang bisa dilewati yakni pertama, melalui pintu tol Sentul ke arah Dusun Babakan Madang dan Dusun Karang tengah dengan waktu menempuh 1/2 jam. 

Dan yang ke-2 , lewat kota Bogor, melalui Bogor Baru, lalu sampai di Dusun Karang tengah. Waktu tempuhnya cuma sekitaran 1 jam.

Ticket Masuk untuk dewasa ialah Rp. 20.000,- dan untuk anak-anak Rp. 10.000,-

Buat anda yang ingin bermalam ada fasilitas dengan sewa kamar di Giritirta Hot Spring Report dan Spa.

Ada opsi, baik kamar mapun villa. Biayanya bervariatif, dimulai dari Rp 700.000,- sampai Rp 2.000.000,-/malam. 

Giritirta sediakan perawatan kesehatan dan kecantikan sampai merendam di kolam terbuka tetapi VIP, biayanya Rp 50.000,-/jam.

Sesudah senang berendam, Anda dapat membersihkan badan sama air pancuran yang dingin. Semua dapat Anda rsakan saat atang ke Object wisata Air Panas Gunung Pancar Bogor.

3. Kawah Ratu

Kawah Ratu berada di ketinggian 1.338 m dpl dengan temperatur 10 s.d. 20 derajat celcius dan mempunyai luas + 30 ha.

Kawah ratu mempunyai daya tarik yang unik, diantaranya kegiatan geologinya yang terjadi selama seharian, kawah yang selalu mendidih dan keluarkan gas asam sulfat (H2S) dengan baunya yang unik dan terkadang mengeluarkan suara deru. Sebagai tanda semburan uap air panas.

Daerah Kawah Ratu ada di lereng Gunung Salak, Jawa Barat. Wilayah ini bisa ditempuh lewat lajur Cidahu Kabupaten Sukabumi, Gunung Bunder, dan Gunung Salak Endah Bogor.

Ada tiga lajur yang umum dipakai ke arah Kawah Ratu. Lajur pertama ialah lewat Wana wisata Cangkuang yang ada daerah Cidahu, Cicurug.

Untuk sampai di Cangkuang, kita bisa sewa kendaraan umum atau jika memakai kendaraan sendiri itu lebih bagus. Lajur ke-2 , diawali dari Pasir Reungit yang dapat dicapai dari pertigaan Cibatok, Leuwiliang.

Lajur ke-3 ialah yang melewati tempat perkemahan di Curug Seribu. Untuk ,emuju lajur yang berada di dekat Curug Seribu, banyak transportasi umum di pertigaan Cibatok yang dapat dicarter untuk mengantar sampai di titik lokasi itu.

Dari ke-3 lajur pendakian itu, lajur dari Pasir Reungit dan Curug Seribu yang jarak tempuhnya paling paling dekat ke Kawah Ratu.

Disamping itu, banyak anak sungai yang akan ditemui sepanjang perjalanan. Ini benar-benar mengasyikan apa lagi bila Anda suka bermain air. Dari 2 opsi itu, lajur dari Pasir Reungit merupakan yang gampang.

Tetapi jika Anda lebih sukai track yang menantang, lajur dari Curug Seribu yang cocok untuk dicoba Perjalanan lewat jalur ini akan melalui medan berlumpur yang pastikan sepatu dan kaos kaki akan berlumpur, kecuali memakai sepatu boot.

Disamping itu, kita akan melewati hutan pandan berduri. Jika kita cuma memakai sandal gunung, berhati-hati saja sebab bisa jadi akan tertusuk duri pandan.

Duri pandan itu ada yang melekat di pohonnya atau berantakan di jalan sesudah dipanen warga untuk membuat topi atau tikar. Jika bau belerang telah semakin kuat, itu tandanya Kawah Ratu telah dekat.

Ada sebuah sungai yang memotong Kawah Ratu. Airnya jernih. Beberapa pengunjung kadang mandi di sungai ini yang di tepi sungainya ada belerang.

Ada beberapa pengunjung mengumpulkan belerang itu selanjutnya dimasukan ke botol air mineral lalu dibawa pulang.

Ada juga justru mengolesi muka dengan belerang itu yang dipercaya belerang dapat mengobati penyakit kulit.

Di hilir sungai, airnya masih terasa hangat dengan bau belerang yang semakin tajam. Disarankan tidak mandi pada bagian sungai itu karena beresiko terkena gas beracun.

Untuk pulangnya, kita dapat meneruskan perjalanan ke Wana Wisata Cangkuang, Cidahu, atau kembali lagi ke asal kita pergi yakni di Pasir Reungit atau tempat perkemahan di Curug Seribu.

4. Air Panas Gunung Salak Endah

Berada di Kp. Ciparay Teritori Gunung Salak Endah Kec. Pamijahan Kabupaten Bogor ada sumber mata air panas dengan sarana seperti kolam rendam, kamar pemandian, masjid dan lain-lain. Ticket masuk termasuk murah cuma Rp. 4.000,-/orang.

Pemandian air panas dan panorama sekitar sungai benar-benar menenangkan, Gunung Salak Endah menawarkan semua itu.

Gunung Salak Sendiri ada disamping Barat Kota Bogor dengan jarak lebih kurang sekitaran 40 Km dari pusat kota Bogor.

Dan ada juga lokasi Pemandian Air Panas Ciparay berada di di Dusun Ciparay , sekitaran 5 Km dari pintu gerbang sekitar tempat wisata Gunung Salak Endah.

Untuk ke arah Pemandian air panas Ciparay Anda akan melalui sekitar 400 anak tangga dengan sajian panorama yang asri sepanjang perjalanan, pohon-pohonan rimbun dan bermacam-macam tumbuhan hijauyang menenangkan jiwa dan fikiran.

Yang lebih istimewanya lagi Anda dapat mendapati 4 curug (air terjun), dengan beragam keunikan dan dan ketinggiannya. Yakni Curug Cihurang, Curug Bersembunyi, Curug Seribu dan Curug Cigamea.

Itulah  4 Destinasi Wisata Air Panas Di Bogor yang bisa anda jadikan destinasi wisata saat akhir pekan atau libur panjang tiba, khususnya wisata air panas. Untuk menengkan jiwa dan raga setelah capek bekerja. 

Terima kasih.