Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Dompet Digital Terbaik, Aman dan Bagus di Indonesia


5 Aplikasi Dompet Digital Terbaik, Aman dan Bagus di Indonesia yang bisa kamu coba sebagai tempat menyimpan uang untuk berbagai transaksi baik untuk bisnis maupun hal lainnya dengan segala kemudahan yang tawarkannya.

Sekarang, transaksi bisnis memakai dompet digital buat sebuah keperluan keuangan menjadi lebih gampang dan nyaman.

Dan buat kamu yang baru ingin mencoba, berikut ini kami persiapkan referensi dompet digital Indonesia yang baik, aman, dan terbanyak dipakai. Ingin tahu?

Menyaksikan trend yang berkembang, warga Indonesia terlihat semangat menyongsong transaksi bisnis cashless secara penuh dan semua. 

Dapat kita saksikan dari luasnya lingkup usaha dan tipe transaksi bisnis yang dapat kamu kerjakan lewat program dompet digital.

Ya, kehadiran dompet digital atau e-Wallet bisa dibuktikan mempermudah aktivitas. Dimulai dari bayar berbelanja di program e-commerce, bayar bill bulanan, sampai membeli makanan di lokasi yang tidak terlampau jauh. Semuanya dapat dituntaskan melalui usapan monitor.

Dikutip dari firma perbankan dan sekuritas, JP Morgan, nilai pasar e-commerce Indonesia tahun 2021 ini capai USD13,6 miliar. Sekitar 20% customer Indonesia memakai Dompet Digital sebagai sistem pembayaran. Dalam pada itu, 34 % salah satunya memakai service kartu credit, dan 26% masih nyaman lakukan transfer antara bank.

Beberapa angka itu menunjukkan bila pasar Indonesia terus akan tumbuh. Apa lagi bila piranti yang dipakai oleh warga makin hebat, maka ada semakin banyak feature transaksi bisnis online yang dapat kita lakuka ; seperti QR Kode, Near-Field Communication (NFC), dan One-Time Sandi (OTP).

Walau sebenarnya, sekarang telah ada 38 program dompet digital Indonesia yang sah tercatat di Bank Indonesia (BI). Sayang, 38 program ini cuma dipakai oleh 20% dari angka keseluruhan customer digital di Indonesia.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal menegnai dompet digital mulai dari awal sampai akhir serta fitur-fitur yang terdapat didalmnya. Berikut pembahasannya.

5 Aplikasi Dompet Digital Terbaik, Aman dan Bagus di Indonesia

Berdasar data yang di-launching di bulan Agustus lalu oleh iPrice Grup bekerja bersama dengan App Annie, keseluruhan nilai transaksi bisnis yang berjalan lewat program dompet digital di tahun 2018 sebesar USD1,5 miliar. Diprediksi, angka ini akan bertambah tajam di tahun 2023 kelak jadi USD25 miliar.

Nach, untuk menolongmu pilih service terbaik dari program dompet digital yang baik, berikut 5 program digital terbaik menurut iPrice dan App Annie, pantas memperoleh predikat ini. 

Penetapan rangking ini didasari dalam jumlah pemakai aktif bulanan paling banyak. Ingin tahu apa saja itu? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Gopay

Bertambahnya keyakinan warga pada service keuangan digital berpengaruh besar pada Gopay. Service dompet digital dari Gojek ini dianggap sebagai salah satunya penyuplai service yang paling dipercaya, berisi sejumlah fitur yang sesuai keperluan pemakai, dan mempunyai manfaat yang sangat besar.

Berdasar data didapat dari Media, sekitar 30% dari keseluruhan transaksi bisnis online yang sudah dilakukan lewat dompet digital di Indonesia dilaksanakan lewat Gopay. 

Bahkan juga, di bulan Februari saja, perusahaan yang memperbesar nama Nadiem Makarim ini sukses sentuh angka transaksi bisnis sebesar USD 6,3 miliar.

2. OVO

Banyaknya promosi yang dapat dirasakan pemakai mungkin jadi taktik yang cocok dilakukan oleh perusahaan ini, yang pada akhirnya dapat memberikan kenaikan jumlah pemakai bulanan aplikasi OVO. 

Ya, program punya Lippo Grup ini menempati rangking ke-2 dalam soal apliaksi dompet digital terbaik pada 2019 di Indonesia.

Selain sejumlah fitur yang hampi sama dengan Gojek, pemakai OVO juga membayar untuk transaksi bisnis offline di ritel besar mereka seperti di Lippo Mall dan Matahari Departmen Store.

Selain itu, dalam sektor transportasi, OVO bekerja sama dengan startup unicorn Indonesia, Tokopedia, yang berbentuk OVO Cash. 

Dengan adanya kerja-sama ini dapat menjadi salah satunya cara yang sanggup meningkatkan jumlah pemakai aktif bulanan OVO di Indonesia.

3. Dana

Dibangun tahun 2018, DANA sukses jadi program yang mempunyai angka pemakai konstan sampai sekarang ini. 

Walaupun termasuk pendatang baru, usaha marketing yang gigih menjadikan DANA sebagai salah satun pion penting dalam soal program dompet digital.

berdasarkan penelitian dari iPrice Grup, service keuangan digital ini mempunyai pemakai aktif bulanan yang relatif konstan semenjak kuarter ke-4 tahun 2018 sampai kuarter ke-2 tahun 2019. 

Dan sekarang, untuk meningkatkan kenyamanan para pemakainya, DANA sediakan tujuh tipe service untuk transaksi bisnis digital. Salah satun unggalannya ialah pembayaran (top up) untuk aplikasi gaming.

4. LinkAja

Awalnya, program ini namanya Tcash atau Telkomsel Cash. Program dompet digital yang berdiri di bawah PT Fintek Kreasi Nusantara ini diperkembangkan oleh Telkomsel yang bekerja bersama dengan BUMN lain; seperti Bank Negara Indoensia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Asuransi Jiwasraya, Pertamina, serta Danareksa.

Walau baru memulai bekerja pada 21 Februari lalu, LinkAja sukses merebut kepecayaa dan kenyamanan dari warga Indonesia. 

Hasilnya, telah ada lebih dari 22 juta pemakai yang tercatat dan jadi penguna aktif bulanan dari aplikasi dompet digital yang satu ini.

Menurut pantauan iPrice Grup, jumlah pemakai program LinkAja yang aktif sejak dikeluarkan pada 30 Juni 2019. 

Sekalinya promosi, para pesaingan seperti Gopay dan OVO sering mengikuti taktik marketing LinkAja, karena kepercayaan masyarakat kepada BUMN menjadi salah satu alasaan yang mengakibatkan aplikasi dompet digital ini tempati status nomor 3 dalam daftar.

5. Jenius

Berikut ini merupakan program bikinan bank BTPN yang sukses tempati rangking lima daftar dompet digital Indonesia yang banyak mempunyai pemakai harian. 

Program ini dikeluarkan sejak 11 Agustus 2016, dengan periode peningkatan sepanjang 18 bulan yang sukses mengambil dana investasi sejumlah Rp500 miliar.

Kenaikan pemakai harian secara berarti mulai kelihatan pada paruh ke-3 tahun 2018. Waktu itu, jenius bahkan juga dapat menggeser LinkAja sebagai aplikasi dompet digital Indonesia yang terbanyak dipakai di rangking ke-4. Tetapi, pada kuarter ke-4, jenius kembali lagi ke tempat awal dan sukses bertahan sampai sekarang.

Itulah 5 aplikasi dompet digital Indonesia yang bisa dibilang paling bagus dan aman untuk digunakan oleh para penggunanya.

Ke-5 program di atas dijamin keamanannya dalam transaksi bisnis digital, kemudahan dalam mengoperkanasikannya. 

Maka, untuk memilih aplikasi dompet digital yang mana yang ingin dipakai, itu tergantung kenyamanan kamu saja.

Demikian informasi mengenai 5 Aplikasi Dompet Digital Terbaik, Aman dan Bagus di Indonesia yang dapat kamu coba pakai sebagai tempat menyimpan uang serta bertransaski keuangan seperti bayar tagihan listrik, PDAM, belnaja serta transaksi lainnya yang dapat memudahkan segala urusan kamu.

Apalagi 4 dari 5 dompet digital di atas merupakan partner dari Prakerja, yaitu Gopay, OVO, DANA dan LinkAja. Maka, jika kamu terdaftar sebagi penerima Prakerja tidak usah lagi pergi ke Bank untuk membuat buku rekening. 

Sekarang lebih mudah tinggal buat saja akun dompet digital dan insentif Prakerja akan masuk ke dompet digitalmu dan bisa cairkan dimana saja. Mudah kan?

Terima kasih. Semoga bermanfaat.