Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Dompet Digital Dengan Sistem QR Payment yang Mempunyai Banyak Keuntungan


5 Dompet Digital dengan Sistem QR Payment yang Mempunyai Banyak Keuntungan - Sesudah e-money dan kartu credit, ada mekanisme baru dalam pembayaran sekarang ini yakni QR Payment, ini telah menjadi salah satu opsi dari beberapa orang untuk melakukan sistem pembayaran sekarang ini. 

QR payment ialah mekanisme pembayaran yang memakai sebuah barcode atau QR (Quick Response) Kode yang hendak discan tiap akan lakukan transaksi pembayaran.

Ketenaran QR Kode ini mencapai puncak saat salah satu startup program kendaraan online lakukan potongan harga besar untuk tiap pembelian memakai sarana dompet digitalnya pada tiap merchant yang sudah bekerja bersama. 

Kehadiran QR Payment ini juga dapat disebutkan lebih efektif, simpel dan sama amannya dengan kartu credit.

5 Dompet Digital Dengan Sistem QR Payment

Dari jumlahn dompet digital dengan mekanisme QR payment di Indonesia setidaknya terdapat 5 dompet digital yang terkenal dan sering dipakai sekarang ini oleh masyarakat, anatara lain:

1. Go-Pay

Inilah, sarana pembayaran online yang paling populer diantara yang terpopuler sekarang ini. Awalannya saldo di GoPay cuma dapat dipakai untuk bayar pemesanan GoRide dan GoFood. 

Tetapi sesudah mempunyai mekanisme QR Kode, saldo GoPay saat ini dapat dipakai sebagai pembayaran langsung untuk tiap merchant yang sudah bekerja bersama dengan GoJek.

Meskipun bukan yang pertama, GoPay dapat disebutkan yang membuat mekanisme pembayaran ini makin dikenali secara luas oleh masyarakat

Dengan beragam potongan harga dan promosi yang terus-menerus dilaksanakan GoJek, membuat GoPay jadi alat pembayaran baru yang terbanyak dicari keuntungannya sekarang ini.

2. Tcash (Sekarang LinkAja)

Tcash atau sekarang berganti nama menjadi T-Cash (LinkAja) dapat disebutkan yang paling dahulu mengaplikasikan mekanisme pembayaran QR Kode. 

Inovasi yang sudah dilakukan oleh salah satunya provider telepon selular di Indonesia ini kerap memberi banyak potongan harga menarik di sejumlah merchant bila bayar memakai T-Cash (LinkAja).

Memanglah tidak seperti QR Payment yang saat ini sering dipakai dengan memberikan gambar barcode dan baru mengscannya. 

T-Cash (LinkAja) memakai chip yang dimasukkan pada sticker NFC (near field communication) yang umum di lekatkan pada ponsel.

Sebetulnya pemakaian QR Payment pada T-Cash (LinkAja) lebih gampang dibanding tipe dompet digital lainnya dan tak perlu unduh program atau akses internet.

Tetapi T-Cash (LinkAja) cuma dapat dipakai oleh beberapa pemilik nomor dari provider Telkomsel saja.

Namun sekarang T-Cash yang berubah LinkAja sudah diupdate, fitur layanannya sudah emakin banyak dan multfungsi bukan hanya untuk provider Telkomsel saja.

3. Sakuku

Sakuku adalah e-wallet yang dikeluarkan oleh bank BCA di tahun 2016 yang awalannya menarget beberapa nasabah yang masih muda yang paling bisa teknologi dan internet. 

Kelebihan yang dipunyai Sakuku dibandingkan ia dari e-wallet lain ialah adalah kamu dapat ambil tunai di ATM BCA mana saja tanpa perlu gunakan kartu debet.

4. OVO

OVO adalah program atau aplikasi dompet digital yang terbaru. OVO makin jadi terkenal karena bekerja bersama dengan perusahaan taxi/ojek online yaitu Grab Indonesia sebagai mekanisme untuk pembayaran onlinenya. 

Disamping itu OVO awalnya sudah mempunyai kerja sama dengan beberapa merchant baik itu toko online, tempat makan, apotek, salon kecantikan, lokasi hiburan dan ada banyak lagi yang lainnya.

5. DANA

DANA sukses terkenal karena promo buy 1 get 1 ticket menonton di XXI Cinema tiap hari Rabu. Awalnya Dana tidak mempunyai program sendiri seperti OVO atau dompet digital yang lain.

Mengangkat ide open platform, Dana akan ada secara automatis disetiap merchant online sebagai opsi sistem pembayarannya, jadi beberapa pemakai tak perlu download programnya.

Tetapi saat ini DANA pada akhirnya mengeluarkan program onlinenya sendiri walau tetap ide open platformnya sedang berjalan sampai sekarang ini.

Apalagi semakin kesini semakin banyak update fiturnya,  DANA menjelma menjadi dompet digital yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Dan menurut pengalaman saya yang pertama kali saya lihat dari 5 dompet digital di atas DANA lah yang pertama saya lihat iklannya di TV.

Selain ke-5 e-wallet di atas ada banyak apliaksi online yang lain cukup terkenal dilapisan warga Indonesia seperti Uangku, Doku, FavePay dan Berdikari E-cash.

Keuntungan Menggunakan Dompet Digital 

1. Super Ringkas dan Efektif

Saat ini beberapa aplikasi online dompet digital yang tidak sekedar hanya untuk membayar makan atau pesan ojek online. Tetapi bisa juga untuk bayar listrik, air, internet bahkan untuk bayar BPJS Kesehatan dan membeli pulsa. 

Tidak ada acara ke ATM paling dekat atau ke kantor agen pembayaran PLN cuma untuk bayar listrik karena semua dapat dilaksanakan pada sebuah aplikasi e-wallet saja.

2. Lebih Aman

Saat hilang dompet maka akan ada banyak yang hilang juga seperti SIM, KTP, ATM, kartu credit dan tentunya UANG. Tetapi bila smartphone kamu yang hilang, saldo e-wallet kamu belum tentu hilang juga.

Sebagian besar program e-wallet dengan QR Payment ini selalu mewajibkan pemiliknya untuk menulis PIN transaksi bisnis lebih dulu tiap akan membayar.

Maka bila smartphone kamu mendadak hilang, kamu langsung bisa unduh kembali aplikasinya di ponsel lainnya untuk log-out program pada ponsel lama. 

Atau kamu dapat mendowloand program khusus untuk mengamankan program dompet digital kamu.

Selain itu bisa langsung hubungi CS aplikasi tersebut untuk memblokir aplikasi e-wallet kamu.

3. Berbisnis Dapat Di mana Saja Tanpa Uang Tunai 

Dimana ada smartphone distu kamu dapat membayar cukup dengan sekali akses. Baik itu untuk bayar belanjaan online, membeli ticket menonton, pesan makanan bahkan bayar listrik atau air.

Yang perlu hanya smartphone kamu ada koneksi ke internet karena itu seluruh keperluan transaksi bisnis dan pembayaran dapat dilaukan dalam hitungan detik.

4. Top Up (Isi Ulang) Saldo Dapat Di mana Saja


Selain isi saldo dari mobile banking atau ATM. Umumnya e-wallet bisa juga isi saldo di gerai-gerai offline seperti Alfamart, Indomaret, Hypermart dan ada banyak lagi yang lainnya.

Ini menunjukkan jika punya e-wallet tidak harus punya rekening bank dahulu, dan semua orang dapat memakai apliaksi dompet digital asal paham ketentuan dan cara memakainya.

5. Banyak Promosi dan Potongan harga 

Bukan hanya kartu credit saja yang dapat menganakemaskan nasabahnya dengan beragam penghargaan dan potongan harga. Alikasi e-wallet bisa juga memberi hal sama untuk beberapa pemakainanya. 

Seperti adanya dari poin penghargaan bagi pemakai OVOyang sering transaksi, cashback besar seperti GoPay, Buy 1 Get 1 ticket menonton seperti DANA. 

Ada juga ada program potongan harga pada hari gajian, promosi khusus di merchant-merchat terpilih dan ada banyak lagi yang promo yang dilakuakn penyedia layanan dapat digunakan untuk mengirit pengeluaran kamu.

Kekurangan dari QR Payment 

Tiap mekanisme tentu punyai kekurangan, begitu halnya QR payment. Nach, supaya kamu semakin nyaman dalam memakai cara pembayaran yang baru ini, dalami dan kenali kekurangan dari QR Payment berikut ini:

1. Tidak Dapat Dipakai Bila Jaringan Internet Tidak Ada

Umumnya QR payment yang dipakai sekarang ini ialah tipe QR Kode pada handphone yang memerlukan akses internet untuk tiap transaksi bisnis dan pembayaran. 

Bila akses internet  tidak tersambung , sudah pasti bisa menjadi permasalahan untuk kamu. Yang tentunya akses ke aplikasi tidak akan berjalan.

Inilah yang membuat QR Payment tipe scan QR Kode jadi tidak efektif bila dipakai di beberapa tempat yang cukup jauh dari perkotaan yang tidak kuat signal internetnya, atau saat cuaca sedang jelek.

Tapi apabila melihat sekarang jaringan internet sudah bagus sudah sampai pelosok dan banyak orang kampung juga sudah bisa menggunakannya.

Kalaupun ada kendala sinyal internet hilang tidak sering terjadi sekarang ini mungkin provider sudah memperbaiki sistemnya. Kalaupun ada kejadian hilang sinyal paling sebentar dan bagus lagi.

2. Masih Banyak Merchant yang Belum Memakai Sistem Pembayaran QR Payment

Belum semua merchant yang memakai QR payment sebagai sistem pemabayarannya, sehingga kamu tetap harus mempersiapkan uang kontan atau kartu debet dan credit di dompet. 

Mekanisme QR Payment masih jadi pola pikir untuk beberapa orang saja, khususnya dilapisan ibu rumah-tangga dan beberapa orang tua yang membuat QR payment ini tidak dapat dipakai karena keterbatasan pengetahuannya tentang teknologi ini.

Itulah informasi mengenai 5 Dompet Digital Dengan Sistem QR Payment yang Mempunyai Banyak Keuntungan yang bisa kamu aplikasikan dikehidupan sehari-hari. 

Tentunya juga memudahkan dalam berbagai taransaksi pembayaran.

Kelihatan mudah dan simpel jika kamu sudah mengetahui cara kerja dan menggunakan aplikasi tersebut. Gunakanlah  aplikasi tersebut dengan bijak.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.