Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Investasi Bitcoin Lengkap dengan Tips dan Trik Terbaiknya


7 Cara Investasi Bitcoin Lengkap dengan Tips dan Trik Terbaiknya yang bisa kamu praktikan agar mendapatkan keuntungan dari invesatasi tersebut.

Memang tahun-tahun ini, Bitcoin sudah jadi instrument investasi yang digemari orang-orang. Walau ada banyak pembicaraan berkaitan peraturan cryptocurrency.

Beberapa investor memandang jika mata uang kripto ialah masa depan dalam di dunia investasi. Lantas, bagaimanakah cara investasi bitcoin yang benar?

Namun sebelumnya, kamu harus pahami dulu apa saja yang berkaitan cara investasi bitcoin, dan perannya sebagai alat pembayaran di dunia virtual atau digital. 

Pastikanlah kamu telah paham langkah kerjanya sampai analitis esensial dari asset kripto satu ini. Ini menolong kamu membuat taktik sekalian membuat management resiko yang bagus yang akan datang.

Maka apa yang membuat investasi bitcoin unggul dari asset lain? Berapakah harga bitcoin dan bagaimanakah cara beli bitcoin? Baca terus artikel dari kami ya.

Mengenali Asset Kripto Bitcoin

Bitcoin adalah tipe cryptocurrency yang terbanyak dipakai investor. Bahkan juga dalam perincian Coin Market Cap, Bitcoin masih ada di rangking pertama kapitalisasi paling besar dari beberapa ratus asset kripto sekarang ini.

Kamu tidak perlu cemas, karena Bitcoin telah masuk ke daftar asset kripto yang legal dan dipantau langsung oleh Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) semenjak tahun 2019.

Tetapi, sudah pasti coin virtual ini cuma dapat dipakai dalam mekanisme cryptocurrency, bukannya uang kontan. 

Dengan begitu bitcoin cuma dipandang seperti komoditi yang dapat diperjualbelikan. Bukan sebagai alat pembayaran di dunia riil.

Tahukah kamu kenapa bitcoin unggul dari instrument investasi lain? karena pergerakan harga bitcoin yang naik semenjak pertama kalinya launching pada tahun 2009 oleh pengembangnya yan bernama Satoshi Nakamoto.

Pada tahun 2009, kamu dapat beli bitcoin dengan harga USD 1 per keping, waktu itu harganya Rp4.000 saja. Seiring waktu berjalan, asset kripto itu makin disukai dan dipercayai oleh masayarakat.

Hal tersebut mengakibatkan keinginan yang tinggi dan berbuntut pada peningkatan harga bitcoin yang tetap naik, sampai mencatat rekor paling tinggi pada Oktober 2021 di angka USD 65.000 per coin atau Rp930 juta.

Tetapi, asset kripto populer dengan fluktuasi harga yang berbeda setiap waktubahkan setiap detik. Seperti sekarang ini, harga bitcoin turun. Per 5 Maret 2022 harga bitcoin yakni USD 39, 094, atau sekitaran Rp561 juta.

Bitcoin memakai teknologi blockchain sebagai mekanisme penyimpanannya, atau bisa disebut bank data digital yang tersambung dengan kriptografi yang memakai feature enkripsi data untuk mentransfer data agar aman.

Investasi sekarang ini sudah menjadi jalan keluar dalam hal keuangan untuk mempersiapkan kehidupan keuangan untuk masa kedepan. 

Beragam kebutuhan dan kepentingan yang bisa dipakai dsri investasi ini mulai dari biaya pendidikan anak, rumah, dana pensiun, dan dana yang lainnya.

Terlebih bila kamu ada di kelompok angkatan sandwich, diman kamu harus memikul biaya untuk keluarga dari keperluan orangtua sampai anak. 

Rasanya, bila mengandalkan gaji saja tidak akan cukup untuk kehidupan sekarang ini. Membuka usaha sambilanpun juga bukanlah hal yang gampang untuk dilakukan. 

Disini peranan investasi sebagai opsi tabungan jangka panjang. Dari beberapa instrument investasi yang ada, asset kriptolah menjadi salah satu yang paling disukai.

Banyak yang berasumsi bitcoin sebagai asset kripto yang ramah untuk pemula. Walau bitcoin dikenali sebagai asset yang high risk high return, kenyataannya langkah investasi bitcoin gampang dimengerti dan dapat dilaksanakan tanpa bermodal, asal kamu ketahui triknya.

Langkah investasi bitcoin berbeda dengan investasi saham, yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan satu slot. Kamu dapat membeli bitcoin pecahan dari kepingan satu BTC, hingga pecahan itu dapat kamu membeli pada harga yang dapat dijangkau.

7 Cara Investasi Bitcoin Lengkap dengan Tips dan Trik Terbaiknya

Ingin tahu, bagaimanakah cara investasi bitcoin yang pas dan mudah untuk investor pemula? Tidak boleh terlewat beberapa langkah berikut panduan dan trick memberikan keuntungan berikut ini!


1. Tergabung dan Mendaftarkan Account Exchange


Langkah awal dalam investasi bitcoin, kamu harus tentukan tempat kamu ingin lakukan pembelian Bitcoin. Bikinlah account di exchange atau bursa kripto yang ada layanan mekanisme penukaran mata uang fiat ke cryptocurrency.

Kamu dapat mendaftarkan account exchange lewat cara online melalui aplikasi-aplikasi yang ada di Google Playstore atau Appstore, atau web resmi bursa itu. 

Beberapa pilihan exchange yang terpopuler yakni  Indodax, Tokocrypto, Pintu, atau yang lain.

Yang paling penting ialah pakai yang legal dan berijin Bappebti. Dan penting jug untuk dipahami, Bitcoin tidak mempunyai perusahaan resmi atau exchange khusus bitcoin, karena bitcoin sebagai sumber teknologi terbuka.

2. Peroleh Klarifikasi KYC (Know Your Customer)

Apabila sudah mendaftarkan account di exchange pilihanmu, pastikanlah kamu mendapatkan notif KYC supaya bisa secepatnya bisa dilakukan untuk berbisnis. 

Dengan notif itu membuat perlindungan terhadap account kamu sebagai peserta, ini sebagai usaha untuk mengaplikasikan peraturan pelindungan AML (anti money laundering) atau pencucian uang.

Langkah untuk mendapatkan notifikasi ini umumnya dilaksanakan sesudah proses register akun dengan mengupload photo KTP asli secara jelas dan tidak kabur, isi data personal asli, mengupload photo selfie dengan jelas tanpa memakai topi atau kacamata.

Pastikanlah kamu isi semua data diri secara benar dan tepat. Kemudian, data diri yang telah kamu isi akan diolah paling lama 1 x 24 jam.

3. Peroleh Dompet Bitcoin

Langkah investasi bitcoin seterusnya yakni kamu harus mempersiapkan crypto wallet, tempat semua mata uang kripto punyamu akan diletakkan. 

Minimal ada dua tipe dompet kripto yang dapat kamu tentukan yakni "hot wallet" atau "cold wallet".

Hot wallet ialah dompet yang dioperasionalkan oleh transisi mata uang kripto yang kamu pakai atau oleh penyuplai. Beberapa bursa akan secara automatis memberimu dompet panas ini saat buka account.

Hot Wallet semakin nyaman dipakai sebab bisa dijangkau melalui internet atau piranti lunak, tetapi resikonya lumayan tinggi karena bila diretas, info kripto akan hilang.

Sementara cold wallet sebagai piranti keras yang dapat menyimpan kripto kamu. Biasanya, cold wallet ini berbentuk portabel seperti flash drive. Untuk melakukan investasi dalam jangka panjang, dianjurkan memakai cold wallet.

4. Masukan Deposit

Langkah investasi bitcoin seterusnya yakni masukkan deposit awal ke rekening exchange yang telah kamu punya. Untuk lakukan transaksi bisnis bitcoin, setoran deposit minimal exchange yang berada di range Rp30.000 - 50.000.

Tetapi, ada beberapa exchange minta deposit minimal di harga yang lebih tinggi. Langkah deposit yang dijual biasanya lewat transfer bank (rekening dan Virtual Account), e-wallet, PPOB, kartu credit, atau kartu debet.

Disamping itu, deposit bisa juga dengan berbentuk coin, seperti Bitcoin, Ethereum, atau tipe yang lain.

5. Transaksi Bisnis Beli-Jual

Bila langkah investasi bitcoin di atas telah kamu tuntaskan, kamu dapat lakukan transaksi bisnis bitcoin, baik itu beli atau jual asset yang telah kamu punya. Triknya dengan membuat order, masukan nominal jumlah bitcoin yang akan dibeli.

Lalu akan ada keseluruhan harga dalam rupiah yang diperlukan untuk membeli. Ada banyak tipe order yang harus dipahami, yakni taker atau maker. 

Taker maknanya order langsung akan diolah pada harga pasar waktu itu. Sementara maker, kamu dapat lakukan pesanan dengan menanti harga yang diharapkan, artinya order kamu akan di jual atau dibeli saat dibutuhkan atau aset dalam keadaan harga tinggi.

6. Lakukan Withdraw atau Penarikan

Bila kamu ingin lakukan penarikan bitcoin ke rupiah, triknya gampang. Sampaikan penarikan di aplikasi exchange yang kamu pakai lalu masukkan alamat wallet sebagai tempat bitcoin kamu berada.

Proses withdraw umumnya memerlukan waktu beberapa saat, optimal dalam waktu 1 x 24 jam. Cepat atau lama waktunya ditetapkan oleh proses bank karena exchange memakai jaringan perbankan untuk penarikan uang. Dan biaya administrasi disesuaikan sesuai besaran yan di tarik oleh aplikasi exchagne.

7. Transfer Bitcoin

Kamu bisa juga mentransfer bitcoin ke investor bitcoin yang lain yang ada di basis exchange yang serupa dengan kamu. 

Triknya dengan mengisi alamat wallet investor yang kamu incar atau catat pemakai ID pemakai itu. Alamat wallet ini akan bernomor rekening untuk transfer uang di ATM.

Itulah langkah investasi bitcoin yang gampang dimengerti untuk investor pemula. Gampang kan? Supaya investasi kamu lebih maksimal, baca panduan dan trick langkah investasi bitcoin dibawah ini.

5  Tips dan Trik Sebelum Investasi Bitcoin yang Harus Kamu Kenali

Walau termasuk ramah untuk yang baru memulai investasi bitcoin, kamu harus tetap mempunyai taktik  supaya untung dan bebas dari rugi. 

Berikut ini trik supaya investasimu supaya berhasil dan lebih efisien.

1. Tidak boleh malas mencari dan baca info terkini

Ikuti perubahan bitcoin dengan membaca atau ikuti analisa para professional yang berkaitan dengan asset kripto itu wajib untuk menambahkan wacana akan taktik investasi yang akan datang. 

Cryptocurrency dan langkah investasi bitcoin ini masih termasuk baru, bisa banyak perubahan naik dan turun.

Dengan begitu, kamu harus sesuaikan dengan beragam info dari sumber paling dipercaya. Pakai info itu untuk menganalisa cara yang hendak diambil saat hadapi resiko.

Naik turunnya harga bitcoin dan asset kripto dikuasai oleh beragam faktor. Satu diantaranya pengakuan public figur yang dapat membuat harga kripto melejit tinggi atau bahkan juga terjun bebas. Kamu harus waspada ini.

2. Siap-siap akan volatilitas

Nilai mata uang kripto tak pernah konstan dan selalu bergerak naik dan turun karena fluktuasi. Bitcoin bahkan juga akhir-akhir ini alami pengurangan cukup berarti dari tahun 2021 kemarin.

Langkah investasi bitcoin yang bagus, kamu harus lincah memutuskan dan pikirkan apa yang terbaik untuk jumlah asset yang kamu punyai sekarang ini.

Yang terpenting, selalu kembali ke keperluan, kekuatan, dan arah mana yang harus dicapai.

3. Kerjakan Penganekaragaman

Bitcoin hanya satu sisi dari luasnya dunia cryptocurrency. Jadi, hati-hatilah untuk tempatkan semua asset kamu.

Langkah investasi bitcoin terbaik ialah simpanlah dana ke sejumlah instrument jangan terfokud kesatu instrumen. Ini sebagai usaha agar terhindar resiko, salah satunya saat itu asset ada di status merah atau penurunan harga.

4. Dalami pemakaian hot dan cold wallet

Sama seperti yang telah diulas di awal, penyeleksian hot dan cold wallet sebagai salah satu langkah investasi bitcoin yang perlu diperhitungkan. 

Untuk seorang pemula, hot wallet akan bisa dibuktikan lebih bermanfaat karena keringanan akses.

Sementara cold wallet, memang tawarkan semakin banyak pelindungan dari peretas dan penjahat cyber. Tetapi harus memakai piranti keras dan sumber daya yang besar. 

Jadi, Dalami pemakaian ke 2 dompet ini untuk memaksimalkan investasi bitcoin kamu.

5. Selalu Berwaspada

Cryptocurrency mempunyai mekanisme keamanan yang tinggi, tetapi kamu tetap harus siaga. Bila kamu ingin mempunyai bitcoin dengan jumlah besar di hot wallet, kamu harus siap hadapi resiko dan liabilitas keamanan.

Disamping itu, kamu harus siaga karena sekarang ini ada beberapa exchange dan asset kripto banyak muncul yang malah bawa kamu ke dalam aktivitas scamming atau pencucian uang.

Dalami lebih dalam dan lengkap mengenai investasi bitcoin supaya keuntungan yang didapat lebih maksimal, dan jangan lupa jangan ketinggalan informasi.

Demikianlah 7 Cara Investasi Bitcoin Lengkap dengan Tips dan Trik Terbaiknya yang dipandang ramah untuk para investor pemula. 

Terima kasih.