Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Kiat Sukses dalam Berinvestasi Cryptocurrency

8 Kiat Sukses dalam Berinvestasi Cryptocurrency

8 Kiat Sukses dalam Berinvestasi Cryptocurrency - Cryptocurrency dipandang sebagai mata uang baru yang lumayan menarik perhatian pebisnis sebagai instrument dalam berinvestasi. 

Ahli keuangan juga berasumsi jika jual beli yang terkait dengan blockchain atau asset kripto ialah masa depan bagi investasi. 

Walau dipakai sebagai alat transisi, uang kripto di Indonesia tidak dapat dipakai sebagai alat pembayaran yang syah, tetapi dapat di manfaatkan sebagai media investasi seperti saham.

Cryptocurrency merupakan sebuah mata uang digital yang dikembangkan memakai teknologi enkripsi. 

Berlainan dengan mata uang konservatif yang memiliki sifat terkonsentrasi, asset kripto malah memiliki sifat desentralisasi, yaitu tidak ada faksi yang menjadi mediator pada suatu transaksi bisnis.

Pembayaran yang sudah dilakukan berjalan secara peer-to-peer, yakni dari pengirim langsung ke yang menerima. Supaya aman, sudah pasti ada sandi-sandi tertentu yang membuat susah untuk disalah gunakan.

Jenis Mata Uang Kripto

Beberapa jenis mata uang kripto yang sekarang ini tersebar ialah: 
  1. Bitcoin
  2. Ethereum
  3. Dogecoin
  4. EOS
  5. Tron
  6.  Ripple
  7. Litecoin
  8. Stellar
  9. Cardano
Dari beberapa cryptocurrency yang tersebar, Bitcoin masih jadi mata uang kripto yang banyak disukai oleh beberapa investor. Karena mempunyai nilai ganti yang fenomenal dan reputasinya jadi aspek terpenting.

Saat Anda ingin mengoptimalkan usaha cryptocurrency, penting diingat pemakaian piranti/alat yang memberi keamanan dengan feature security data. Feature ini ada pada netbook Acer TravelMate P614-51.

Netbook professional ini tawarkan feature keamanan dan perlindungan data penting lewat chip Trusted Basis Module 2.0 dan teknologi vPro™ remote manajemen. 

Disokong juga feature fingerprint scanner pada tombol daya dan Webcam IR untuk Windows Hello supaya optimal dalam menjaga data dan proses login cepat.

Dengan ketahanan battery sampai 18 jam dan feature fast charging serta processor Intel® Core™ i7 Angkatan kesepuluh dan SSD 1TB gen 3 x4 PCle, maka usaha investasi cryptocurrency dapat dilaksanakan dengan tenang.

8 Kiat Sukses dalam Berinvestasi Cryptocurrency

Pengendalian asset crypto termasuk sebagai instrument investasi baru, masih dibutuhkan pembelajaran secara detail untuk pasar Indonesia berkaitan trading asset kripto yang aman dan paling dipercaya. 

Apa Anda sedang mempelajari usaha cryptocurrency? Baca selanjutnya tentang 8 Kiat Sukses dalam Berinvestasi Cryptocurrency berikut ini.

1. Mempunyai Rencana yang Matang

Untuk yang baru coba usaha ini, seperti Bitcoin atau crypto, tentu akan merasakan kesusahan pada awal mula melakukan trading.

Lumrah saja, itu disebabkan karena fluktuasi harga sekuritas dari hari ke hari dan tingkat resiko yang semakin besar dibanding mata uang lain. 

Oleh karena itu, diperlukan rencana yang  matang sekali saat sebelum akan mengawali usaha ini.

Rencana yang Anda bikin harus memerhatikan prospek kedepannya. Karena itu, penting jika Anda ingin sukses investasi cryptocurrency, harus dalamidan pelajari secara akurat asset kripto yang disukai.

Hal tersebut jadi dasar gagasan agar jadi pelajaran dalam memeahami tingkat resiko supaya Anda tidak hanya memakai emosi saat lakukan investasi ini apalgi hanya ikut-ikutan. Yang ada nanti uang habis buat investasi tapi keuntungan nol.

2. Lihat Biaya Service dan Spread

Biaya service sudah pasti jadi hal yang perlu jadi perhatian berapa saja besarnya. Saat melakukan transaksi bisnis perdagangan asset crypto, ada biaya yang harus ditanggung pada Anda, yakni biaya pembelian dan penarikan.

Ke-2 hal tersebut bisa saja referensi Anda saat menentukan exchange atau basis Bitcoin, karena secara umum berbeda.

Ada banyak exchange yang memberi flat rate yang lebih memberikan keuntungan, ada pula yang memakai pola prosentase sama sesuai nominal penarikan. 

Ada juga ongkos transaksi bisnis sebagai pasar taker yang hendak dikenai ke beberapa trader.

Disamping itu, ada juga spread, yaitu ketidaksamaan di antara harga order membeli paling tinggi dan jual paling rendah pada pasar transisi. 

Untuk investor pemula, ketidaksamaan spread di antara nilai jual dan membeli sering membuat kaget. Seperti beli emas, ada spread harga atau beda nilai jual dan membelinya yang perlu Anda jadi perhatian.

3. Samakan Sasaran dengan Kekuatan

Tidak dapat dipungkuri jika investasi banyak yang menginginkan untung besar. Realitanya, beberapa investor asset kripto yang sukses harus lewat beragam rintangan dan tidak sukses dalam waktu sekejap. 

Ingat, usaha ini dilaksanakan dalam jangka panjang, memerlukan gagasan, ide dan  sasaran yang sesuai kekuatan.

Sasaran yang disamakan harus digerakkan secara stabil. Maka dari itu, seharusnya Anda memperdalam pengetahuan investasi ini agar mempertimbangkan pola kapan harus beli dan kapan harus menjualnya.

Sehingga anda tidak terjebak dalam angan-angan belaka, bahwa investasi ini selalu memeberikan keuntunngan.

4. Tentukan Resiko Kecil Untuk Pemula

Untuk pemula, pilihlah resiko kecil dahulu saat mengawali bisnis ini agar trading cryptocurrency berjalan sukses.

Memang, saat memperoleh keuntungan besar pada awal bisa memacu semangat. Namun, Ini yang betul-betul harus dimengerti bahwa jika tidak ada jamian mengambil resiko besar bisa untung besar. 

Oleh karena itu, mulai mengaplikasikan trading dengan resiko kecil di awal. Kemudian anda pelajari  seiring berjalannya waktu anda akan menegerti satu per satu dan ditulah boleh anda coba ambil resiko yang besar.

5. Ketahui Pasar Timing

Ketahui kapan harus beli dan jual asset sebagai panduan yang harus dipahami oleh trader dan investor. Panduan ini menjadi langkah untuk mengurangi resiko investasi. 

Apa lagi, harga asset crypto yang gampang naik dan turun, susah untuk diprediksi pergerakannya.

Pasar timing ialah kekuatan investor dalam menentukan kapan harus jual dan kapan harus beli asset. Belilah saat harga sedang murah, lalu jual saat harga sedang naik. 

Taktik pembelian saat harga asset murah dapat dijumpai dari analitis diagram dan gerakan harga rerata periode pendek dan periode panjang.

Jadi, timing yang digunakan harus tepat berdasarkan analisis yang sudah dilakukan sebelum membeli atau menjual aset crypto. Sehingga anda tidak rugi.

6. Yakinkan Tempat Trading Aman dan Legal

Tempat trading yang dipakai harusnya aman dan memperoleh validitas dari pemerintah. Keputusan ini untuk memberikan keyakinan jika uang yang Anda investasikan itu aman.

Sekarang ini ada 13 perusahaan  yang sudah memperoleh izin dari Bappebti sebagai pedagang asset kripto. 

Perusahaan itu ialah PT Crypto Indonesia Karena (Tokocrypto), PT Upbit Exchange Indonesia (Upbit), PT Tiga Pokok Khusus (Triv), PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax), PT Pintu Ke mana Saja (Pintu), PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex), PT Bursa Cripto Sempurna.

Seterusnya ada perusahaan PT Luno Indonesia Ltd (Luno), PT Rekeningku Dotcom Indonesia (Rekeningku), PT Indonesia Digital Exchange (Digital Exchange), PT Cipta Coin Digital (Koinku), PT Trinity Investama Karena (Bitocto), dan PT Plutonext Digital Asset.

Anda dapat melihat kekurangan dan kelebihan setiap perusahaan tersebut di bagian Syarat dan ketentuannya, ulasan dari pemakaiannya, dan feature trading favoritnya.

Jika, sudah berasa percaya, Anda dapat bebas lakukan trading diperusahaan yang anda pilih tersbut. Carilah yang terbaik agar assetmu aman juga.

7. Terus Belajar Trading Asset Crypto

Untuk pemula, bila tertarik untuk lakukan bisnis cryptocurrency, pasti harus terus belajar dengan cermat, karena bisnis ini memerlukan skill yang mempuni.

Ada beberapa info yang bisa anda pelajari mengenai mata uang crypto atau blockchain,  mulai dari belajar dari media exchange, e-book tentang investasi atau video-video tentang bisnis ini.

Disamping itu, jangan buru-buru menyerah saat alami rugi. Jika sudah paham ide awalnya dengan baik, tentu kerugian tidak akan datang. Paling tidak kalau rugipun tidak terlalau banyak.

8. Teknologi Keamanan yang Diaplikasikan

Terakhir hal yang perlu jadi perhatian ialah pemakaian teknologi untuk menjamin keamanan transaksi bisnis di exchange. 

Mayoritas exchange di Indonesia sudah memakai standar keamanan yang baik seperti Two Faktor Authenticator (2FA) dan verifikasi lewat e-mail dan sms. 

Mereka yang yang tercatat di BAPPEBTI, sudah mempunyai sertifikasi ISO mengenai Mekanisme Keamanan Info dan sudah tercatat di Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO).

Harus dipahami, tidak ada jaminan mengawali usaha bisa langsung untung besar. Apapun investasinya,  tetap ada resikonya. Namun. paling tidak anda hindari resko yang paling besarnya.

Begitupun dengan usaha cryptocurrency, ada beberapa proses dan pengetahuan  yang perlu didalami untuk capai sasaran yang diharapkan. 

Sebelum mengawali bisnis ini, yakinkan Anda telah paham akan segala sesuatunya. Ingat, jangan terjebak dengan iming-iming untuk besar.

Demikian informasi mengenai 8 Kiat Sukses dalam Berinvestasi Cryptocurrency yang patut dicoba agar investasimu mempunyai banyak keuntungan. 

Terima kasih. Semoga bermanfaat