Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Bank Digital Pengertian Keuntungan Kekurangan & Daftar Bank Digital Indonesia

Apa Itu Bank Digital

Apa Itu Bank Digital ? atau dompet digital? mungkin kata-kata ini sudah sering anda dengar dibrolan sehari-hari atau anda lihat di media sosial. Tapi, yang jadi bahasan utama kita kali ini adalah mengenai Bank Digital.

Namun tahukah anda bahwa di era modern saat ini semua serba digital, begitupun dunia perbankan sudah mencapai level ini karena selain Bank konvensional banyak juga bermunculan Bank Digital.

Di zaman teknologi ini, banyak service transaksi bisnis yang memiliki sifat digital. Saat ini, kita bisa menjumpai trading saham online, pembayaran pajak online, dan lain-lain. 

Service transaksi bisnis digital bukan hanya akan memudahkan jalannya transaksi bisnis, namun memberi efektivitas waktu untuk customer.

Salah satunya transaksi bisnis digital yang berkembang belakangan ini ialah bank digital. Kamu kemungkinan cukup akrab dengan beberapa produk digital dari bank seperti mobile banking, transfer online, dan penarikan uang lewat ATM. 

Namun, apa kamu sudah mengetahui ada service bank yang seutuhnya bentuknya digital? Bank digital menawarkan beragam produk dan servis seutuhnya secara electronic bahkan juga registrasi rekening juga bisa dikerjakan lewat cara online.

Apa sebetulnya bank digital itu? Service apa yang bisa dilakukan dengan bank digital? Apa saja keuntungan dari pemakaian service bank digital bila dibanding dengan bank umum? Berikut pembahasannya.

Apa Itu Bank Digital?

Bank digital ialah bank yang menyediakan dan beraktivitas usahanya lewat aliran electronic. Bank digital sebagai satu organisasi Memiliki Badan Hukum Indonesia (BHI) yang bisa menjalankan aktivitas upayanya tanpa kantor fisik (selainnya kantor pusat) atau cuma memakai kantor fisik terbatas. 

Perbankan digital selain sebagai bank baru, bisa juga sebagai bank lama yang lakukan alih fungsi jadi bank digital.

Negara Indonesia mempunyai prosentase orang dewasa yang mempunyai rekening digital bank paling banyak ke-2 sesudah negara Brasil. 

Pada tahun 2021, 25% orang dewasa di Indonesia sudah mempunyai rekening bank digital dan diprediksi terus akan bertambah sampai beberapa tahun kedepan. Ini menunjukkan jika bank digital sekarang ini reputasinya sedang populer di Indonesia.

Tipe Service Bank Digital

Apa saja service yang bisa dilaksanakan dengan bank digital? Berikut ialah beberapa service yang bisa kamu dapat saat jadi nasabah bank digital.

1. Proses Administrasi Pembukaan dan Penutupan Rekening

Saat memakai produk bank umum, kita wajib melakukan pembukaan account dan penutupan rekening dengan langsung ke kantor cabang paling dekat dari bank itu. 

Bila kamu ingin buka rekening bank digital, proses pembukaan dan penutupan buku rekening bisa dilaksanakan seutuhnya secara online atau online.

Document yang penting untuk yang harus calon nasabah siapkan ialah nomor KTP dan NPWP (bila punya) yang nanti akan di-upload pada mekanisme bank digital. 

Seterusnya, calon nasabah tinggal menanti proses verifikasi yang umumnya memerlukan waktu sekian hari dan semuanya dilakuka lewat cara online.  

Setoran awal dari pembukaan rekening bank bisa dikerjakan memakai fitur e-banking.

2. Transaksi bisnis Online

Seperti service m-banking atau i-banking dari bank secara umum, bank digital mempunyai beragam fitur untuk memberikan fasilitas transaksi bisnis secara online. 

Perbankan digital mengaplikasikan konsep self servis hingga nasabah bisa lakukan transaksi bisnis berkaitan kegiatan keuangan mereka tanpa kedatangan teller atau layanan konsumen. 

Fitur transaksi bisnis online ini salah satunya ialah transfer antar bank, pembayaran tagihan seperti listrik dan air secara online, transfer dana ke dompet digital, dan lain-lain.

3. Pengendalian Keuangan

Fitur menarik yang lain bisa kamu peroleh bila memakai bank digital ialah ada pengendalian pos keuangan di mana nasabah akan diberi referensi atas peruntukan pengeluaran yang nasabah punya. 

Fitur ini bisa disamakan dengan keperluan yang dimiliki nasabah. Disamping itu, bank digital menulis semua transaksi bisnis yang sudah dilakukan oleh nasabah, dengan demikian nasabah bisa lakukan pengujian penghasilan dan pengeluaran dengan teratur.

Nasabah tak perlu mengupdate buku rekening untuk mengetahui kas masuk dan keluar karena ada bank digital.

4. Servis Produk Keuangan

Service bank digital memberi peluang nasabah untuk nikmati produk perbankan secara umum. Produk bank digital yang bisa nasabah rasakan salah satunya ialah tabungan, deposito, pinjaman atau credit, asuransi, investasi, dan transaksi bisnis e-commerce.

Keuntungan Memakai Bank Digital

Bank digital banyak memberi keuntungan untuk nasabahnya terutama untuk nasabah yang tidak mempunyai waktu untuk ke bank. Berikut ialah keuntungan atau faedah yang dapat didapat dari pemakaian bank digital.

1. Keringanan dan Kecepatan Transaksi bisnis

Salah satu keuntungan dari pemakaian bank digital ialah keringanan transaksi bisnis yang bisa dilaksanakan oleh nasabah. 

Nasabah bisa lakukan transaksi bisnis keuangan cukup dengan  dengan layar komputer/ponsel dan koneksi internet saja.

2. Efektivitas Waktu

Selain keringanan akses, bank digital tawarkan efektivitas waktu untuk nasabahnya. Nasabah tak perlu untuk datanglangsung ke bank untuk melakukan transaksi bisnis, bahkan juga untuk proses penting seperti pembukaan rekening. 

Nasabah atau calon nasabah tinggal lakukan akses pada bank digital untuk berbisnis.

3. Tingkat Keamanan Makin Ketat

Resiko yang kemungkinan paling ditakutkan oleh nasabah bank ialah ada resiko pembobolan rekening oleh beberapa pihak yang tidak bertanggungjawab. 

Saat ini, tingkat keamanan dari produk bank digital semakin kuat. Nasabah sering tidak perlu untuk masukkan nomor PIN.

Nasabah hanya perlu memasukan sidik jari atau code OTP saat mlakukan proses login atau transaksi bisnis digital. Dengan demikian, keamanan transaksi bisnis keuangan nasabah makin terjaga.

4. Irit Biaya Transaksi

Semua transaksi bisnis yang ditawarkan oleh bank digital bisa semuanya dilaksanakan secara online. Karena itu, nasabah tak perlu datang langsung ke kantor cabang bank paling dekat. 

Untuk tiba ke kantor cabang bank konvesional umumnya nasabah yang membutuhkan biaya untuk perginya. 

Dengan transaksi bisnis digital oleh digital banking, nasabah bisa mengirit biaya transaksi bisnis terutama biaya untuk pergi ke bank.

Kekurangan Memakai Bank Digital

Suatu alternatif dalam kehidupan pastinya mempunyai segi positif dan segi negatif. Berikut resiko dan kelemahan pada bank digital yang perlu kamu kenali.

1. Keterikatan dengan Jaringan Internet

Dalam berbisnis secara digital memakai bank digital, nasabah harus mempunyai koneksi internet. 

Bila nasabah tidak mempunyai koneksi internet, dia tidak bisa melakukan akses atau transaksi bisnis keuangan lewat aplikai bank digital. 

Bahkan juga, untuk lakukan cek saldo saja nasabah perlu koneksi internet agar bisa lakukan transaksi bisnisnya.

2. Resiko Keamanan dan Likuidasi

Jaringan keamanan dari program perbankan sekarang ini sudah sangat berkembang, namun ada saja akal bulus dari penipu. 

Penipu bisa melakukan beragam jenis cara untuk memperoleh apa yang mereka ingin. Misalkan, penipu lakukan panggilan berpura-pura dari pihak bank, e-mail berisi phishing, dan pesan penipuan.

Kegiatan penipuan tentu saja bisa dihindari dengan perbanyak membaca literatur keuangan. Ingat jangan membagi code OTP dan PIN ke seseorang apalagi orang asing. 

Selain resiko keamanan, bank digital mempunyai resiko di mana bank bisa dilikuidasi. Walau bagaimanapun, hal itu sebagai salah satu hal yang sangat jarang karena instansi keuangan sebagai salah satunya instansi yang selalu dipantau oleh pemerintahan. 

Daftar Bank Digital di Indonesia

Bank digital di Indonesia belakangan ini ramai sekali banyak muncul. Bukan hanya bank digitalnya, nasabah dari bank digitalnyapun makin bertambah. 

Bank digital banyak disukai oleh warga masyarakat karena keringanan akses dan transaksi bisnisnya. 

Berikut daftar bank digital yang bekerja dan terbanyak disukai oleh nasabah Indonesia.
  1. Jenius BTPN
  2. Jago dari Bank Jago
  3. Digibank dari Bank DBS
  4. TMRW by UOB
  5. Blu by BCA
  6. Livin’ Mandiri
  7. Permata ME
  8. D-Save dari Bank Danamon
  9. Wokee dari Bank Bukopin
  10. Line Bank by Hana Bank
Nach, itu lah ialah ulasan berkaitan Apa Itu Bank Digital? Secara umum Bank digital menawarkan keringanan untuk nasabah yang ingin lakukan transaksi bisnis keuangan secara online.

Terima kasih semoga bermanfaat.