Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pineus Tilu Riverside Camping Pangalengan, Wisatanya Jawa Barat yang Mempesona


Pineus Tilu Riverside Camping Pangalengan
menjadi salah satu tempat wisata Jawa Barat yang lagi hits banget. Cocok banget buat loe yang suka berwisata sambil ngecamp untuk menikmati keindahan panorama alam semesta.

Apalagi tempat wisata yang betemakan alam saat ini menjadi kesukaan masyarakat karena masih dalam suasana PPKM sehingga wisata ini akan membuat lebih sehat karena dekat dengan alam.

Berada di wisata ini menjadikan pikiran lebih fresh, sehingga bisa melupakan sejenak ketegangan dari kesibukan dan hiruk pikuk perkotaan.

Ditemani hijaunya pemandangan alamnya dan gemericik air sungai  membuatmu suasana campingmu lebih mengasyikan.

Nah, salah satu tempat yang cocok buat ngecamp di Daerah Bandung Selatan tepatnya di Pangalengan, yaitu Pineus Tilu Riverside Camping. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Pineus Tilu Riverside Camping Pangalengan

1. Daya Tarik Pineus Tilu  Riverside Camping Pangalengan


Sebelum mengetahui apa aja yang menjadi daya tarik Pineus Tilu sebagai tempang camping menyenangkan, tidak ada salahnya ketahui dahulu kenapa wisata ini dinamakan pineus tilu?

Berdasarkan keterangan pengelola, nama pineus tilu (bahasa sunda) berasal dari 3 (tilu) pohon pinus (pineus) yang berada di hutan pinus Rahong yang posisinya menjorok ke sungai Palayangan. Jadi, disebutlah pineus tilu.

Uniknya ketiga pohon pinus itu dijadikan tempat bersanatai menggunkan hammock yang bisa mencapai 5 bahkan 7 tingkat. Giman seru kan? Penasaran? coba kunjungi saja wisata alam yang satu ini ya.

Wisata alam yang dibuka pada juni 2021 ini sampai sekarang masih hits dan banyak dikunjungi banyak wisatawan. Bahkan Kang Emil (Gubernur Jawa Barat) dan Keluarga pernah camping disini. Artis juga pernah ngecam disini salah satunya Ibnu Jamil dan istrinya. 

Adapun beberapa faktor kenapa pinus tilu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk mengunjunginya, anatara lain:

  • Fasilitas yang Lengkap

Fasilitas yang tersedia di Pineus Tilu bisa dibilang sangat lengkap, jadi loe tidak usah risau bahkan kelasnya bisa dibilang sama dengan Glamping maupun Glamour Camping. Semua kelengkapan itu bisa membuat nyaman untuk ngecam disini.

Adapun fasilitas yang tersedia disini adalah :
  1. family tent (4-6 person)
  2. cussion seat & pillow
  3. sleeping bag &foam mattres
  4. private dining & coffee tables
  5. breakfast
  6. camp fire, BBQ equipment & dining area
  7. 10 outdoors hammock
  8. fishing pond
  9. lamp & electricity
  10. eco & clean toilet
  11. warm water shower
  12. parking area (100m from area)

  • Viewnya yang Menyegarkan Mata dan Pikiran

Sudah menjadi tujuan wisatawan untuk camping itu adalah melepaskan penat dari segala kesibukan  pekerjaan dan urusan lainnya. Maka, salah satu cara untuk merefresh kembali fikiran yang penat itu dengn cara berwisata ke tempat yang menyejukan. 

Pineus Tilu bisa menjadi solusi yang bisa loe pilih, lokasi yang jauh dari perkotaan serta masih dalam keadaan asri. Bisa membuat tenang fikiran dan membuat semangatmu kembali.

Lokasi yang berdekatan dengan sungai membuat hati tenang dan damai, apalagi ketika bangun tidur dipagi hari saat buka tenda disuguhi gemricik air sungai dan udara yang segar dan pemandangan yang indah. Dijamin membuat betah deh ngecam disini. 

Saat suasana dingin seperti itu cocok sekali makan atau minum yang hangat-hangat seperti jangung manis bakar dan teh hangat. Beuhh semakin mantap pokoknya.

Tidak percaya, buktikan sendiri sensasinya ya.

  • Lokasinya yang Mudah di Jangkau

Lokasi wisata Pineus Tilu berlokasi di Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung dan masih berdekatan dengan tempat wisata lainnya di Pangalengan. 

Contohnya saja Situ Cileunca, Hutan Pinus Rahong, Sunrise Point Cukul, Taman Langit dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apalagi jarak dari pusat Kota Bandung dan sekitarnya bisa dibilang cukup dekat dengan wisata ini bisa ditempuh kurang lebih dalam waktu 1 setengah jam, dengan jarak kira-kira 45 KM. 

Lokasi untuk menju wisata Pineus Tilu juga sangat mudah untuk ditemukan karena posisinya berada dekat jalan utama Pangalengan menuju situ Cileunca kemudian belok kanan jika dari Bandung. 

Posisi wisata ini berdekatan dengan wisata Hutan Pinus Rahong karena masih dalam satu kawasan. Dan apabila masih susah menemukannya cek saja di Google Maps.

Karena lokasi ini sudah terdaftar sehingga makin memudahkan untuk menemukan wisata ini. 

2. Suasana Pineus Tilu Riverside Camping

Sudah dapat loe bayangkan suasana wisata ini dari penjelasan di atas juga,  pokonya suasana menyegarkan dan menenagkan akan didapatka diwisata ini. Cocok buat merefresh pikiranmu.

Pertama kali menginjakn kaki diwisata ini langsung disuguhkan pemandangan hamparan kebun teh dan pohon pinus yang masih asri. Sehingga suasan alami semakin terasa. 

Bagi yang membawa kendaraan pribadi baik mobil maupun motor, jangan khawatir loaksi parkir uas bahkan bisa menampung hingga 30 mobil.

Sedangkan lokasi camping ground 100 meter dari area parkir. Namun jangan risau walaupun kendaraan jauh dari lokasi tetap aman karena selalu ada penjaga yang selalu siap siaga menjaga barang maupun kendaraan pengunjung.

Diarea camping juga ada villa/penginapan yang unik yang dibuat dari anyaman bambu yang membuat kamu berasa di pedesaan.

Selanjutnya loe turun ke area campingnya dan berhati-hatilah dalam berjalan karena licin jika sebelumnya hujan, karena ajalanya masih berupa tanah.

Nah, jika sudah sampai kamu akan menemukan sebuah spot berupa dekc berlantai kayu yang lumyan luas yang biasanya untuk area camping keluarga yang dilengkapi pagar sehingga aman bagi anak-anak.

Sedangakn untuk tempat camping ground, lokasinya berada dibawahnya yang dilengkapi 9 spot untuk ngecam dipinggir sungai Palayangan. Jika loe berencana ngecam disini harus reservasi dahulu karena tempatnya terbatas.

Untuk toilet juga tersedia dengan lengkap dan bersih, posisinya tersembunyi  di deck 8 dan 9 (deck khusu keluarga). Didalam toilet terdapat  4 ruangan denga fasilitas yang sama. 

Untuk menggunakan toilet ini diwajibkan melepas alas kaki agar toliet terjaga kebersihannya serta mudah membersihkannya karen amenggunakan toilet slippers.

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan dari atas dek seperti memancing. Alat pancing sudah disediakan oleh pengelola.  Mau melihat sunrise point juga bisa dilakukan cuman jaraknya 15 menit dari loksi ini. 

Namun, apabila kamu tidan ingin jauh-jauh kesana kemari maunya tetap stay di tenda karena tidak ingin melewatkan suasana pagi hari yang dramatis, boleh juga.

3. Aturan Tentang Suara

Aturan ini dibuat berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh pihak pengelola serata mengamini keluhan pengunjung juga. Karena banyak pengunjung yang merasa tidak nyaman dengan suara-suara bisaing dari pengunjung lain.

Aturan itu anatara lain:
  1. tidak boleh adanya pengeras suara atau speaker
  2. tidak boleh adanya suara musik yang keras terkecuali hanya terdengar pada tenda sendiri.
  3. tidak boleh membawa alat musik yang suaranya keras, tapi alat musik akustik masih diperbolehkan.
  4. dilarang membawa alat untuk karaoke serta memainkanya.
  5. dilarang membuat suara-suara yang dapat menggangu pengunjung di tenda lain.
Aturan ini diberlakukan karena apernah kejadian pengunjung membawa alat musik keras sehingga menggangu tenda sebelahnya serta bisa menghilangkan rasa campin itu sendiri, karena suara alam tidak terdengar. 

4. Harga Pineus Tilu Riverside Camping Ground

Setelah lelah mengelilingi semua sudut area wisata Pineus Tilu, ada baiknya menginap di villa atau tenda dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut rinciannya:

Camping
  • Weekdays Rp. 500.000/malam
  • Weekends Rp. 650.000/malam
Villa / Penginapan
  • Weekdays Rp.500.000 – Rp. 600.000 /malam
  • Weekends Rp. 600.000 – Rp. 700.000/malam
Catatan: Reservasi dahulu sebelum datang ke wisata ini karena persedian tempat terbatas.

5. Alamat Lengkap dan Contact Person

Lokasi wisata Pineus Tilu Riverside Camping Pangalengan berlokasi di Pulosari Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40378. Untuk lebih jelasnya bisa lihat Google Maps.

Jika menginginkan info lebih lanjut mengenai wisat ini serta ingin melakukan reservasi bisa langsung menghubungi pengelola melalui sosila medianya di instagram @pineustilu. Bisa di cek disana ya.

Nah, itulah informasi mengenai wisata Pineus Tilu Riverside Camping Pangalengan, yang merupakan salah satu wisata di Kabupaten Bandung Jawa Barat yang mempesona yang bisa loe coba. Rasakan sensasi back to nature yang bisa membuat pikiranmu tenang.

Terima Kasih.