Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Situ Bagendit Menjelma Menjadi Wisata Bertaraf Internasional Yang Lagi Happening di Garut


Situ Bagendit Menjelma Menjadi Wisata Bertaraf Internasional yang Lagi Happening. Ini bisa terjadi atas kerja sama seluruh stake holder, mulai dari Kementerian PUPR, Pemprov Jabar, Pemkab Garut dan masyarakat stempat.

Situ Bagendit menjadi salah satu wisata Jawa Barat yang berada di Kabupaten Garut yang sedang hits saat ini.

Garut memang saat ini menjadi salah satu daerah di Jawa Barat yang menjadi incaran wisatawan karena memiliki pesona alam yang indah.

Selain Bandung, Lembang, Subang, Sumedang, Cirebon hingga Tasikmalaya hingga, Garut menjadi incaran destinasi wisata untuk para wisatawan baik domestik ataupun asing.

Terdapat banyak kawasan wisata di Garut yang bisa dikunjungi salah satunya Situ Bagendit, yang baru saja selesai di revitalisasi.

Asal mula direvitalisasinya Situ Bagendit ini. Pada tahun 2019 saat kunjungan kerja ke Kabupaten Garut khusunya ke Situ Bagendit.

Saat itu Gubernur Jawa Barat Kang Emil (Ridwan Kamil) menyarankan dan meminta kepada Presiden RI Ir. H. Joko Widodo agar tempat wisata kebanggaan warga Garut itu dapat direvitalisasi sehingga menjadi wisata bertaraf internasional (kelas dunia).

Dalam pengelolaan juga, tempat wista Situ Bagendit ini bekerja sama antara pemerintahan pusat lewat Kementerian PUPR, Pemda Provinsi Jawa barat, dan Pemda Kabupaten Garut.

Adapun nilai kontrak pada revitalisasi Situ Bagendit sebesar Rp. 81,1 miliar dengan cakupan pembangunan seperti pembangunan pintu masuk, tempat parkir, tempat plaza, pelabuhan rekreasi, amfiteater, pujasera, mushola, dan bangunan pendukung yang lain.

Untuk keseluruhan tempat yang diperlukan pada tahapa pertama selebar 3,5 hektar, dengan panjang 6,7 km, dan pembangunan Pulau Nusa Kelapa selebar 2,3 hektar.

Sekarang, Pemerintahan Kabupaten Garut mengatakan jika revitalisasi Situ Bagendit sudah selesai 100 persen dan sudah disahkan oleh Presiden Joko Widodo

Revitalisasi Situ Bagdendit diharap bisa membuat para wisatawan baik lokal maupun asing semakin nyaman dalam nikmati kegiatan di tempat wisata ini.

Beberapa hasil revitalisasi dari yang dilakukan pemerintah adalah bertambahnya fasilitas yang tersedia di area wisata ini seperti tempat permainan air, tempat untuk bermain anak, tempat untuk kulineran dan cindermata dll.

Situ Bagendit berada di Jalan Raya Banyuresmi, Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, yang mempunyai luas 124 hektar. 

Situ Bagendit Menjelma Menjadi Wisata Bertaraf Internasional

Sekilas tentang Situ Bagendit

Asal nama Situ Bagendit berasal dari legenda yang dari dulu telah berdar di masyarakat. Dimana dulu ada seorang wanita yang bernama Nyai Endit yang tekenal sakti dan kaya raya, mempunyai banyak padi dilumbungnya. 

Namun, karena kekayaan tersebut wanita ini menjadi sombong dan enggan berbagi dengan masyarakat disekitarnya.

Bahkan saat ada seseorang yang meminta sedekah dia tidak memberinya. Malahan berpesta. Saat itulah masyarakat marah kepadanya.

Nah, saat itu datanglah seorang nenek-nenek yang akan menolong masyarakat tersebut dan ingin mengusir Nyai Endit dari kampung itu.

Tapi, Nyai Endit melawan dan tidak ingin di usir begitu saja. Pada akhirnya nenek itu memberikan tantangan untuk mencabut sebuah tongkat yang tancapkan nenek itu. 

Jika berhasil mencabutnya maka Nyai Endit tidaka akan diusir dari kampung itu.

Dengan sombongnya Nyai Endit mengatakan apa susahnya mengankat tongkat dengan sebelah tangan juga bisa.

Tetapi saat mau coba di angkat tidak bisa bahkan pengawalnya pun juga tidak bisa mencabutnya. Sedangkan oleh nenek itu begitu mudahnya tongkat itu dicabut bahkan dalam satu tarikan.

Ketika dicabut tongkatnya menyemburlah air yang begitu besar sehingga terjadi banjir yang membuat semua kekeyaan Nyai Endit terendam dan terbawa arus banjir.

Bagaimana dengan masyarakatnya? Apakah terbawa banjir? Tidak, karen sebelumnya oleh nenek itu masyaraktnya sudah diperingatkan untuk menyiapkan lesung yang difungsikan sebagi perahu untuk berlindung dari banjir.

Begitulah cerita singkat mengenai asal usul nama Siu Bagendit.

Terlepas dari legenda itu dan cerita mistisnya di masyarakat Garut. Namun, Situ Bagendit tetaplah Situ Bagendit yang mempunyai pesona yang indah dan menawan. Yang membuat siapapun ingin mengunjunginya.

Lokasi & Rute Munju Situ Bagendit

Lokasi wisata Situ Bagendit berlokasi di Banyuresmi Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Jika belum tahu bisa menggunakan bantuan dari aplikasi Google Maps untuk mecapai lokasi tersebut.

Situ Bagendit bisa di akses dengan mudah karena jalan menuju situ sudah bagus, baik untuk motor, mobil bahkan angkot.

Untuk pengguna angkutan umum bisa menggunakan angkot dari terminal Garut Kota yang mengarah ke Leuwigoong.

Jam operasional Situ Bagendit : Dibuka mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket Masuk 

Harga tike masuk yang disediakn pengelola adalah Rp. 5.000 per orang. Dengan biaya semurah itu kamu menikmati sepuasnya semua keindahan yang Situ Bagendit.

Sementara untuk biaya parkir pengelola merapkan harga yang berbeda. Untuk kendaraan roda 4 biaya parkirnya Rp. 10.000 dan untuk roda dua sebesar Rp. 5.000.

Sedangkan bagi yang berkunjung rombongan dengan menggunakan mobil travel atau bus dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 15.000.

For your info, biaya tiket masuk tidak termasuk biaya sewa fasilitas yang ada di area lokasi.

Aktivitas yang bisa Dilakukan di Situ Bagendit

Situ Bagendit yang pernah dijadikan lokasi syuting FTV dan Reality Show ini. Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan dikawan situ,diantaranya:
  • hunting photo keren dengan view situ, 
  • bermain sepeda air atau bebek-bekan, 
  • naik rakit, 
  • jajan di warung apung,
  • meyusuri semua sudut kawasan situ.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di area wisata Situ Bagendit sudah bisa dibilang lengkap, seperti area parkir memadai, sarana bermain lumayan banyak, warung makan dan cemilan, toilet dan tempat ibdah sudah lengkap tersedia.

Demikian informasi mengenai Situ Bagendit Menjelma Menjadi Wisata Bertaraf Internasional Yang Lagi Happening di Garut, sebagai rekomendasi healing saat liburan tiba.

Terimakasih.