Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Talaga Bodas Wisata Jawa Barat di Garut yang Mempesona Keindahannya


Talaga Bodas Wisata Jawa Barat di Garut yang Mempesona. Kawah ini merupakan salah satunya tujuan rekreasi alam yang mengagumkan dan menarik untuk dikunjungi.

Telaga ini adalah kawah vulkanik yang cantik dibarengi bukit-bukit hijau yang mengelilinginya sehingga membuat siapapun yang memandang akan terpesona akan keindahannya.

Jawa Barat memang juara dalam menyajikan beragam tujuan rekreasi menarik. Salah satu wisata Kabupaten Garut yaitu Talaga Bodas yang disebut-sebut surga tersembunyi di Garut. 

Nama Talaga Bodas tercipta karena warna air kawah yang membentuk telaga ini berwarna putih. Mirip seperti Kawan Putih yang ada di Bandung. 

Walaupun kegiatan vulkanik masih aktif, tetapi tidak tidak berbahaya bagi yang ingin mengunjunginya.

Talaga Bodas memiliki air yang mengandung belerang alami yang meyalurkan air ke 3 kolam air panas. Belerang bermanfaat untuk mengobati semua jenis penyakit kulit. 

Tempat talaga bodas dikepung oleh bukit-bukit hijau serta ditemani dengan udara sejuk ciri khas pegunungan. Penasaran dengan telaga ini. Simak pembahasanya.

Talaga Bodas Wisata Jawa Barat di Garut yang Mempesona

Sekilas Tentang Wisata Talaga Bodas

Objek wisata alam ini sebagai salah satu lokasi favorit untuk berlibur di Kabupaten Garut. Lokasinya tersembunyi cukup jauh dari pusat perkotaan dan mempunyai medan cukup terjal . 

Sekitar lingkungan telaga tetap terlindungi dan masih asri, tidaklah aneh jika tempat ini sebagai surga tersembunyi di Kabupaten Garut. Tanahnya subur sehingga pohin-pohon tumbuh subur dan rindang disini.

Menurut warga setempat Talaga Bodas tercipta secara alami karena letusan eksplosif dari Gunung Galunggung, hingga terbentuklah sebuah kawah. 

Selanjutnya kawah itu berisi oleh air dan blerang maka terbentuklah sebuah danau vulkanik yang cantik dan memepesona. 

Sekitar danau dikelilingi pohon-pohon rindang sehingga sepertin mengepung tempat kawah ini.
Dalam Bahasa Indonesia, kata talaga memiliki makna danau dan Bodas artinya putih. Karena itu, bila digabungkan Talaga Bodas memiliki arti Danau Putih.

Itu diwujudkan pada rupa danau kawah yang berwarna putih kehijauan yang berasal dari air belerang warna putih.

Tempat wisata ini pernah ditutup di tahun 2013, karena kecelakaan 3 orang wisatawan yang kecebur di kawah panas. Selanjutnya dibuka lagi namun sebentar dan ditutup kembali ke tengah tahun 2014. 

Pada saat itu ada kejadian di mana dua dusun mempersoalkan batasan daerah Talaga Bodas ini, karena wisata ini masuk ke dalam dua dusun.

Tetapi kasus itu sekarang telah diselesaikan oleh pemerintah setempat. Dan sekarang Telaga cantik ini dikelola oleh BKSDA Jawa Barat 2.

Yang menjadikan status tempat ini menjadi milik Kemeneterian Kehutanan (dulu Departemen Kehutanan) TWA Talaga Bodas Cianjur. Pengelolaann wisata ini secara resmi tertuang dalam SK Menteri Nomor 98/KPTS/1978.

Daya Tarik Talaga Bodas

Salah satu wisata alam punya Kabupaten Garut ini sukses menarik siapa saja yang melihatnya. Bagaimana tidak, panorama alam yang indah terlihat jelas seperti barisan bukit yang hijau, yang bisa membuat mata siapapun terbelalak.

Belum lagi sejarah terciptanya telaga ini yang berasal dari kawah Gunung Galunggung, yang erupsi beberapa ratus tahun lalu. Maka, para pelancong banyak yang penasaran datang karena ingin tahu bentuk sebenarnya telaga ini.

Talaga Bodas berlokasi di lereng gunung yang berada di ketinggian 1512 mdpl. Berdiri di atas tempat selebar 23,85 hektar dan bersebelahan dengan hutan dan pegunungan.

Talaga memiliki diameter 2 km, jadi dapat diperkirakan betapa luasnya luasnya area ini. Temperatur udaranya dingin, karena dibagian utara berbatasan dengan lereng Gunung Galunggung. 

Jika loe tiba di telaga ini saat pagi hari maka loe bisa menyaksikan kabut tipis yang menyelimuti talaga ini.

Tetapi dianjurkan untuk bertandang e tempat ini pada saat siang hari, karena loe bisa dengan jelas melihat kawah secara keseluruhan. 

Perjalanan menuju kawah memanglah tidak segampang yang dibayangkan, karena keadaan jalan cukup jelek, jalanya terjal dan berbukit. 

Tetapi, bagi masyarakat disana bukit yang mempunyai kemiringan cukup terjal itu digunakan untuk berkebun sayaur seperti tomat dan wortel.

Kendaraan cuma dapat sampai tempat parkir bawah, untuk menju area kawah loe harus berjalan kaki sekitar 1 km. 

Jika males jalan kaki bisa sewa motor cross yang biasa di sewakan warga sekitar. Tetapi untuk yang menyukai petualangan, jalan kaki merupakan hal biasa. Serasa sedang hiking sambil nikmati panorama hutan sekitar telaga.

Sebenarnya di Kawah Talaga Bodas masih ada kegiatan vulkanik, tapi tidak usah khawatir karena tidak berbahaya. Jikalau berbahaya pasti akan ada larangan. 

Malah menyalurkan sumber air panas yang dibendung untuk tiga kolam air panas alami. 
Dua kolam khusus anak-anak, dan satu kolam untuk dewasa. Kolam air panas ini memiliki temperatur yang relatif hangat sehingga nyaman untuk berendam.

Kabarnya air panas itu bermanfaat mengobati beragam penyakit kulit. Karena pada intinya kandungan belerang memang lumayan baik untuk kesehatan kulit, seperti kadas, kurap, panu, gatal-gatal, sampai ruam kemerahan. 

Bahkan juga bisa mengobati badan pegal-pegal, dengan berendam dikolam air panas ini otot yang tegang bisa nyaman kembali.

Sepanjang mata memandang, akan disajikan begitu indahnya panorama bukit-bukit, angin segar dan sejuk khas pegunungan menambahkan sensasi liburan yang semakin syahdu. 

Turis atau wisatawan akan terkagum-kagum dengan panorama kawah yang instagenic tersebut. 

Keseluruhannya tempat kawah ini seperti pantai yang berpasir putih. Airnya mengucur tenang dengan warna putih kehijauan.

Dengan background berbentuk gabungan pegunungan dan bukit-bukit hijau serta bentangan pohon pinus yang menambahkan nilai plus dari keelokan telaga ini.

Ini membuat para fotografer menyukainya dengan menampilkan landskapnya keindahan Talaga Bodas ini.

Alamat dan Rute yang Dilalui 

Talaga Bodas yang eksotik ini berada di Desa Sukamenak Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

Lokasinya lebih kurang 21 km jika dari Terminal Garut. Jika naik kendaraan pribadi kira-kira jarak tempuhnya sekitar40 menitan dengan akses jalan lumayan baik tetapi tetap ada yang berlubang, jadi hati-hati ya.

Bila dari arah Tasikmalaya, ambil lajur Jalan Raya Cisayong yang panjang jalurnya sekitar 29 km, dan melalui Kecamatan Ciawi akan memakan waktu 1,5 jam perjalanan. 

Tetapi jika pergi dari Bandung, pakai lajur menuju Garut yang mengarah ke Wanaraja. Bisa lewat Limbangan menuju arah ke Cibatu dan baru akan sampai ke Wanaraja.

Dari pertigaan Alun-Alun Wanaraja, belok ke kanan jika kamu dari arah Garut, atau belok ke kiri jika kamu dari arah Cibatu. 

Bila naik angkot dari Terminal Guntur bisa mengambil angkot jalur Garut-Wanaraja. Lalu naik ojek untuk sampai lokasi, lalu jalan kaki untuk turun ke tempat kawah Talaga Bodas.

Harga Tiket Masuk 

Untuk masuk wisata Talaga Bodas, untuk turis lokal tiketnya 5 ribu rupiah saat hari biasa (weekdays) dan 8 ribu rupiah pada hari libur dan weekend. 

Dan untuk turis luar negeri harga tiket masuknya 100 ribu rupiah untuk weekday, dan 150 ribu rupiah khusus weekend. 

Sedangkan untuk biaya parkir dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah untuk roda dua (motor) dan 10 ribu rupiah untuk roda empat (mobil). 

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Talaga Bodas

1. Kegiatan Trackking dan Hiking

Seperti yang telah dijelaskan di atas untuk menggapai lokasi Takaga Bodas jalannya cukup terjal jadi lumayan sulit hanya bisa sampai area parkir. 

Untuk menyiasati hal tersebut bisa dilakuakan dengan ojek warga setempat atau berjalan kaki sekalian hiking.

Jika ingin jalan kaki, jalur yang dilalui lumayan jauh bisa mencapai waktu 1 jam maka persiapkan fisik yang kuat. Dan hati-hati saat berjalan karena banyak lubang dan licin. 

Namun, cape kalian akan terobati ketika samapai lokasi Talaga Bodas, karena pas sampai lokasi akan disguhi pemandangan indah dan memepsona dari danau kawah Talaga Bodas.

2. Telusuri Tempat Wisata

Ketika sampai di lokasi wisata, wisata langsung disuguhi panorama indahnya Talaga Bodas. Bisa kamu telusuri lokasi ini tapi jangan sampai terlalu dekat dengan kawah karena bisa bahaya. 

Selain itu, tidak boleh minum atau berenang di kawasan danau ini karena airnya dalam. Wisatawan cuma dibolehkan nikmati keelokan alam hanya disekitaran sekitaran talaga saja. 

3. Berendam di Kolam Air Panas

Tengoklah ke samping kanan sebelah kawah ada 3 kolam terbuka untuk berendam di air panas. 2 kolam khusus untuk anak-anak, dan 1 kolam lagi khusus untuk orang dewasa.

Sumbernya airnya langsung dari belerang yang ada di kawah, tetapi telah lewat proses filtrasi. Temperatur airnya hangat jadi sanagat nyaman untuk merendam diri di tengah-tengah udara yang dingin.

4. Hunting Photo

Talaga Bodas yang mempunyai Lanscape alamnya benar-benar instagramable, maka tidaklah aneh jika lokasi ini lebih banyak didatangi oleh anak muda untuk sekedar berfoto dengan view Talaga Bodas untuk di posting di sosial media mereka atau Photo Prewedding dengan harga 250 ribu rupiah.

5. Bertandang ke Pancuran 7

Tidak cuma kolam air panas saja yang penting untuk didatangi, tetapi ada pula pancuran 7 yang wajib kamu coba karena masyarakat sekitar memepercayai air ini dapat membawa berkah. Lokasinya dekat tempat parkir sekitar kurang lebih 1 km. 

6. Menyaksikan Cantiknya Gunung Sadahurip

Sebenarnya menikamti Gunung Sadahurip bukanlah dari dalam lokasi Talaga Bodas namun sebelum masuk ke area lokasi. 

Jadi, kamu bisa berhenti dulu dijalan sebelum lokasi talaga dan berfot ria dengan view Gunung Sadahurip. 

Kabarnya gunung Sadahurip merupakan Piramida Purba terbesar dan akan selalu jadi legenda di Kabuapten Garut ini.

Sarana yang Ada di Talaga Bodas

Sarana di lokasi wisata ini sudah mencukupi, seperti area parkir luas, kamar mandi basuh yang terpisah anatara laki-laki dan perempuan, jasa foto jika mau, mushola serta warung makan dan camilan yang bisa dimanfatkan. 

Jadi, menarikan berwisata di Talaga Bodas ini. Aril saja pernah wisata ke lokasi ini masa kamu engga! Yuk, berwisata di Garut.

Demikian informasi mengenai Talaga Bodas Wisata Jawa Barat di Garut yang Mempesona  Keindahannya dan instagramable ini. 

Terima kasih.