Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan Bandung Jawa Barat, Kece Parah


Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan Bandung Jawa Barat, letak geografisnya terletak di Desa Rahong Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Ini merupakan salah satu Wisata Jawa Barat yang wajib kamu kunjungi.

Ada beberapa informasi terbaru yang harus anda ketahui mulai Harga Tiket, Alamat lengkap lokasi, Jalur/rute jalan menuju  ke lokasi, Jam Operasional Wisata, Sarana yang tersedia di wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan Bandung Jawa Barat.

Beberapa aktifitas permainan yang menarik yang bisa anda lakukan disini antara lain bermain flying fox, paint ball, off road, camping ground, outbond dan spot foto yang menarik dan instagramable.

Daerah Pangalengan menjadi salah satu tujuan wisata Jawa Barat yang keren dan menarik bagi para pelancong yang ingin liburan di daerah Kabupaten Bandung Jawa Barat. 

Memiliki zona  kurang lebih seluas 4,5 hektar, Pangalengan ini memiliki 6 klaster yang memiliki aneka ragam kegiatan dan bermacam-macam panorama alam yang indah seperti dari hutan pinus sampai Sungai Palayangan.

Hutan Pinus Rahong Pangalengan Bandung Jawa Barat selama ini difungsikan sebagai daerah resapan air, selain itu difungsikan pula secara komersil dengan cara memproduksi getah pinus untuk kebutuhan industri maupun kesehatan.

Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan

1. Alamat Lengkap Lokasi Wisata


Hutan Pinus Rahong Pangalengan Bandung Jawa Barat berlokasi di Desa Rahong Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung Jawa Barat. 

Lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya Pangalengan dekat Dampulo Situ Cileunca tinggal belok saja ke jalan Gambung. 

Kalau rute dari daerah Bandung belok kanan ke jalan Gambung sedangkan dari daerah Garut belok kiri. Ikuti saja jalan ini selang beberapa menit akan sampai di Hutan Pinus Rahong. 

Di tandai dengan terlihatnya sebagian wahana permainan yang tersedia.

Bagi yang gak mau repot gunakan saja aplikasi Google Maps, karena lokasi wisata ini sudah terdaftar di Google Maps yang mempermudah pencarian lokasi Hutan Pinus Rahong Pangalengan ini.

2. Rute/Jalan Menuju Lokasi Wisata

Rute menuju lokasi wisata  Hutan pinus Rahong dari Bandung sangatlah mudah, salah satunya dengan menggunakan Paket Wisata Bandung Selatan dengan cara menyewa jasa Bus Pariwisata Bandung atau Rental Mobil Bandung.

Dengan menggunakan jasa ini semakin memudahkan para turis yang berwisata ke Hutan Pinus Rahong karena telah ada supir yang sudah paham rute ini lengkap dengan tour guide juga.

Tapi jika tidak ingin menyewa atau rental kendaraan bisa pula menggunakan kendaraan milik sendiri baik motor atau mobil, ikuti saja jalan dari bandung yang menuju Pangalengan.

Setelah sampai di Pangalengan bila masih belum tahu lokasinya bisa bertanya kepada orang ataupun gunakan Google Maps.

Ikuti saja jalan dari pusat kota Pangalengan sampai mendekati Situ Cileunca dengan jarak tepuh kira-kira 9 KM,  kemudian berhentilah dipertigaan jalan menuju Situ Cileunca (ke kanan) dan Jalan Gambung (ke kiri).

Untuk menju lokasi wisata Hutan Pinus Rahong beloklah ke kanan jalan menuju Gambung-Ciwidey, ikuti saja jalan ini sampai menemui jalan yang penuh dengan pohon pinus dan sekelilingnya kebun teh sebagi pintu gerbangnya.

Disinilah lokasi Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan Bandung Jawa Barat yang ingin kamu kunjungi.

Perjalanan dari Kota Bandung Jawa Barat ke Pangalengan bisa ditempuh dengan waktu kurang lebih satu setengah jam baik menggunkan motor atau mobil serta akses jalan yang baik.

Udara yang begitu sejuk terasa bahkan cenderung dingin jika kita berkunjung ke Pangalengan, itu dikarenakan Pangalengan lebih tinggi letaknya dari pada Bandung.

3. Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan wisata Hutan Pinus ini  sebenarnya tidak dipungut biaya alias gratis, tapi hanya membayar biaya parkir kendaraan. Untuk roda dua sebesar 5.000 dan untuk mobil 10.000.

Pertimbangkan pula jika anda mau datang ke wisata ini harus membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, karena jarang warung makan hanya pedang-pedagang jajanan kecil saja.

4. Jam Operasional 

Jam operasional wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan Bandung ini buka setiap hari selama 24 jam, tapi akan ramai  denagn para wisatawan  sekitar mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

5. Fasilitas yang Tersedia di Area Wisata 

Beberapa fasilitas wisata yang tersedia di Hutan Pinus Rahong seperti :

  • Tempat Family Gathering

Di Hutan Pinus Rahong bisa digunakan sebagai tempat Family Gathering. Family Gathering adalah salah satu dari kegiatan outbound yang bisa dilakukan di sekitar Hutan Pinus Rahong di Pangalengan.

Bila ingin menggunakan paket ini tinggal hubungi saja pihak penyelaggara dari peyedia jasa ini. 

  • Tempat Wisata Outbound 

Kawasan Hutan Pinus Rahong Pangalengan ini terdapat banyak fasilitas kegiatan outbound seperti kegiatan downhill, trekking, pint ball, archery war, flying fox, tea walk hingga off road. Dijamin asik deh liburan disini.

  • Camping Ground di Bandung Selatan

Hutan Pinus Rahong menjadi salah satu rekomendasi yang cocok digunakan untuk tempat camping bersama teman-teman dengan menikmati pemandangan dan suasana alam yang masih asri serta menikamti malam yang dingin ditemani bintang-bintang yang indah. 

  • Arung Jeram (Rafting)

Rafting atau arung jeram menjadi alternatif wisata di Hutan Pinus Pangalengan. Yang pastinya seru dan menarik.

Rafting di Pangalengan Bandung  dimulai dari Situ Cileunca dengan rute melewati sungai Palayangan, dengan perahu karet serta ditemani pemandangan indah ketika melintasi sungai tersebut.

Dan di Hutan pinus Rahong menjadi tempat finish bagi para pengguna arung jeram (rafting) tersebut, yang nantinya para peserta akan dibawa pulang lagi menggunakan mobil pikc up untuk perjalan pulangnya.

  • Kampung Singkur Pangalengan 

Salah satu area yang menarik di tempat wisata ini adalah Kampung Singkur. Disin terdapat beberapa wahan yang menarik untuk anda coba seperti river tubing, tempat kemah, wahana tangkap ikan untuk anak dll. Dengan harga tiket masuk yang patok penyelenggara adalah 10.000 per orang. 

  • Camping Ground Tapak Tiara

Di Hutan Pinus Rahong Pangalengan selain meyediakan camping ground yang bernama camping ground Tapak Tiara, beberapa fasilitas yang tersedia disini flying fox, painball batle, papan panjat, hiking track dan rest area.

Demikian, informasi mengenai Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan Bandung Jawa Barat, yang bisa menjadi rekomendasi destinasi wisatmu. 

Dijamin kece dan jangan lupa abadikan dengan berfoto di spot yang yang menarik ya dan upload di sosial mediamu.

Terima kasih.