Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Permainan Anak PAUD dan TK Yang Mendidik Tapi Menyenangkan

11 Permainan Anak PAUD dan TK Yang Mendidik Tapi Menyenangkan

11 Permainan Anak PAUD dan TK Yang Mendidik Tapi Menyenangkan
- Mendidik anak saat masih usia dini (PAUD dan TK) harus dilakukan dengan tepat dan akurat, karena dusi mereka tingkat kebosanannya cukup tinggi.

Anak PAUD dan TK gampang sekali berasa jemu dan bosan saat belajar sehingga jika anda seorang guru harusnya mempunyai strategi atau metode belajar yang menyenangkan.

Salah satu cara yang efektif dan efisien untuk mendidik anak PAUD dan TK yaitu dengan cara memakai media permainan anak yang menyenangkan.

Anak PAUD dan TK akan semangat bila dibawa bermain. Maka dari itu, belajar dengan media permainan akan membuat anak dapat belajar sambil bermain. Karena diusia mereka pikirannya hanya ingin bermain.

Nah, karena hal tersebut maka admin akan mengulas mengenai permainan anak PUAD dan TK yang meyenagkan tpi mendidik.

Berikut ini ada 11 permainan anak yang mendidik namun menyenangkan untuk anda coba terpkan terhadap anak PAUD dan TK.

11 Permainan Anak PAUD dan TK Yang Mendidik Tapi Menyenangkan

1. Atur Balok

Permainan atur balok dapat menolong latih kekuatan motorik dan langkah berpikir sang anak. Disamping itu, atur balok dapat menjadi fasilitas untuk mengenalkan bermacam warna dan bentuk balok pada anak.

2. Memberi warna

Memberi warna menjadi permainan yang membahagiakan dan meyenangkan bagi anak. Kemudian pakailah media yang tidak menjemukan bagi anak misalnya seperti menggunakan cat air atau potongan buah belimbing dan lain-lain. Pokonya gunakan media yang lain dari yang lain.

3. Permainan Tepuk Tangan

Permainan anak yang mendidik lainnya adalah permainan tepuk tangan. Tepuk tangan merupakan metode pembelajaran bagi anak PAUD dan TK yang paling gampang dilakukan namun penagruhnya cukup besar. 

Permainan ini dapat menolong sang anak dalam melatih koordininasi pergerakan tangan anak.

4. Memasangkan Benda

Permainan memasangkan benda menjadi satu diantara yang dapat mempertajam kekuatan berpikir anak. 

Misalkan, pakai beberapa macam benda selanjutnya meminta anak untuk memasangkannya satu sama lain seperti sepatu dengan kaos kaki atau sendok dengan garpu dan lain-lain.

5. Lempar Tangkap

Mengajak anak bermain lempar tangkap fungsinya baik sekali untuk melatih kekuatan motorik anak. 

Disamping itu, permainan ini bisa juga membuat badan anak jadi lebih fit karena akan menegluarkan keringat dan itu akan bagus bagi tubuh anak.

6. Membuat Puzzle

Permainan membuat puzzle baik untuk meningkatkan kekuatan berpikir anak. Diawal pakai puzzle yang sederhana saja untuk melatih kekuatan sang kecil baru selanjutnya tambahkan  gambar yang lebih sulit secara perlahan-lahan. Sehingga kemampuan berfikir anakpun akan meningkat.

7. Melipat Kertas

Permainan melipat kertas (origami) merupakan media untuk melatih kekuatan motorik dan kreasi anak. Banyak bentuk yang bisa dibuat dari permainan ini seperti membuat burung, bunga, perahu, kapal-kapalan dan bentuk lainnya yang menarik.

8. Bermain Bongkar Pasang

Permaianan bongkar pasang merupakan salah satu metode yang dapat menolong melatih kepandaian atau kepintaran anak. 

Biarkan anak membedah mainannya sendiri atau disediakan oleh sekolah selanjutnya mainan itu harus dipasang kembali sehingga menjadi bentuk seperti semula.

9. Menyanyi Bersambung

Permaian menyanyi bersambung secara berkelompok bisa membuat anak PAUD atau TK akan menyukainya. 

Pakai beberapa lagu anak yang mudah diingat untuk dinyaikan serta dengan lirik yang ccocok untuk anak seusia mereka.

Permainan ini dapat melatih anak dalam hal kekopakan denga temannya yang sekelompok. Jika chemistrynya bagus pasti anak-anak tersbut akan berhasil meyelsaikan permainan ini

10. Menyusun Menara

Permainan membuat menara bisa menjadi sauatu hal yang baik untuk dilaksanakan bersama anak PAUD dan TK. 

Pakai balok-balok atau benda lainnya yang kira-kira bisa disusun seperti menara dan mintalah anak tersebut menyusunya menjadi sebuah menara yang tinggi. 

11. Bermain Lego

Bermain lego bisa jadi menjadi salah satu metode belajar yang menyenagkan bagi anak PAUD dan TK. Sediakan anak-anak legonya dalam keadaan belum tersusun dan biarkan anak berimajinasi sendiri akan menjadi bentuk seperti apa dari lego-lego yang telah disediakan tersebut.

Cara ini bagus buat anak untuk melatih mengeluarkan imajinasi yang ada dipikaran sang anak serta melatih motoriknya tetang bagaimna car berfikir cepat dan membuat keputusan.

Nah itulah, 11 Permainan Anak PAUD dan TK Yang Mendidik Tapi Menyenangkan. Dengan beberapa referensi metode di atas semoga membantu apalagi jika anda seorang Guru.

Lakukan semua permainan-permainan tersebut secara berganti-gantian disetiap harinya supaya anak PAUD dan TK tersbut tidak jemu dan bosan.

Dengan begitu anak PAUD dan TK tersebut terus mendapat pengalaman dan pengetahuan baru setiap harinya dari permainan yang telah anak tersebut lakuan.

Saat usia PAUD dan TK berdasarkan pengamatan admin memang metode belajar melalui permainan merupakan hal yang paling disukai dan ampuh serta gampang diingat oleh anak-anak.

Karena admin juga pernah mendengar anak usia PAUD dan TK bernyanyi-nyanyi ketika dirumahnya, ini menandakan dengan metode bermain khusunya bernyanyi cepat sekali masuk dan mudah diingat bahkan hari itu juga sesudah pulang dari sekolah masih ingat.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.