Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Edit Data Rinci PTK di Simpatika Agar Sesuai dengan Data Terbaru untuk Insentif GBPNS 2022 (S12b)


Cara Edit Data Rinci PTK di Simpatika - SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Kemenag adalah website/situs khusus untuk pendataan Madrasah mulai dari Madrasah itu sendiri, Guru dan juga siswa madrasah.

Semua pendataan di Madrasah tergantung dari di Simpatika, apalagi data guru yang sudah tersertifkasi. Simatika sangat penting bagi mereka yang sudah sertifikasi. 

Kenapa? Jika Simpatika-nya tidak benar maka bisa dipastikan pencairan honor sertifikasi tidak akan cair, karena di Simpatika data satu sama lain saling berhubungan.

Selain kebenaran data, absensi juga harus full masuk di simpatika, jikalau diperbolehkan hanya 3 hari saja, kalau lebih dari itu, tidak akan cair sertifikasinya.

Selanjutnya, siswa yang diampu bagi Guru yang sudah sertifikasi itu harus 15 siswa per rombelnya dengan jumlah jam 24 JTM. Jika kurang maka sertifikasinya tidak akan cair juga.

Untuk Guru Kelas berarti untuk 1 kelasnya minimal punya 15 siswa maksimal lebih. Untuk Guru Mata Pelajaran juga sama minimal punya 15 siswa dari rombel yang diampu.

Misalkan di madrasah tersebut hanya ada 3 rombel maka minimal siswa seluruhnya itu 45 siswa. Jadi, 45 siswa bagi 3 rombel berarti 15 siswa. Begitupun seterusnya. 

Intinya, jumlah seluruh siswa bagi rombel dan hasilnya harus 15 siswa atau lebih, kalau lebih semakin baik. Lebih banyak siswa dan rombel makin bagus juga untuk Guru yang sertifikasi. Mereka tidak akan kekeurangan Jam Tatap Muka (JTM) dan kurang siswa.

Informasi terbaru, selain untuk keperluan Guru data madrasah dan Guru sertifikasi. Ada himbauan dari Simpatika untuk memperbaiki data rinci PTK terkait Pendataan Insentif GBPNS.

Nah bagi anda yang belum tahu cara mengedit data rinci di Simpatika, simak caranya pada bahasan dibwah ini.

Cara Edit Data Rinci PTK di Simpatika

Adapun Cara Edit Data Rinci PTK di Simpatika Agar Sesuai dengan Data Terbaru untuk Insentif GBPNS 2022 (S12b), sebenarnya bisa dilakukan oleh PTK sendiri tanpa bantuan Operator madrasah. Asalkan akun Simpatika-nya hapal (user dan password). 

Jika belum tahu akunnya tinggal tanyakan pada Operator sekolahnya masing-masing karena edit data rinci adanya di akun PTK masing-masing bukan di Akun Kepala yang mencakup semua pendataan. 

Cara edit data rinci PTK di Simpatika (S12b) adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs Simpatika,
  2. Klik Log in dan Klik Log in PTK,
  3. Masukan user (biasanya NUPTK atau Peg ID) dan password yang telah dibuat saat pendaftaran di Simpatika,
  4. Kemudian anda akan masuk ke akun Simpatika anda yang didalamnya terdapat banyak menu pendataan pribadi kamu di menu Fortopolio,
  5. Pilih salah satu data yang ingin di edit datanya mulai dari Biodata, Keluarga, Riwayat Pegawai,  Pendidikan, Karir, Diklat dan Sertifikasi,
  6. Jika data yang salah adalah Biodata maka klik biodata dan edit sesuai dengan data yang terbaru, mislakan NIK, email, dan nomor ponsel,
  7. Cara edit Biodatanya klik gambar pensil pada tiap data yang ingin di edit lalu perbaiki datanya,
  8. Jika sudah yakin dengan data baru, klik Simpan Perubahan,
  9. Selanjutnya klik Jadikan Permanen,
  10. Lalu akan muncul pernyataan Perubahan Data dan ceklis pada kotak yang disediakan,
  11. Kemudian klik Setuju dan Cetak Ajukan (s12b),
  12. Cetak Ajuan dalam bentuk PDF supaya nantinya dapat diarsipkan,
  13. Berikan Ajuan Perubahan Data Rinci (S12b) kepada Operator Kabupaten untuk di proses,
  14. Cek kembali Akun Simpatika kamu untuk melihat perubahan data tersebut. Jika sudah berubah berarti Perubahan Data Rinci PTK selesai.
Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:
Cara Edit Data Rinci PTK di Simpatika

Cara Edit Data Rinci PTK di Simpatika
Cara Edit Data Rinci PTK di Simpatika

Demikian Cara Edit Data Rinci PTK di Simpatika Agar Sesuai dengan Data Terbaru untuk Insentif GBPNS 2022 (S12b) yang bisa anda praktikan dengan mudah dan praktis.

Semoga dengan adanya informasi perubahan data rinci di SIMPATIKA untuk pendataan Insentif GBPNS ini dapat mempercepat proses pencairannya. Yang selama ini ditunggu-tunggu oleh Guru Honorer di seluruh Indonesia terutama Guru Madrasah.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.