Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Ajukan dan Cetak S25a di SIMPATIKA Kemenag


Cara Mudah Ajukan dan Cetak S25a di SIMPATIKA Kemenag
- SIMPATIKA (Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Kemenag seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya merupakan laman khusus untuk pendataan Madrasah,Guru dan juga siswa di Madrasah. 

Simpatika sangat penting bagi Madrsah karena semua pendataan berawal dari Simpatika. Apalagi pendataan yang menyangkut tunjangan. Seperti TPG (tunjangan Profesi Guru) dan Insentif Guru Bukan PNS (GBPNS). Semua itu harus melalui Simpatika dahulu.

Ada data dan terdaftar aktif di Simpatika setiap semesternya berarti kita bisa mengajukan baik pendaftaran Sertifikasi maupun pengajuan Insentif.

Yang sedang hangat-hangatnya saat ini yaitu pendaftaran sertifikasi jalur PPG yang sedang dinantikan oleh semua guru madrasah yang terdaftar di Simpatika termasuk saya sendiri, namun sayang belum lolos seleksi administrasi. Jadi, belum ada undangan pre test.

Memang sertifikasi sangat diharapkan bagi semua guru di madrasah terutama bagi yang masih honorer, karena terkait kesejahteraan.

Selama menjadi honorer memang kesejateraan sangat jauh dari kata layak bahkan tidak cukup, karena banyak sekali biaya untuk kebutuhan keluarga yang harus dikeluarkan sedangkan pendapatan minim 

Itu terjadi pada diri sendiri, mungkin teman-teman nasibnya lebih baik atau lebih buruk diluar sana sebagi honorer.

Nah, salah satu jalan untuk mendapatkan kesejateraan itu dengan mengikuti sertifikasi, karena honor yang didapat lumayan besar dan tetap. Untuk orang kampung seperti saya uang sertfikasi honor reguler saja yang 1,5 juta sudah lumayan cukup untuk memenuhi kebutuhan apalagi yang ipassing.

Tapi itu hanya angan-angan saja, tidak tahu kapan terelisasi karena setiap pendaftaran tidak masuk melulu. 

Walaupun begitu kita tidak boleh patah arang terus bekerja demi keluarga Insya Allah kita akan diberi kemudahan dalam mencari rezeki. Amiin.

Kembali kepada pemabahasan, pendataan di Simpatika itu sistematis, berhubungan satu sama lainnya. Jika belum selesai pendataan sebelumnya maka pendataan seanjutnya tidak bisa dilakukan.

Mulai dari pengaktifan kartu setiap guru yang bisa dicetak masing-masing atau oleh operator, kemudian S25a Pengajuan Kolektif Guru oleh kepala, kemudian S29a (SKMT), S29d (SKBK), S35 (absensi PTK) terutama bagi PTK yang sudah sertifikasi, dan S36 (SKAPT) untuk pencairan sertifikasi. 

Semua data itu tidak bisa dicetak jika salah satunya tidak dikerjakan dan data paling awal yang harus dikerjakan adalah pendataan guru secara kolektif atau S25a oleh kepala. Jika selesai S25a maka pendataan selanjutnya bisa dilakukan.

Bagi anda yang belum tahu cara menajukan dan mencetak S25a bisa ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Mudah Ajukan dan Cetak S25a di SIMPATIKA Kemenag

Sebelum mengajukan S25a ada beberapa hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu, karena jika hal ini tidak dilakukan maka pengajuan S25a tidak akan bisa dilakukan. Hal tersebut adalah:
  1. Seluruh Guru yang aktif di Simpatika harus dalam keadaan aktif dalam semester itu. Caranya dengan mencetak kartu  keaktifan dari akun Simpatika masing-masing guru.
  2. Mengatur jadwal pelajaran di Simpatika, bisa dilkaukan di menu Madrasah ⇒ Jadwal ⇒ Kalender Akademik ⇒ Lihat Jadwal Mingguan. 
  3. Mengatur siswa per kelas di Simpatika, bisa dilakukan di menu Siswa & Alumni ⇒ Siswa ⇒ Daftar Siswa ⇒ Upload Data Siswa Terbaru. Untuk mengisi data siswa bisa manual satu persatu atau bisa dengan cara Upload. Cara Upload adalah cara terbaik karena semua siswa bisa langsung masuk dalam sekali klik asalkan file excell terisi dengan baik, setelah di upload atur kelas masing-masing siswa.
  4. Mengatur Wali kelas, bisa dilakukan di menu Madrasah ⇒ Daftar Kelas ⇒ Pilih Kelas yang ingin di isi Wali Kelas ⇒ Edit Kelas ⇒ Pilih Nama Wali Kelas ⇒ Simpan Perubahan.
  5. Mengisi jam kerja GTK di Simpatika, bisa dilakukan di menu Madrasah ⇒ Jadwal ⇒ Kalender Akademik ⇒ Lihat Jam Kerja. 
Nah, jika semua data di atas telah selesai dikerjakan maka pengajuan S25a baru bisa dilakukan. Adapun jika ada kekurangan nantinya pada menu ajuan Verval S25a akan ada pemberitahuan mana saja yang belum selesai. Jadi lebih mudah mengerjakannya.

Tahap selanjutnya adalah pengajuan S25a (pengajuan kolektif seluruh Guru di Madrasah tersebut oleh Kepala).

Adapun Cara Mudah Ajukan dan Cetak S25a di SIMPATIKA Kemenag yaitu sebagai berikut:
  1. Buka laman simpatika,
  2. Klik Log In dan pilik Log In PTK,
  3. Masukan User Name dan Password (Akun Kepala Madrasah),
  4. Maka kita akan masuk ke dalam akun Simpatika Kepala Madrasah tersebut kemudian pilih menu Keaktifan,
  5. Ajukan Verval, 
  6. Cetak pengajuan S25a,
  7. Berikan ajuan S25a ke Operaator Simpatika Kabupaten, 
  8. S25a bisa berupa hard copy yang sudah di tanda tangani guru atau file PDF saja via WA (tergantung perintah dari Operator Kabupaten) karena yang dibutuhkan hanya kode yang tertera pada S25a bagian awal,
  9. Selesai. Ajuan S25a telah di setujui Kabupaten di tandai dengan bisa dicetaknya kartu Kepala Madrasah.
Nah itulah Cara Mudah Ajukan dan Cetak S25a di SIMPATIKA Kemenag yang bisa anda coba. Namun anda semua para operator madrasah atau Guru saya yakin sudah bisa melakukannya. 

Namun tidak ada salahnya jika kita saling berbagi ilmu, siapa tahu bisa membantu anda dalam menyelsaikan masalah yang terjadi ketika melakukan pendataan di SIMPATIKA.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.