Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Terbaru Cek dan Tambah Usulan Online Penerima Bansos [BLT BBM 2022] Lewat Ponsel

Cara Terbaru Cek Online Penerima Bansos BLT BBM 2022

Cara Terbaru Cek dan Tambah Usulan Online Penerima Bansos - Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia akan segera menggulirkan macam-macam (Bansos) tahun 2022 ini

Yang terbaru akan digulirkan adalah Bansos BLT BBM, sebagai dampak melonjaknya harga BBM yang baru-baru ini mengalami kenaikan sangat signifikan.

Bantuaan sosial yang akan sebentar lagi akan cair mungkin beberapa minggu kedepan. Maka bagi masyarakat yang ingin mengetahui bahwa dirinya termasuk penerima bansos bisa mengeceknya langsung secara online melalui HP.

Macam-macam bansos bisa dicek melalui HP seperti PKH (Program Keluarga Harapan), BPNT, KKS dan BLT BBM juga bisa dicek secara online. 

Sedangkan jika ingin daftar menjadi bagian dari penerima bansos seperti PKH, BPNT, dan KKS harus melalui proses offline dari mulai tingkat RT sampai pusat, yang terpadu dengan data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Kemudian, cara mengtahui bahwa anda terdaftar atau tidak sebagai penerima bansos bisa cek melalui website resmi Kemensos di laman https://cekbansos.kemensos.go.id/. Disini bisa cek PKH, BPNT, KKS dan bansos lainnya lain-lain. 

Cara Daftar Bansos 2022 (PKH, BPNT, KKS) di DTKS Kemensos

Sebelum masuk daftar bansos dan masuk data DTKS masyarakat harus daftar dahulu atau didaftarkan melalui pendaftaran DTKS secara offline.

Dengan pendataan mulai dari tingkat RT sampai divalidasi oleh pusat sebagai penerima manfaat bansos.

Adapun cara daftar bansos seperti PKH, BPNT atau KKS bisa ikuti panduanya berikut ini:
  1. Siapakan eKTP dan KK.
  2. Datang ke kantor Desa/Keluraha untuk mendaftar sebagai penerima DTKS Kemensos atau bisa juga dikolektif oleh RT/RW dengan membawa data yang layak mendapat bansos.
  3. Pihak Desa/kelurahan bermusyawarh untuk mengevaluasi data pendafytar baruapakah layak atau tidaknya masuk sebagai penerima manfaat DTKS Kemensos.
  4. Hasil musyawarah DTKS selanjutnya akan dimuat dalam berita acara dengan lampiran sleuruh penerima DDTKS baru yang ditanda tangani oleh Kepala Desa dan yang terlibat didalamnya
  5. Dinas Sosial akan meberikan berita acara untuk memverifikasi dan memvalidasi datan secara lengkap melalui kunjungan ke rumah penerima DTKS 
  6. Apabila sudah diverifikasi dan divalidasi oleh Dinas Sosial, operator Desa/Kecamatan harus menginput data DTKS tersebut pada Aplikasi Info Kesejahteraan Sosial
  7. Selanjutnya, Dinas Sosial akan memproses verifikasi dan validasi, yang natinya akan dan dilaporkan kepada Bupati/Walikota.
  8. Kemudian Bupati/Wali kota akan menyampaikan hasil verifikasi dan validasi menegani data DTKS Kemensos kepada Gubernur untuk disahkan untuk dilanjutkan ke Kemnetrian Sosial.
  9. Data calon penerima bansos PKH dan Kartu Sembako (BPNT) yang udah sudah lengkap, dan sudah ada data yang berhak menerimanya selanjutnyaakan diberikan ke Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) untuk diproses.
  10. Jika terdftar maka ajuan anda akan diterima dan mnerima bansos dari pemerintah.
  11. Dan khusus untuk Kartu Sembako, jika terpilih sebagi penrima manfaat maka akan rekening Bank serta diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), yang akan diberikan oleh pihak Desa/Kelurahan.
Itulah tahapan jika ingin mendapatkan Bansos dari pemerintah, baik itu Bansos PKH, BPNT atau KKS, cukup ribet prosesnya harus mulai dari bawah setingkat RT/RW sampai ke pemerintah pusat. 

Tapi, sekarang untuk pendataan DTKS sudah ada pendampingnya agar data penerima manfaat lebih akurat dan tepat sasaran.

Namun, jika anda masuk dalam daftar penerima manfaat akan senang juga kan baik yang mengsuslkan mauoun yang diusulkan. Apalagi anda merupakan warga yang layak untuk menerima manfaat DTKS tersebut.

Cara Terbaru Cek dan Tambah Usulan Online Penerima Bansos 

Setelah kta mengetahui cara menegecek dan dan mendaftar bansos secara offline. Selanjutnya ketahui juga cara daftar bansos online 2022 di DTKS lewat aplikasi Cek Bansos. 

Apliaksi ini bukan hanya berfungsi untuk menegcek penerima bansos saja tapi juga bisa mengajukan penerima bansos baru secara mandiri melalui online via HP. Terutama untuk bansos BLT BBM.

Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengajukan penerima bansos di aplikasi Cek Bansos, adalah:
  1. Download Apliaksi Cek Bansos di Play Store
  2. Install aplikasi Cek Bansos.
  3. Kemudian buat akun baru dan isi data-data yang diperlukannya.
  4. Jika sudah Log in ke aplkasi Cek Bansos dan akan ada notifikasi bahwa anda sebagai penerima Bnasos atau bukan.
  5. Klik menu daftar usulan untuk daftar diri atau keluarga
  6. Isi data yang harus diberikan seperti No KK, NIK, Nama Lengkap, Tempat tanggal lahir, Jenis kelamin, Alamat lengkap, nama ibu kandung, nomor yang bisa dihubungi, nama yangbisa dihubungi, foto KTP dan foto rumah tampak depan.
  7. Jika sudah semua diisi dengan lengkap klik Tambah Usulan.
  8. Aplikasi secara otomatis mencocokkan data yang sudah diisi diatas disesuaikan dengan data  DTKS Kemensos.
  9. Terakhir pilih tipe bansos Kemensos yang diinginkan baik PKH atau Kartu Sembako .
Cara daftar bansos online melalui aplikasi Cek Bansos ini sebenarnya bisa dilakuak oleh pemerintah setempat karena sifatnya masih dalam sesi pengusulan data penerima ke DTKS Kemensos.

Akan tapi, pihak pemerintah dalam hal ini Kemensos menyediakan aplkasi Cek Bansos supaya masyarakat dapat mengajukan diri secara mandiri di DTKS.

For your info bansos PKH dan Kartu Sembako 2022 adalah bansos regular berasal dari Kemensos yang akan diberikan sampai akhir tahun.

Khusus untuk penerima bansos Kartu Sembako tahun 2021, maka pemerintah menyediakan bansos ini sebesar Rp300.000 yang akan diberikan secara pada bulan November & Desember.

Untuk pencairan bansos PKH maupun Kartu Sembako semua pencairannya melalui bank-bank himbara yang udah ditentukan oleh pemerintah.

Itulah Cara Terbaru Cek dan Tambah Usulan Online Penerima Bansos Lewat Ponsel. Mudah bukan?

Semoga bermanfaat. Terima kasih.