Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pandun Lengkap Cara Setting VirtualBox dan Jalankan VDI AKMI Terbaru

Pandun Lengkap Cara Setting dan Jalankan VDI AKMI

Pandun Lengkap Cara Setting dan Jalankan VDI AKMI - AKMI (Asessment Kompetensi Madrasah Indonesia) merupakan program dan produk dari Kemenag RI yang mempunyai tujuan untuk memetakan dan mengukur kompetensi peserta didik di Madrasah melalui literasi membaca, numerasi, sains, dan sosial budaya.

Selain itu, AKMI juga berfungsi untuk bahan pemetaan pendidikan disuatu madrasah,  referensi akademik untuk mendiagnosa proses pembelajaran serta tindak lanjutnya, kemudian sebagai bahan dalam penyusunan program kebijakan pemerintah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan madrasah.

Yang membedakan pelaksanaan AKMI hanya dilakukan di Madrasah saja, namun tidak menutup kemungkinan disekolah dinas juga ada, istilahnya hanya yang beda, sedangkan ANBK dilakukan untuk seluruh sekolah maupun madrasah tanpa kecuali.

Selain itu, perbedaan AKMI dan ANBK itu terdapat pada peroide atau gelombang pelaksanaanya, kalau AKMI 5 gelombang dan ANBK hanya 2 gelombang saja.

Untuk AKMI sendiri pelaksanaannya dilakukan secara bertahap, untuk saya sendiri kebetulan ikut Diklat AKMI untuk MI pada tanggal 26 Agustus 2022 lalu. Yang diundang merupakan piloting yang harus melaksanakan AKMI tahap 2.

Tahun 2021 juga sudah dilakukan AKMI namun hanya untuk beberapa sekolah saja. Namun, Tahun 2022 ini sudah lebih banyak pesertanya, namun yang dikhususkan lebih banyak yaitu jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), sedangkan jenjang MTS dan MA hanya beberapa sekolah saja. Kalau kemarin saya ikut diklat hanya 2 MTSN dan 2 MTS,serta 1 MAN dan 1 MAS saja.

Dan kemungkinan untuk tahun berikutnya yaitu jenjang MTS dan MA yang akan AKMI dengan jumlah lebih banyak. 

Dan jika sudah seluruh Madrasah di Indonesia sudah selesai melaksanakan piloting AKMI maka akan serempak dilakukan diseluruh Indonesia.

Namun, untuk sekarang hanya madrasah-madrasah yang terdaftar sebagai piloting yang sudah ditentukan oleh Kanwil Provinsi.

Jika terdaftar piloting AKMI, maka diharuskan meyelesaikan pendataan pada PD-AKMI di laman https://pdakmi.kemenag.go.id/ dan harus selesai dalam batas waktu yang telah di tentukan.

Pendataan yang harus diselesaikan adalah data siswa sudah harus masuk PD-AKMI yang ditarik dari EMIS, karena data itu yang paling utama selain data sekolah.

Setelah smua pendataan selesai maka tinggal tunggu pelaksanaan saja, namun sebelum ada pelaksanaan ada yang namanya gladi bersih, yang mana fungsinya untuk melatih anak agar nantinya saat pelaksanna AKMI Utama. 

Yang mengikuti AKMI adalah siswa kelas 4 atau 5 untuk Madrasah Ibtidaiyah, kelas 8 untuk Madrasah Tsanawiyah dan kelas 11 untuk Madrasah Aliyah (MA) baik Negeri maupun swasta.

Nah, baru setelah pendataan dan gladi bersih selesai, pelaksanaan AKMI utama dapat dilaksanakan. Untuk tahun 2022 ini jadwal pelaksanaanya dimulai dari tanggal 19 September - 01 Oktober 2022 dalam 5 peroide. Untuk setiap periodenya dilakukan selama 2 hari.

Namun sebelum pelaksanaan AKMI ada beberapa hal yang harus disiapkan agar berjalan lancar terutama perangkat keras (hardware) untuk pelaksanaanya, seperti server dengan kapasitas cukup baik minimal RAM 8GB, hub, kabel LAN (untuk semi online), jaringan internet, dan komputer client.

Selain itu, software juga harus disiapkan di komputer server, seperti virtualbox dan VDI. Ini yang memebedakan antara ANBK menggunakan VHD (Virtual Hard Disk) yang ukurannya besar bisa mencapai 40GB dalam ukuran asalinya, sedangkan AKMI VDI (Virtual Disk Image) hanya berukurn 12 GB.

Nah untuk menghubungkan semua itu, maka perlu di setting terlebih dahulu di komputer sever yang agar bisa berjalan di client. 

Bagi yang belum tahu cara settingan dan jalankan VDI AKMI, berikut panduan lengkapnya.

Pandun Lengkap Cara Setting VirtualBox dan Jalankan VDI AKMI Terbaru

Sebenarnya cara setting VirtualBox, bagi para operator sudah semuanya hapal, karena settinganya begitu-begitu saja. Namun, ada kalanya saat pelaksanaan banyak kendala yang ditemui. Misalkna banyak error. Padah pada pelaksanaan sebelumnya baik-baik saja dengan settingan seperti itu.

Bagi yang belum tahu cara settingnya, berikut Pandun Lengkap Cara Setting dan Jalankan VDI AKMI yang bisa kamu coba dan mudah-mudahan berhasil, berikut panduannya:

  1. Buka dahulu VortualBox, jika sudah ada, bila belum ada bisa download dahulu disitus resminya
  2. Lalu klik New untuk membuat vitual mechine
  3. Lalu isi Name, isinya bebas misalkan AKMI22 asalkan tidak ada spasi
  4. Lalu Type isi dengan Linux 
  5. Selanjtnya Version isi dengan Ubuntu 64 lalu klik Next
  6. Lalu atur ukuran RAM, biasanya setengah dari RAM yang ada atau tidak melebihi bats hijau dan klik Next
  7. Selanjutnya pada pengaturan Hard Disk pilih Use an existing virtual hard disk file
  8. Klik gambar seperti koper kuning disebelah kiri dan cari dimana VDI disimpan lalu klik Create.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar- dibawah ini:


Untuk pembuatan virtual mechine AKMI sudah selesai, selanjutnya tinggal setting virtual mechine agar terhubung ke client, berikut caranya:

  • Klik Setting dan akan muncul seperti gambar dibawah ini

  • Kemudian klik System, biasanya dabiarkan tidak disetting juga tidak apa kalau di menu ini
  • Selanjutnya klik Network dan Setting Adapter 1 dan isi Attached to dengan Bridge Adapter, dan pilih Name dengan Nama LAN pada server,  seperti gambar dibawah ini

  • Selanjutnya setting Adapter 2 dengan NAT lalu klik OK , seperti gambar di bawah ini

  • Selanjutnya Klik Start untuk menjalankannya.
  • Tunggu beberapa saat sampai selesai pembukaan data di virtualbox
  • Lalu buka browser Google Chrome 
  • Lalu tulis di search bar 192.168.0.212 dan klik Enter atau cari. (untuk proktor:192.168.0.212/pengawas sedangkan untuk client 192.168.0.212
  • Selesai. Jika terbuka dan bisa log in berarti setting sukses.
Perlu diingat juga untuk cek dan setting jaringannya sebelum menjalankan vitualbox,  agar berjalan dengan baik, dengan cara:
  1. Klik kanan pada gambar internet 
  2. Open Network and Internet Setting 
  3. Klik Ethernet 
  4. Change Adapter Setting 
  5. Klik kanan Ethernet
  6. Lalu pilih opsi Properties
  7. Maka akan muncul jendela properties dan klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  8. Klik Use the following IP address
  9. Isi IP address dengan 192.168.0.100, asal jangan pakai 212 karena IP addressnya AKMI, selain angka ini boleh dipakai.
  10. Lalu klik OK
  11. Selesasi.

Perbedaan AKMI dan ANBK

Adapun perbedaan antara AKMI dan ANBK adalah sebagai berikut:

  1. AKMI Program Kemenag RI sedangkan ANBK Produk Dinas Pendidikan
  2. Periode atau Gelombang AKMI 5 periode sedangkan ANBK 2 periode
  3. AKMI langsung start dari Virtual box saat penggunaannya Sedangkan ANBK melalui ExambroAdmin
  4. AKMI menggunakan VDI sedangkan ANBK menggunakan VHD
  5. AKMI di jalankan langsung di Google Chrome sedangkan ANBK di CBT Sync
  6. AKMI server dan client bisa dijalankan bersamaan sedangkan ANBK tidak
Mungkin itu beberapa perbedaan antara AKMI dan ANBK, mungkin masih banyak lagi yang lainnya. Teman-teman bisa taruh dikolom komentar ya.

Itulah Pandun Lengkap Cara Setting VirtualBox dan Jalankan VDI AKMI yang bisa kamu jadikan referensi dalam pelaksanaan AKMI. 

Sebenarnya tidak jauh bahkan sama settingannya dengan ANBK namun yang berbeda hanyalah VDI saja yang digunakan.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.