Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Jitu Pinjam Online Agar Cepat di ACC


5 Cara Jitu Pinjam Online Agar Cepat di ACC - Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, segala sesuatu yang berbau digital semakin canggih dan maju saja. 

Dengan adanya hal tersebut membuat banyak hal menjadi semakin mudah, contohnya saja kemudahan dalam komunikasi.

Selain itu, ada juga kemudahan dalam hal keuangan. Dimana kita bisa mengajukan pijaman uang hanya menggunakan platform digital. Hanya dengan sentuhan jari jemari serta waktu yan cepat pijaman akan cair.

Banyak sekali perusahaan pinjaman online (fintech) yang melayani masyarakat  yang tersebar di Indonesia. Dengan cara menggunakan aplikasi yang mereka buat untuk dapat digunakan melalui smartphone. 

Namun, masyarakat tetap harus berhati-hati dalam memilih aplikasinya, karena beberapa dari mereka tidak terdaftar di pemerintah atau bisa disebut pinjol ilegal. 

Sehingga nantinya akan menibulkan maslah karena data kita tidak terjamin keamanannya.

Nah, selain aplikasi pinjol ilegal ada juga aplikasi pinjol yang sudah lolos sertifikasi dari pemerintah dalam hal ini OJK, yang menjamin kerahasiaan dan keamanan data kita. 

Kemudian, selain memilih aplikasi yang lolos verfikasi aplikasi pinjol yang legal, tentunya kita sebagai peminjam maunya pinjaman tersebut cepat di ACC atau disetujui. Dengan begitu proses pencairanpun akan lebih cepat.

Untuk itu, agar pijaman kita agar lebih cepat di ACC, maka ketahui persyaratanya serta ikuti tips dan triknya berikut ini.

Cara Jitu Pinjam Online Agar Cepat di ACC

Berikut adalah Cara Jitu Pinjam Online Agar Cepat di ACC, yang bisa dicoba:

1. Kelengkapan Data

Memang kelengkapan data adalah hal yang sangat penting dan utama. Karena berawal dari data yang benar dan sesuai semua bisa berjalan dengan lancar. Bila data terdapat kesalahan walaupun sedikit akan menghamabat.

Biasanya pada saat ingin mengajukan pinjaman pada aplikasi ada formulir yang harus diisi. Ada beberapa data yang wajib dilengkapi oleh calon peminjam agar bisa melanjutkan proses pengajuan ke tahap berikutnya.

Terutama data diri kita sebagai peminjam itu harus benar-benar diperhatikan, data pribadi harus sesuai dengan data yang ada di pemerintah. Terutama eKTP. Data di eKTP harus sesuai dengan data yang ada di Disdukcapil. 

Karena perusahaan pinjol punya akses yang terkonfigurasi langsung dengan didatabase Pemerintah, maka dengan mudah merek mendeteksi data diri kita hanya melalui eKTP saja.

Maka apa yang terjadi, kita tidak bisa melanjutkan proses pinjaman online atau ditolak. Jikalau ada data yang tidak sesuai cepat-cepatlah ubah dengan data yang sesuai ke Dinas terkait. 

Secara umum yang biasa dibutuhkan ketika mengajukan penjaman online adalah eKTP, yaitu berupa foto eKTP untuk di upload dan foto selfi dengan eKTP. Selebihnya menyesuaikan dengan peraturan pinjol masing-masing.

Selain itu, ada juga yang mengharuskan adanya rekening bank atau rekening digital berupa e-wallet yang digunakan untuk pencairan pinjaman yang diajukan. 

Yang perlu diperhatikan adalah data di rekening dan di apalikasi pinjol harus sama. Kalau berbeda pastinya akan ditolak.

Aplikasi pinjol sudah canggih semua, secara otomatis mendeteksi foto eKTP yang di upload dengan tekonolgi pembaca foto, nantinya akan mengetahui kebenaran tentang eKTP yang difoto. 

Nah, ada beberapa kesalahan paling umum saat upload foto eKTP yang menyebabakan penolakan  sehingga proses pinjaman tidak bisa dilanjutkan,  yaitu:

  • Foto eKTP diambil ponsel lain yang difoto kembali
  • Hasil foto eKTP blur sehingga tidak terdeteksi oleh sistem
  • Foto eKTP yang diupload hasil dari scan bukan aslinya
  • Data eKTP dan form isian tidak sama
  • Data eKTP, terutama NIK tidak terdaftar di Disdukcapil 

Selanjutnya, selain foto eKTP juga harus berfoto selfi dengan eKTP serta foto diri sendiri dengan jelas sebagai sayarat pengajuan pinjaman tanpa bertatap muka serta harus mengikuti peraturan dari apliaksinya. Berbeda jika kita pinjam ke bank konvensional kita yang difoto oleh pihak banknya.

Ada beberapa kesalahan yang menyebabkan pengajuan pijaman ditolak karena foto selfi, diantaranya:

  • Hasil foto selfi blur
  • Foto yang diambil kurang lengkap, misalnya terpotong
Jadi usahakan ambil foto dengan jelas dan lengkap agar tidak terjadi penolakan saat pengjuan pinjaman online tersebut.

Namun terlepas dari itu semua, setiap aplikasi pinjol mempunyai kebijakan masing-masing, kadang ada yang sama kadang ada yang berbeda. Kalaupun berbeda paling cuma sedikit. Tapi rata-rata sama data yang dubutuhkan itu e KTP.

Intinya, jika mau pijam online harus melengkapi data dengan data yang sesuai dan terdaftar di database Pemerintah dalam hal ini DISDUKCAPIL.

2. Punya Catatan Kredit yang Baik

Selanjutnya cara agar pengajuan pinjaman online cepat di ACC adalah mempunyai catatan krediy yang baik. Dalam artian tidak mempunyai tunggakan cicilan baik ke bank atau aplikasi.

Perusahaan-perusahan pinjaman memang sangat memperhatikan sekali credit history pinjaman yang dilakukan sebelumnya.

Apakah sering menuggak atau telat bayar cicilan saat meminjam sebelumnya. Ini akan menjadi catatan buruk  bagi perusahaan tersebut, sehingga penolakan pengajuan kemungkinan besar akan di tolak.

Seprti hal yang pernah saya alami yaitupinjam di Shopee, maka saat saya meminjam ke bank catatan tersebut terdeteksi bahwa saya pernah pinjam di tempat lain. 

Namun, karena saya membayar cicilan dengan baik maka menjadi aman dan diperbolehkan meminjam di bank tersebut.

Maka, sangat penting menjaga catatan kredit dengan bagus, karena itu akan majadi tolak ukur bagi perusahaan apakah layak atau tidak untuk diberikan pinjaman.

Bagi yang catatan krediynya bagus, tanpa kita meminta pinjampun pihak akan menawarkan sendiri kepada kita untuk meminjam.

3. Pendapatan yang Sesuai

Ada  beberapa paltform pinjaman online yang mengharuskan mengisi jumlah pendapatan sebagai syarat untuk melanjutkan ke tahap berikutnya saaat mengajukan penjaman. 

Adapun batas minimal pendapatan yang dihasilkan per bulan adalah sebesar Rp. 3.000.000. Tapi ada pula yang paltform pinjaman online yang membolehkan pendapatan kurang dari atau di bawah 3 juta rupiah. 

Peminjam yang berfikir rasional, maka akan memperhatikan kemampuan keuangan yang didapat agar tidak terjebak dalam hutang. 

Berarti dengan mengambil kredit sebesar ini apakah akan mampu dibayar atau tidak serta cukup tidak bagi kebutuhan sehari-hari.  

4. Ajukan Pinjaman Sesuai dengan Kebutuhan

Trik selanjutnya agar pijaman online cepat di ACC adalah dengan cara memeprhatikan besaran pijaman yang akan diajukan dan pastinya sesuaikan dengan kebutuhan.

Kemudian perhitungkan juga lamanya tenor yang diinginkan agar tidak menjadi beban bagi diri sendiri. Maka semakin lama tenor yang diambil semakin besar pula bunga yang harus dibayar. Jadi, usahakan ambilalah pinjaman dengan tenor yang tidak terlalu lama.

5. Kelengkapan Lainnya

Selain beberapa hal di atas ang harus diperhatikan ketika mengajukan penjaman online agar cepat di ACC, ada beberapa kelengkapan lainnya yang tidak boleh dilupakan, antara lain:

  • Mendownlaod aplikasi
  • Lolos Verifikasi
  • Isi OTP (Kode digit angka yang dikirm ke Nomor ponsel atau E-mail
  • Isi No Ponsel
  • Berikan Akses HP
  • Peminjam Bisa Dikontak 
  • Verifikasi Rumah atau Kantor
  • Domisili di Wilayah Coverage Area, maksdunya berdomisli didaerah yang dijangkau oleh apliaksi pinjol, biasanya nant juga akan ada keterangnnya di aplikasi tersebut
  • Tidak Punya Tunggakan Gagal Bayar
  • Tidak di Blacklist (Daftar Hitam)
  • Verifikasi ke Emergency Contact
  • Tanda Tangan Perjanjian Kredit

Demikain, informasi mengenai 5 Cara Jitu Pinjam Online Agar Cepat di ACC yang bisa dicoba. Mudah-mudah bermanfaat dan tetap berhati-hati dalam memijam online agar tidak telilit utang.

Terima kasih.