Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Cara Tepat Dan Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga

6 Tips Cara Tepat Dan Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga

5 Tips Cara Tepat Dan Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga - Setiap awal bulan baik suami atau istri yang bekerja akan menerima gaji bulanan, ada yang cair pada awal bulan maupun akhir bulan tergantung kebijakan instansi tempat dimana bekerja. 

Walaupun saya bukan seorang pakar keuangan tidak ada salahnya kita saling berbagi tips bagaimana cara cerdas mengelola keuangan dari gaji yang kita terima. Agar gaji tersebut setidaknya cukup untuk kebutuhan kita selama satu bulan.

Nah, disini akan dijelaskan beberapa tips mengenai cara mengelola keuangan rumah tangga yang baik dan benar. 

Pastinya pada saat menerima gaji pasti rasanaya akan senang sekali dan dalam pikiran pasti semua kebutuhan bulan ini akan terpenuhi, namun pada kenyataannya setelah dianggarkan dan dipos-poskan malah jadi tidak cukup. Bikin pusing kan?

Kejadian ini terus berlangsung hampir disetiap bulannya, antara pengeluaran dan pendapatan rasanaya jauh sekali kadang malah jadi lebih banyak pengeluaran yang tidak pernah kit aperhitungkan sebelumnya. 

Sebagai seorang isteri atau ibu sekaligus manajer di rumah tangga tentulah harus pandai-pandai dalam mengatur keuangan agar semua kebutuhan terpenuhi, syukur-syukur bila ada sisa yang bisa kita tabung. Tapi, kalaupun tidak ada untuk di tabung setidaknya cukup untuk bulan tersebut.

Dengan pendapatan yang biasa saja tentunya kita harus membuat rencana yang matang untuk menghitung pengeluaran secara tepat dan cerdas, jangan sampai kita terlilit hutang sana sini atau istilahnya gali lubang tutup lubang.

Cara Tepat Dan Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Ada beberapa tips mengenai Cara Tepat Dan Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang bisa menjadi referensi bagi anda, anatara lain:

1. Bersyukur 

Bersyukur kepada Allah merupakan hal pertama dan utama yang harus kita lakukan ketika kita mendapatkan sesuatu yang membahagiakan, salah satunya rezeki yang kita dapat berupa gaji bulanan hasil kita bekerja selama sebulan.

Dengan bersyukur kepada Allah rezeki yang kita dapatkan mudah-mudahan menjadi berkah bagi kita dan bagi keluarga tentunya.

Bersyukur kadang lupa kita lakukan karena mendapatkan gaji bulanan merupakan suatu rutinitas biasa yang kit alkukan setiap bulan. Jadi dianggap hal yang biasa.

Maka dari itu, pandai-pandailah bersyukur agar semua rezeki, kesehatan dan nikmat yang lainnya dapat menjadi berkah khusunya bagi keluarga kita. 

2. Cerdas Saat Belanja Bulanan 

Sebaiknya kita menerapkan pola hidup hemat dan cermat, hemat disini bukan berati pelit, tetapi cerdas dalam membelanjakan uang dan tidak boros. Caranya dengan membuat urutan kebutuhan sesuai  skala prioritas.

Misalnya prioritas utama yang harus kita bayarkan dahulu seperti, cicilan rumah, cicilan motor atau mobil (jika ada). 

Selanjutnya, bayar tagihan listrik, air, telepon, uang transport ke kantor, bayaran sekolah anak, belanja bulanan seperti beras, gas, air galon, samphoo, sabun, pasta gigi, gula, sembako, dan jangan lupa juga sisihkan dana simpanan minimal 10 % dari gaji untuk dana kesehatan bila sewaktu-waktu sakit. 

Setelah membuat skala prioritas kebutuhan yang harus kita didahulukan, selanjutnya tinggak eksekusinya dengan cara belanja di mini market atau pasar.

Ada beberapa tips berbelanja bulanan agar dapat menghemat pengeluaran antara lain:
  • Buatlah catatan atau daftar belanjaan sebelum pergi ke pasar, agar nantinya memudahkan kita apa saja yang harus dibeli jangan sampaiyang tidak dibutuhkan dibeli. Pastinya kalu sudah di pasar kadang kita lupa mana yang harus dibeli.
  • Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan, belilah beli barang-barang yang dibutuhkan dan bermanfaat, 
  • Belilah barang dengan kualitas baik namun dengan harga yang terjangkau, misalnya saat ada  diskon minyak, sembako, dan barang lainnya, ini bisa menghemat uang anda.

3. Tidak Usah Menyetok Makanan

Kebiasaan ibu-ibu jika berbelanja suka melebihkan barang yang dibeli, ujung-ujungnya tidak dipakai atau barangnya rusak atau busuk.

Jadi, usahakan berbelanja kebutuhan bulanan sesuai dengan proporsinya. Usahakan belanja sendiri jangan mengajak anak. Bila anak ikut kadang sesuatu yang tidak penting juga maunya dibeli. Yang ada ujung-ujungnya pas bayar belanjaan membengkak biayanya.

Bukan tidak boleh membawa anak, tapi ada saatnya kita ajak anak-anak untuk jalan-jalan pada saat kita puny auang lebih, jadi tidak ada salahnya kita bahagiakan anak. 

4. Jangan Bergaya Hidup Berlebihan 

Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, namun kadang kita lupa kontrol ini itu segala dibeli. Padahal pendapatan kita pas-pasan.

Misalnya, kita sering gonta ganti HP, baju, tas, sepatu atau barang lainnya padahal barang-barang itu masih bagus dan berfungsi dengan baik. Namun, karena gengsi jadilah seperti itu, padahal itu tidak perlu anda lakukan untuk menghemat keuangan bulanan anda.

5. Hindari Hutang 

Tips selanjutnya adalah hindari hutang, jangan memaksakan keinginan membeli sesuatu dengan cara berhutang. Kalau cicilan motor atau mobil masih bisa diterima karena bisa dibuat investasi. Jika suatu saat butuh dana cepat bisa dijual barangnya.

Jadi, hindarilah hidup komsuntif yang bisa membuat anda terjerumus kedalam utang piutang. Memang godaan hidup komsuntif semakin besar apalagi hidup di kota besar. 

6. Menetapkan Tujuan Finansial/Keuangan

Susunlah target yang ingin dicapai , misalanya dalam 5 tahun kedepan mau beli mobil, rumah atau investasi. Maka dari itu sisihkanlah dari sisa gaji yang didapat untuk tujuan itu. 

Kalau dilakukan secara konsisten pastinya semua target yang ingin dicapai akan terwujud. Maka menabung, jadikanlah moto dalam hidup anda.

Ubah kebiasaan dan pola pikir anda.  Setelah menerima gaji sisihkanlah untuk ditabung berapapun jumlahnya, yang penting setiap bulannya ada. Lebih bagus lagi jika di target besar uang yang akan ditabung setiap bulannya.

Nah itulah 6 Tips Cara Tepat Dan Cerdas Mengatur Keuangan Rumah Tangga, yang bisa anda praktikan. Jika ada tambahan tips lainnya bisa di anda masukan di kolom komentar. 

Mari kita saling berbagi dalam ilmu dalam mengelola keuangan yang baik dan benar.

Terima kasih.