Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Transfer Response (TR) ANBK Semi Online Melalui Flashdisk

Cara Membuat Transfer Response ANBK Semi Online Melalui Flashdisk

Cara Membuat Transfer Response ANBK Semi Online Melalui Flashdisk - Transfer response adalah bagian yang wajib dilakukan saat ANBK, karena langkah berikutnya tidak akan bisa dilanjutkan jika tidak dibuat yaitu untuk mengaktifkan Status Test di CBTSync ANBK.

Status Test sendiri adalah sarana mengaktifkan peserta ANBK agar bisa mengerjakan soal ANBK sesuai jadwal saat sesi berjalan, karena dari menu ini akan muncul token untuk log in, yang akan berubah setiap 15 menit sekali.

Selain itu, Transfer response juga berfungsi untuk back up data ANBK jika terjadi error baik VHD maupun server itu sendiri.

Dalam pengaturan transfer response ada yang mudah ada juga yang susah, itu tergantung setting yang telah dibuat sebelumnya.

Kalaupun terjadi kegagalan saat menyimpan transfer response, maka tidak usah khawatir karena dapt diperbaiki dan tidak berpengaruh terhadap hasil syncron sebelumnya.

Bisa kita lihat jika transfer responsenya belum dibuat saat memilih menu Status Test maka akan ada sebuah peringatan dan suruhan untuk membuat transfer response.

Nah, bagi anda yang belum tahu cara mengaktifkan atau membuat taransfer response, bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Membuat Transfer Response ANBK Semi Online Melalui Flashdisk

Untuk membuat transfer response ANBK anda harus menyiapkan alat penyimpanannya terlebih dahulu  salah satunya bisa dengan flasdisk.

 Adapun Cara Membuat Transfer Response ANBK Semi Online Melalui Flashdisk adalah sebagai berikut:

  1. Colokan Flashdisk (ukurannya bebas tapi minimal 4GB)
  2. Buat sebuah folder di dalam flashdisk dan beri nama (Nama folder sesuaikan sendiri)
  3. Selanjutnya klik kanan pada folder yang telah dibuat tadi dan klik Give access to dan pilih Specifik People
  4. Maka akan menu Choose people to share with lalu pilih opsi Everyone dan ubah Permission Levelnya menjadi Read/Write lalu klik Add 
  5. Terakhir klik Share
  6. Pembuatan dan pengaturan Transfer Response di flasdisk selesai.
Langkah selanjutnya adalah pengaturan di aplikasi CBTSync ANBK agar Transfer Response di Flasdisk dan aplikasi terhubung dan menu Status Test aktif.

Cara settingnya adalah:

Pada menu Folder Dump, isi dengan alamat IP server dan diakhir IP disisipkan nama folder transfer response yang ada diflashdisk. Cntoh seperti ini, \\192.168.0.99\TR. Angka 192.168.0.99 adalah IP server dan TR adalah nama folder di flashdisk. 

Nomor IP bisa berbeda-beda sesuai keinginan anda asal jangan memakai IP yang sama dengan server ANBK yaitu 200.

Pada menu UserName isilah dengan nama komputer server, untuk melihatnya bisa melalui Control Panel >> System and Secuity >> System dan akan muncul Device Name. Lihatlah nama apa yang muncu pada divice name, itulah isi untuk menu UserName.

Pada menu Password, isilah dengan password yang telah dibuat sebelumnya untuk komputer server atau bisa diisi langsung secara sembarang jika sebelumnya belum pernah dibuat password.

Pada menu Server IP, isilah sesuai dengan alamat IP pada server yang telah dibuat sebelumnya atau bisa disamakan dengan IP yang dimasukan pada menu Folder Dump.  

Terakhir klik tombol Simpan. Jika berhasil maka akan ditandai dengan warna hijau dengan keterangan yang akan muncul adalah Folder Dump berhasil disimpan,

Apabila gagal maka keterangan yang akan muncul adalah Folder Dump gagal disimpan dan ditandai dengan warna merah. 

Berarti untuk pengaturan menu Transfer Resoponse di aplikasi CBTSync ANBK telah selesai.

Selanjutnya, pastikan konfigurasi Transfer Response ANBK berhasil dibuat dengan cara mengeceknya di folder yang ada di Flashdisk yaitu dengan munculnya file TESME dengan ekstensi.txt dalam folder tersebut. Jika gagal file tersebut tidak akan ada. Jika muncul dipastikan konfigurasi berhasil.

Kendala yang Terjadi Saat Membuat Transfer Response

Saat mengatur pembuatan Transfer Response ada yang yang berhasil dengan mudah ada juga yang memilki kendala sehingga berujung gagal dalam menyimpan. 

Berikut beberapa hal yan harus diperhatikan agar kendala yang sering terjadi tidak terjadi.

  • Folder Transfer Response sudah di sharing
  • Username dan password sama 
  • IP Harus sama
  • Nama folder sharing harus sama
Jika hal-hal diatas sudah dipastikan benar namun masih gagal menyimpan Folder Dump, coba ikuti settingan berikut ini:

  • Buka Control panel 
  • Pilih dan klik Network and Sharing Center
  • Selanjutnya pilih menu Change Advanced Sharing Setting
  • Klik All Network, pada opsi Password Protect Sharing, klik Turn On atau Turn Off. Cobalah salah satunya. Pengalaman punya saya yang berhasil itu di Off-kan, namun ada juga yang bagus itu di On-kan.
  • Kemudian untuk menyimpan perubahannya klik Save Change.
  • Lalu cek di apliaksi CBTSync mana yang cocok untuk server anda apak On atau Off
Itulah Cara Membuat Transfer Response ANBK Semi Online Melalui Flashdisk serta solusi jika terjadi kendala gagal saat menyimpannya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.