Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Pantai Ranca Buaya Garut Selatan

Keindahan Pantai Ranca Buaya Garut Selatan

Keindahan Pantai Ranca Buaya Garut Selatan
- Daerah Garut Selatan memang terkenal dengan keindahan pantainya. Di daerah ini terdapat banyak pantai yang bisa kamu kunjungi sebagai destinasi wisata saat libur telah tiba.

Salah satu pantai yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Ranca Buaya yang terletak di Desa Purbayani Kecamatan Caringin Kabupaten Garut, namun orang-orang sering menyebutnya Ranca Buaya Garut Selatan. Karena memang pantai ini terletak di Garut namun bagian selatannya.

Pantai ini kalau di hari biasa sangat jarang orang yang mengunjunginya kalaupun ada cuma sedikit saja, kecuali saat ada acara-acara tertentu pasti akan banyak orang pergi ke Pantai Ranca Buaya. Seperti Hajat Laut.

Pada saat weekend juga tidak terlalau banyak yang berkunjung, padahal pantai ini menawarkan keindahan yang begitu indah. Apalagi saat sun set tiba terlihat begitu indah dan mempesona.

Beda  lagi jika saat libur lebaran dan tahun baru pantai ini akan sesak dan penuh wisatawan yang berkunjung. 

Jangankan untuk cari tempat duduk untuk parkirpun susah karen sepanjang pantai penuh dengan lautan manusia dan kendaraan.

Keindahan Pantai Ranca Buaya Garut Selatan

Keindahan Pantai Ranca Buaya Garut Selatan sudah terkenal kemana-mana. Khususnya di Jawa Barat. Karena, banyak orang dari daerah Jawa Barat sudah bayak yang berkunjung, seperti dari Bandung, Banten, Tasikmalaya, Purwakarta, Sumedang dan daerah lainnya.

Biasanya mereka yang datang dari jauh, berkunjung ke pantai ini secara rombongan baik menggunakan mobil Travel atau bak terbuka. Kalau untuk bus belum bisa makasimal karena jalan yang sempit dan banyak belokan tajan serta tanjakan dan turunan tajam.

Namun, kebanyak dari mereka yang berkunjung ke Pantai Ranca Buaya menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor.

Karena jalan menuju pantai ini sudah lumayan baik dan sudah di hot mix. Jika kamu dari arah Bandung, maka kamu bisa memakai jalur Pangalengan atau jalur Ciwidey-Cianjur. Semua jalanya sudah bagus. Kira-kira jalan yang ditempuh kurang lebih 3-4 jam.

Sedangkan dari arah Garut jalannya juga sudah bagus. Kamu bisa memakai jalan dari Garut menuju Cikajang kemudian amabil jalur kiri ambil jalan yang mengarah ke Pamenungpeuk. Kemudian dari Pameungpeuk kira-kira 1 jam akan sampai di Pantai Ranca Buaya.

Selain menikmati keindahan pantai yang mempesona,  disini kamu bisa menikmati air laut yang jernih untuk sekedar berenang dan bermain pasir. Namun, hati-hati dengan karang dipantai ini karena tajam-tajam.

Di pantai ini juga kamu bisa berkemah, dengan membawa peralatan kemah sendiri. Karena belum ada penyewaan alat kemah disini.

Kamu bisa menikamati malam di pantai ini ditemani hidangan khas pantai, seperti ikan bakar, cumi bakar atau yang lainnya. Dijamin bikin kamu senang. Apalagi ditemaniteman-teman tersayang.

Selain menikmati keindahan pantai, kamu bisa juga mengabadikan kegiatan kamu di pantai ini dengan cara berfoto selfie dengan background pantai Ranca Buaya. Dijamin kece banget.

Kemudian untuk tiket masuknya sangat murah untuk menikmati keindahan yang disuguhkan Pantai Ranca Buaya yaitu sebesar Rp. 7.500/orang. 

Jam operasional Pantai Ranca Buaya adalah buka setiap hari selama 24 jam mulai pukul 07.00 WIB.

Kemudian, selain nongkrong dan menikamti pantai yang sudah dijelaskan tadi, disini juga kamu bisa menikamti hidangan khas pantai yaitu ikan bakar, cumi bakar. cumi asam manis, udang, lobster serta makanan lainnya, yang tentunya enak banget. 

Yang bisa kamu beli di warung-warung makan disekitar pantai. Karena lumayan banyak yang berjualan hidanagan seperti itu, dari awal masuk sampai ujung banyak yang menyediakannya. Lengkap dengan gazebonya. Dengan harga yang terjangkau.

Ada pula Hotel dan tempat menginap sederhana jika kamu ingin bermalam di Pantai Ranca Buaya dengan harga yang terjangkau.

Pokoknya jika kamu ingin berlibur di Pantai Ranca Buaya fasilitas yang tersedia lumayan banyak dan pastinya pantainya juga indah.

Itulah Keindahan Pantai Ranca Buaya Garut Selatan yang bisa kamu kunjungi dan juga sebagai referensi destinasi wisata Jawa Barat yang kamu nikmati saat libur panjang telah tiba.

Terima kasih. Selamat berlibur