Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Pantai Santolo, Surga Tersembunyi di Garut Selatan

Keindahan Pantai Santolo

Keindahan Pantai Santolo - Mendengar kata Santolo, rasanya tidak asing lagi di telinga karena pantai ini sudah terkenal dari dulu. Pantai ini memang keren dan indah banget.

Sehingga pantai ini banyak sekali pengunjungnya terutama ketika libur lebaran atau tahun baru. Pantai ini cocok sekali buat bermain-main dengan ombak apalagi bersama teman-teman, karena pantainya tidak ada karang yang tajam serta ombaknya tidak terlalu besar.

Pantai Santolo ini lokasinya berada di Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut-Jawa Barat. Yang bisa di akses dengan mudah dari daerah Garut maupun dari Bandung atau daerah lainnya karena jalan menuju pantai ini sudah bagus dan hot mix.

Pantai ini bisa di akses dari Bandung bisa di tempuh dalam waktu 4-5 jam. Dengan akses jalan yang bagus waktu tempuh bisa kurang dari itu.

Jika mengambil arah dari Bandung kamu bisa melalui Pangalengan kemudian Talegong terus Cisewu dan Purbayani Ranca Buaya dan sampailah di Santolo Cikelet.

Sedangkan jika mengambil arah dari Bandung Ciwidey selanjutnya Cianjur Selatan, Ranca Buaya dan Sampailah di Santolo.

Keindahan Pantai Santolo

Keindahan pantai Santolo sudah terkenal dimana-mana, namun yang uniknya disekitar pantai ini terdapat semacam sebuah pulau disebrang lautnya, yang mana kita bisa meyebrang ke pulau tersebut melalui perahu dan menikmati keindahan pantainya. 

Jadi, seakan akan pantai ini terbagi menjadi dua bagian, yang mana kedua bagian ini bisa kamu nikmati secara bersamaan dan keduanya sama-sama indah.

Kalau dulu disana terdapat jembatan peyebrangan, namun sekarang jembatan itu sudah rusak dn lapuk dimakan usia. 

Di pulau sebrang tersebut kita bisa menikmati pantai yang indah serta berfoto selfi dengan latar belakang laut yang indah.Selain itu, ada juga sebuah mercusuar disana yang bisa juga dijadikan sebagai latar belakang foto kamu.

Fasilitas yang terdapat dipantai ini juga bisa dibilang cukup lengkap dari mulai toilet, tempat ibadah, penginapan dan tempat makan, semuanya ada disini. Kemudian wahana air juga ada disini yaitu kita bisa bermain bana boat bersama teman-teman atau orang tersayang.

Tiket masuk pun bisa dibilang murah hanya sebesar Rp. 10.000 per orang, sedangkan untuk menyebrang menggunakan perahu menuju pulau Santolo beda lagi, kita harus bayar lagi sebesar Rp. 12.000. 

Namun kalau mau keliling dulu naik perahu nambah lagi bayarannya namu disesuaikan ada yang minta nambah Rp. 10.000 lagi bahkan bisa lebih. Namun jika yang naik adalah rombongan harga bisa di nego. 

Dan nantinya jika kita mau pulang akan dijemput lagi oleh perahu tersebut. Jadi, harga segitu untuk ongkos bolak balik, sehingga kita tak khawatir nantinya pas pulang harus bayar lagi.

Namun, kadang hari biasa tidak ada yang minta tiket, kita bisa keluar masuk pantai dengan bebas. Namun, untuk menyebrang pantai hari biasa pun akan tetap bayar. 

Berbeda jika hari libur tiba pasti harus bayar tiket masuknya, karena yang mau liburan di pantai ini akan banyak.

Jam operasinal di Pantai Santolo, buka setiap hari selama 24 jam mulai pukul 07.00 WIB.

Selain itu, di sekitar jalan pantai menju ada sebuah bangunan yang berfungsi untuk meneliti dan membuat roket yaitu LAPAN, makanya disini sering diadakan uji coba roket. 

Gimana, kelihatan seru kan main-main di pantai ini. Jadi ayo agendakan hari liburmu untuk berwisata ke pantai ini. Dijamin seru dan menyenangkan sehingga dapat menghilangkan stress kamu.

Demikian informasi mengenai Keindahan Pantai Santolo, yang bisa kamu jadikan rekomendasi tempat wisata yang harus kamu kunjungi jika libur telah tiba.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.