Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dibalik Pesona Indahnya Curug Rahong Cisewu ada Suasana Mistis yang Menyelimutinya


Pesona Indahnya Curug Rahong Cisewu - Curug Rahong berada di Kp. Sinar Rahayu/ Rahong Desa Sukajaya Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut. Curug ini biasa dilewati olah orang-orang yang lewat dari Bandung atau sebaliknya. Baik yang akan berwisata ke pantai atau pulang kampung.

Curug ini lokasinya pinggir jalan sehingga orang-orang mudah melihatnya. Hanya sekedar untuk beristiraht menikmati curug dari atas jembatan.

Biasanya orang-orang yang sedang menuju pantai atau yang pulang dari pantai akan beristirahat di sekitar curug Rahong ini. Karena lokasinya enak untuk beristirahat apalagi ada curugnya bisa ngadem dulu sebelum melanjutkan perjalanan.

Jika libur lebaran atau tahun baru jembatan Rahong sering dijadikan tempat istirahat. dengan banyaknya orang beristirahat disini membuat masyarakat berinisiatif berjualan di pinggir jalan. Ada yang jualan kopi, bakso, dan lain-lain.

 Ada juga yang menjadi tukang parkir dadakan saking banyaknya yang berisitirahat yang kadang membuat macet.

Pesona Indahnya Curug Rahong Cisewu

Semua orang yang lewat ke curug ini pasti akan terpesona dan berhenti karena ingin menikmati dulu indahnya Curug Rahing Cisewu ini. Bisa dengan berendam atau berenang di disekitar curug.

Namun dibalik indahnya curug tersebut ada suasana mistik yang menyelimutinya. Menurut keprcayaan masyarakat sekitar, tidak boleh berenang di leuwi atau lubuk bagian kedua. Karena bisa terjadi hal yang tidak dinginkan. 

Buktinya sudah banyak terjadi orang tenggelam dileuwi ini, karena bentuknya yang seperti gentong sehingga jika orang tenggelam akan masuk ke sela-sela batu serta arus air dinbawahnya deras sehingga akan sulit meneyelamatkan diri atau ditolong, bisa-bisa yang menolong juga bisa jadi korban.

Tidak tahu kenapa di leuwi atau lubuk bagian kedua ini pesonanya membuat suasana sesorang ingin sekali berenang disini, memang airnya yang kebiruan membuat orang terpancing ingin melompat berenang. Padahal berbahaya. Orang Ssekitarpun tidak berani berenang disana.

Maka di sarankan berhati-hati jangan berenag disini, apalagi orang kota yang tidak tahu apa dan jika dikasih saran sama orang setempat itu di dengarkan. Jangan sok tahu, nanti celaka.

Entah mitos ini benar atau tidak tapi begitulah faktanya. Makanya disarankan jika ingin main dicurug ini bertindak sopan dan tidak berbicara yang kotor dan tetap selalu berhati-hati.

Kalaupun ingin main dan berenang bisa di leuwi/lubuk paling bawah atau keatu. Disini paling aman untuk berenang. 

Untuk masuk ke curug ini gratis alias tidak dipungut biaya, jadi siapaun bebas masuk ke curug Rahong dan buka setiap hari. Dan jam operasional di curug ini buka 24 jam setiap hari mulai pukul 07.00 WIB.

Adapun falitas yang bisa digunakan bagi yang ingin istirahat disini seperti toilet dan warung makan sudah tersedia disini. Dan disekitar curug juga anda bisa abadikan dengan berfoto selfi dengan teman-teman.

Jadi, bagi orang yang ingin istirahat dan menikamati curug Rahong Cisewu, nikmatilah skedarnya dan tetap hati-hati.

Demikian informasi mengenai pesona indahnya curug Rahong Cisewu, walau indah namun ada suasana mistis didalmnya. Namun, walaupun begitu tidak mengurangi semua keindahannya.

Terima kasih.