Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Pantai Sayang Heulang Garut Selatan

Pesona Pantai Sayang Heulang Garut Selatan

Pesona Pantai Sayang Heulang Garut Selatan - Siapa sih yang tak tahu Pantai Sayang Heulang? Khususnya warga Jawa Barat pasti sudah mengetahuinya. Karena sudah banyak dipromosikan baik oleh pemerintah sendiri maupun sosial media sehingga pantai ini terkenal di mana-mana.

Terlepas dari mitos yang beredar di masyarakat bahwa asal muasal nama pantai ini berasal dari banyaknya sarang burung elang di daerah pantai ini saat dahulu kala. Kalau dilihat dari namanya memang berhubungan.

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa daerah Garut Selatan identik dengan pantainya yang indah dan luas yang menghampar dari ujung ke ujung.

Pantai Sayang Heulang ini berlokasi di Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut- Jawa Barat.

Apalagi sekarang Pantai Sayang Heulang sudah direvitalisasi oleh Pemda Garut beberapa bulan lalu yang selesai padda awal tahun 2022, sehingga membuat pantai ini semakin cantik dan indah.

Bukan hanya pantai yang indah dapat kita nikmati namun fasilitas sekitarnya juga bisa kita nikmati seperti area jalan kaki, jembatan yang sengaja dibuat untuk pengujung untuk mengelilingi sekitar pantai dan melihat pantai dari atas jemabatan serta ikon sayap yang membuat pantai ini semakin cantik yang bisa dibuat untuk hunting foto.
 
Pantai ini selalu penuh sesak dengan wisatawan jika libur lebaran tiba, bahkan akses menuju pantai ini akan macet karena terlalu banyaknya wisatawan yang ingin pergi berlibur di Pantai Sayang Heulang seperti yang terjadi saat lebaran kemarin. Dan beritanya viral di media nasional.

Dengan antusias seperti itu, ini menunjukan pantai ini mempunyai daya tarik yang bagus setelahnya direvitalisasi, dengan begitu perekonomian masyarakat sekitar juga akan meningkat.

Pesona Pantai Sayang Heulang Garut Selatan

Pesona Pantai Sayang Heulang Garut Selatan ini memang sudah tidak diragukan lagi dijamin pasti takjub jika datang ke pantai ini.

Bagi kamu yag suka suasana pantai, ini salah satu rekomendasinya adalah Pantai Hayang Heulang, Selain menikmati pantai juga bebrapa wisata lain yang bisa kamu nikmati disini, antara lain:
  • Waterboom yang berada disebelah pantai yang bernama Sea Side. Disini kamu bisa menikmati berenang dikolam renang dan banyak tempat hunting foto juga menikmati makanan ala resto disekitar Sea Side.
  • Bukit Teletabis, yang juga tempatnya tidak jauh dari pantai. Disini kamu bisa menikmati hamparan rumput hijau seperti di film Tele Tubuies yang cocok buat berfoto selfi dengan hamparan rumput hijau yang indah dan pemandangan pantai Sayang Heulang yang indah.
  • Gumuk Pasir, orang-orang menyebutnya Gurun Saharanya Jawa Barat, Bukan hanya di Jogja Garut pun punya Gumuk Pasir. Tempatnya masih disekitar pantai ini juga ada sebuah tempat yang bagus dengan pemandangan yang indah yang cocok untuk dijadikan tempat selfi atau membuat konten dengan latar belakang gumuk pasir atau sekedar bermain pasir. Pasti seru deh main disini.
Selain keindahan pantai dan wisata lainnya yang ada disini, juga didukung oleh fasilitas lainnya sebagai pendukung untuk kemudahan pengunjung dinataranya, toliet/WC, tempat ibadah atau masjid, gazebo, warung-warung makan, dan penginapan sudah tersedia disini.

Akan indah sekali menikmati pantai ini bila ditemani dinginnya kelapa muda, ditmabah ikan bakar dan makannan lainnya. Makin sempurna deh kenimkatan yang dirasa.

Jadi, jangan khawatir jika ingin menikmati malam disekitar pantai karena banyak penginapan untuk disewa dengan harga yang terjangkau. 

Bisa juga bagi kamu yang suka berkemah bisa mendirikan tenda disekitar pantai dengan membawa alat kemah sendiri.

Untuk tiket masuk ke pantai ini juga bisa dibilang murah, hanya dengan Rp. 10.000 per orang, kita sudah bisa menikmati semua keindahan yang ada dipantai ini. Jadi puas-puasin main dipantai ini ya.

Namun, untuk masuk ke Sea Side digunakan tiket masuk yang berbeda yaitu Rp. 15.000 per orang dan jika ingin berfoto menggunakan jasa foto kita harus bayar lagi.

Jika ingin berupa file dihargai Rp. 5.000 per file. Jika ingin di print harganya beda-beda tergantung ukuran fotonya, yang paling besar Rp. 25.000 dengan kertas ukuran A4.

Jam operasional Pantai Sayang Heulang adalah buka setiap hari selama 24 jam mulai pukul 07.00 WIB.

Sedangkan untuk akses jalan menuju pantai Sayang Heulang ini baik yang berasal dari Bandung maupun Garut atau daerah lainnya. Jalan sudah hot mix. 

Jalan menuju pantai ini pasti bikin kamu tak akan lelah. Karena sepanjang perjalan akan banyak pemandangan indah yang dapat kamu lihat.

Dengan akses jalan yang bagus waktu tempuh juga juga pasti akan lebih cepat, kira-kira 4-5 jam juga sudah sampai di pantai ini.

Jika kamu berasal dari bandung atau Garut. Kalau dari daerah lainnya mungkin lebih lama lagi.

Demikian infromasi mengenai Pesona Pantai Sayang Heulang Garut Selatan yang bisa kamu jadikan agenda liburan saat weekend atau libur lainnya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat. Selamat berlibur.