Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cairkan BOS AA Madrasah di Bank Penyalur BRI, Buruan Cek dan Cairkan

Cara Cairkan BOS AA Madrasah di Bank Penyalur BRI

Cara Cairkan BOS AA Madrasah di Bank Penyalur BRI
- Dana BOS bagi madrasah memang sangat di nanti-natikan, bahkan dari awal pencairan tahap 2 juga sudah diharapkan.

Namun pemerintah dalam hal ini Kemenag Pusat serta Menteri Keuangan menangguhkan dahulu sebagian dana BOS, sehingga pihak madrasah hanya bisa mencairkan sebagaiannya saja kurang lebih 60-70 % saja.

Ini karena adanya kebijakan dari pemerintah yang disebut dengan AA (Autamatic Adjasment) atau penyesuaian anggaran. 

Termasuk dana BOS Madrasah didalamnya, sehingga yang tadinya madrasah sudah berharap cair dana BOS seutuhnya ternyata hanya sebagaian saja.

Sedangkan kebutuhan di madrasah sangat banyak sekali bahkan sekolah kami harus nombok dahulu untuk pembayaran honor guru akibat tidak cair semua dana BOS nya.

Kalau tidak dibayar kasihan, masa harus nunggu dahulu dana BOS cair dahulu sedangkan waktu pencairannnya tidak diketahui.

Namun, walaupun begitu alhamdulillah saat ini dana BOS madrasah yang sisanya atau AA sudah dapat dicairkan namun hanya untuk bank penyalur BRI.

Kami juga barusan baru mencairkan dana BOS tersebut dan benar saja sudah masuk rekening dan dapat diambil untuk kebutuhan operasional madrasah.

Lalu bagaimana cara mencairkannya? Apakah sama dengan pencairna sebelumnya? Simak terus artikel ini sampai habis.

Cara Cairkan BOS AA Madrasah di Bank Penyalur BRI

Mungkin bagi sebagain madrasah karena takut zonk saat pergi ke Bank, entah takut belum masuk dana BOSnya atau alas an lainnya.

Maka dari itu kami beritahukan kepada teman-teman Kepala dan bendahara Madrasah untuk pencairan dana BOS AA sangat mudah dan gampang.

Nah Alhamdulillah minggu-minggu ini BOS AA sudah masuk dan dapat di cairkan termasuk madrasah saya, dan mungkin madrasah teman-teman juga sudah cair.

Kenapa kami bisa memberi tahukan kepada teman-teman semua, karena kami sudah mencairkannya bahkan teman-teman saya yang lain pun sudah mencairkannya.

Namun, khusus jenjang MI dan MTS yang bank penyalurnya Bank BRI. Yang belum disalurkan itu yang bank penyalurnya Bank Mandiri.

Mungkin masih dalam proses masuk ke rekening. Jadi, sabar saja ya teman-teman toh nanti juga akan cair. 

Mudah-mudahan maksimal minggu terakhir bulan November 2022 kalau bisa lebih cepat dari itu , misalakn minggu ini. Mungkin itu yang diharapkan teman-teman, karena madrasah lainnya sudah masuk rekening dan dapat dicairkan.

Yang saya rasakan disekolah swasta baik MI, MTS maupun MA apalagi yang keberadannya di perkampungan. Justru sumber keunagan utamanya itu dari BOS.

Ketika BOS telat atau cair tidak seluruhnya, kami akan kesusahan untuk membayar honor guru ataupun kegiatan lainnya.

Ketika sekolah meminta sedikit saja untuk urunan kepada siswa, orang tua siswa itu banyak yang berbicara dibelakang ini dan itu.

Intinya kata mereka sekolah itu gratis, jadi yang terbersit dipikiran mereka sekolah itu gratis tanpa biaya apapaun padahal sebenarnya konsepnya tidak seperti itu kan.

Sekolah itu tidak selamanya punya uang apalagi keberadaan siswanya sedikit, sangat mempengaruhi sekali terhadapa kebutuhan sekolah.

Kembali lagi kepermasalahan awal tentang cara mencairkan dana BOS AA di Bank BRI untuk jenjang MI dan MTS, sebenarnya caranya mudah hanya membawa buku rekening BOS atas nama madrasah dan KTP kepala dan bendahara madrasah.

Lalu bagaimana dengan surat bukti upload persyaratan BOS apakah harus dibawa? Sepengatahuan saya tidak harus, karena memang yang saya rasakan seperti itu. Cukup Buku rekening dan KTP Kepala dan Bendahara madrasah saja.

Jadi, teman-teman tidak usah takut tidak cair jika tidak membawa surat bukti upload. Sepert itu kok yang saya lakukan juga dan alahamdulillah cair seluruh dana BOS AA nya.

Demikian teman-teman Cara Cairkan BOS AA Madrasah di Bank Penyalur BRI. Selamat mencairkan. Dan mohon bersabar bagi madrasah lain yang bank penyalurnya Bank Mandiri. Terima kasih.