Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aktifkan PTK Di Simpatika

Cara Aktifkan PTK Di Simpatika - SIMPATIKA setiap semesternya (6 bulan sekali) akan direset kembali ke posisi awal dan harus di aktifkan kembali agar bisa berjalan seluruh alurnya.

Pada setiap awal semester biasanya bulan kedua akan ada pemberitahuan dari Kemenag Kab/Kota mengenai pengaktifan seluruh PTK yang terdaftar di Simpatika.

Semua tahapan proses pengerjaan Simpatika berawal dari pengaktifan PTK, maka jika diantara PTK yang belum di katifkan maka proses selanjutnya tidak akan bisa dilanjutkan.

Satu saja PTK belum mengaktifkan keaktifan dirinya maka akan menghalangi semua PTK lainnya. Yang tentunya pengerjan Simpatika ini tidak hanya pengaktifan PTK saja yang harus dikerjakan.

Banyak yang harus dikerjakan selain pengaktifan PTK dengan tahapan yang lumayan banyak dan dikerjakan bukan hanya oleh madrsah saja tapi oleh Operator Kabupaten/Kota.

Maka dari itu pengerjaannya harus tepat sesuai arahan dan jadwal dari Kabupaten/Kota. Biasanya jadwalnya ditentukan dengan beberapa versi. 

Misalakan untuk memasukan PTK baru di tentukan dari tanggal sekian sampai sekian, begitupun dengan jadwal yang lainnya.

Ini dimaksudkan agar cepat selesai, namun kadang jika tidak dijadwalpun sering berleha-leha bahkan menunggu sampai hari terakhir. 

Jika semua PTK sudah mengaktifkan kartu digitalnya maka proses pengerjaan selanjutnya bisa dlakukan, seperti membuat jadwal dan yang lainnya.

Bagi yang belum mengetahui cara mengaktikan PTK di Simpatika bisa simak artikel ini sampai habis.

Cara Aktifkan PTK Di Simpatika


Cara Aktifkan PTK Di Simpatika


Cara Aktifkan PTK Di Simpatika sangat mudah dilakukan karena saat log in pun menunya sudah langsung kelihatan.

Adapun caranya bisa ikuti langkah-langkahnya sampai selesai agar pengkaktifan diri dan mencetak kartu PTK digital dari Simpatika sukses dilakukan. Berikut caranya:

  1. Masuk ke situs SIMPTIKA, 
  2. Pilih dan klik Log in,
  3. Klik Log in PTK (akun masing-masing PTK),
  4. Masukan NUPTK/PegID,
  5. Masukan password/sandi yang telah digunakan,
  6. Lalu klik MASUK,
  7. Setelah masuk maka aplikasi sudah otomatis menunjukan pada menu KEAKTIFAN,
  8. Pada tersebut klik AKTIFKAN,
  9. Cek dahulu Potofolio apakah sudanh lengkah lengkap abaikan saja,
  10. Lalu terkahir klik CETAK. Menu cetak hanya akan muncul jika sudah mengklik Aktifkan,
  11. Cetak dalam bentuk file PDF agar sewaktu-waktu jika dibutuhkan bisa langsung digunakan tidak perlu log in dahulu,
  12. Selesai.
Berbeda lagi dengan Kepala Madrasah menu CETAK KARTU akan muncul jika semua PTK sudah aktif, jadwal sudah selesai, jam kerja PTK sudah di isi serta pengajuan S25a (Ajuan kolektif PTK) sudah disetujui Kabupaten/Kota.

Baru setelah itu seorang Kepala Madrasah bisa mengaktifkan dirinya dan mencetak kartu digitalnya. Jika belum selesai maka tidak bisa cetak kartu.

Maka dari itu fungsi dibuat jadwal oleh Kabupaten/Kota itu agar tidak kedodoran natinya. Jika telat nantinya bisa saja PTK di Madrasah anda tidak akan cair setifikasinya atau bantuan lainnya.

Maka jika ada jadwalnya langsung kerjaan dan jangan di tunda-tunda agar nantinya semua mendapat kelancaran terutama warga madrasah anda. 

Kepala Madrasah bisa Cetak Kartu PTK melalui beberapa tahapan seperti terlihat pada gambar di bawah ini yang di dalam kotak merah, data madrasah harus hijau semua tidak boleh ada yang merah
.



Nah, gimana mudah dan simpel kan caranya? Jadi jangan hanya menyuruh operator saja kalau hanya urusan mengaktikan diri pribadi sebagai PTK di Simpatika. 

Kalaupun menyuruh operator madrasah harus mengerti bukan hanya menyruh saja tapi diperhatikan juga apalagi bagi yang sudah sertifkasi. Sisihkanlah untuk operator setiap bulannya.

Namun seharusnya kamu bisa lakukan sendiri dengan mengikuti totorial diatas dan mempraktikannya. Yuk, coba dari sekarang agar kita sebagai Guru di Madrasah cerdas dalam urusan IT.

Demikan Cara Aktifkan PTK Di Simpatika mudah-mudah bermanfaat dan bisa membantu semua PTK di Madrasah yang belum bisa melakukannya. Terima kasih.