Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetik Word Yang Baik Di Laptop Sampai Mengeprintnya

Cara Mengetik Word Yang Baik Di Laptop Sampai Mengeprintnya


Cara Mengetik Word Yang Baik Di Laptop Sampai Mengeprintnya - Mengetik atau menulis di laptop atau PC merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh pelajar, mahasiswa maupun pekerja kantoran.

Tentunya dalam pelaksanaannya orang tersebut harus mempunyai skill menulis di laptop atau PC yang baik dan rapi sehingga enak dipandang mata.

Selain kerapian juga kata-kata atau kalimat yang disuguhkan pun harus sesuai dengan apa yang dimaksud, sehingga orang yang membacanya tertarik.

Salah satu aplikasi atau sofware yang digunakan untuk urusan menulis yang paling populer sampai saat ini yaitu menggunakan microsoft word.

Aplikasi yang dikeluarkan oleh Perusahaan Microsoft ini memang sudah dikenal sejak dulu sampai sekarang dan masih digunakan sampai sekarang.

Dalam perjalanannya Ms. Office Word ini selalu melakukan update yang tentunya agar performanya semakin baik.

Semenjak saya mengenal apa yang namanya komputer di tahun 2005 sampai sekarang ada beberapa versi yang dikeluarkan dari Ms. Office Word yang saya tahu antara lain ada office 2003, 2006, 2010, 2013, 2016, 2019 dan yang terbaru office 2021/LTSC. 

Dan mungkin teman-teman yang lebih senior dari saya mengetahui versi lainnya yang saya tidak ketahui. Apalagi versi lawas sebelum office 2003.

Semua versi office memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Semakin kesini semakin canggih fitur yang dihadirkan sehingga memudahkan penggunanya. 

Baik dari segi desain atau interfacenya dari tahun ketahun semakin canggih serta fiturnya pun semakin lengkap dan ringan serta disesuaikan dengan kebutuhan sekarang.

Lalu bagaimana cara mengetik di word yang baik sampai selesai sehingga bisa dicetak atau diprint seuai keinginan. Simak terus pembahasannya sampai selesai.

Cara Mengetik Word Yang Baik Di Laptop Sampai Mengeprintnya

Memang mengetik di word itu susah-susah gampang. Mungkin bagi orang awam akan kelihatan susah untuk mengetik beda halnya dengan yang sudah terbiasa pasti dianggap mudah.

Untuk saat ini memang mengetik adalah suatu keharusan baik bagi pelajar untuk membuat makalah, bagi mahasiswa untuk membuat tugas dan skripsi serta orang-orang yang bekerja kantoran untuk urusan surat menyurat.

Kenapa demikian? karena dengan di tik maka tulisan yang kita buat akan kelihatan rapi dan bagus meskipun tulisan tangan dalam tanda kutip dirasa kurang bagus.

Bagi yang sudah ahli dalam hal tulis menulis pasti mereka sudah tahu semua fungsi dari word tersebut sehingga akan mudah bagi mereka jika terdapat kesalahan dalam mengetik suatu dokumen.

Berbeda dengan pemula pasti masih ada keragu-raguan atau ketakutan dalam mengoperasikannya. Takut inilah itulah sehingga membuat satu dokumen saja akan lama.

Nah, bagi pemula yang ingin mengetik di word agar baik dan rapi. Saya ada sedikit tips dan sering saya lakukan juga. Penasaran saja tipsnya?

Berikut tips mengetik di word yang baik di laptop atau PC bagi pemula:

1. Atur Style ke No Spacing

Usahakan sebelum menulis di lebar kerja Ms. Office Word ubah dahulu stylenya dari Normal ke No Sapcing. maksdunya agar nantinya tulisan yang dibuat tidak berjauhan dan rapi. 

Biasanya dalam mode normal tulisan akan sedikit berjauhan antara baris satu dengan barus keduanya. ketika di spasi maka akan lebih jauh lagi.

Apalagi yang tulisannya banyak, seperti skripasi maka pengaturan ini sangat efektif karena diakhir kita tidak perlu merapikannya kembali.

2. Atur Margin dan Paper

Pengaturan margin dan paper (kertas) sangat penting sekali agar nantinya ketika di print tidak ada yang terpotong atau hilang sebagian serta akan kelihatan rapi karena berbagai sisinya diatur dengan baik.

Untuk jenis kertasnya sendiri ada beberapa macam yang tersedia namun yang sering digunakan yaitu jenis kertas A4 dan F4 dan amplop.

Untuk jenis kertas A4 sudah tidak perlu diatur lagi karena ukurannya sudah sesuai dengan ukuran kertasnya tinggal pegaturan margin saja yang harus disesuikan dengan kebutuhan. 

Baik bagian kiri (left), atas (top), kanan (right) dan bawah (bottom). Karena ada beberapa dokumen yang mempunyai aturan margin sendiri seperti skripsi atau karya ilmiah.

Sedangkan untuk jenis kertas F4 dalam pengaturannya tidak jenis tersebut yang ada hanya legal, namun jika memilih legal suka ada yang terpotong karena ukurannya lebih panjang dari ukuran F4. Bila tidak tahu pengaturan sisi-sisnya.

Tips dari saya jika menulis dengan jenis kerta legal maka ukuran atas dan bawahnya harus berbeda setengahnya. Misal bagian atas 2 cm maka bagian bawah harus 4 cm baru tidak akan terpotong.

Untuk lebih mudahnya agar sesuai dengan kertas F4 maka cari saja costumize atau bisa langsung tulis ukurannya di bagian paper size

Jika menggunakan kertas berdiri atau potrait maka pada menu paper ganti ukuran height meanjdi 33 cm sedangkan untuk width jangan dirubah.

Jika menggunakan kertas menyamping atau landscape maka pada menu paper width menjadi 33 cm dan height jangan dirubah.

Dengan ini kamu tidak perlu khawatir saat mencetak dokumen yang dibuat karena dengan ukuran ini tidak akan ada tulisan yang terpotong.

3. Ketahui dan Gunakan Semaksimal Mungkin Semua Fungsi Menu Bar

Minimal bagi yang masih pemula ketahui dulu 2 menu bar yaitu menu Home dan Insert. Karena menu ini yang sering dipakai ketika menulis.

Di menu bar Home semua sub menu yang tersedia sering digunakan. Sedangkan di menu Insert hanya sebagain yang digunakan seperti insert gambar dan shape, membuat tabel, diagram dan memisahakn lembar kerja antara potrait dan landscape.

4. Pilih Jenis Font dan Gunakan Ukuran yang Sesuai

Dalam penggunaan font biasanya yang sering digunakan adalah jenis font calibri, arial dan time new roman dengan ukuran 12.

Jenis font dan ukuran tersebut memang sudah lumrah kita temukan karena memang jenis dan ukuran font tersebut formalnya seperti itu.

5. Gunakan Fungsi Ruller/Penggaris

Untuk yang belum tahu cara memunculkan ruller saya kasih tahu caranya yaitu dengan mengklik menu bar View dan ceklis pada sub menu ruler. Maka otomatis ruller akan muncul.

Fungsi Ruller ini adalah untuk mengatur berbagai macam kebutuhan ketika bekerja menggunaka word seperti penyesuain baris baru, bullet dan numbering, membaut daftar isi agar titik-titiknya sejajar dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

6. Cetak/Print Hasil Kerja di Word

Nah, jika semua yang di atas sudah difahami, tinggal megetik saja pada lembar kerja office word untuk berbagai kebutuan seperti membuat surat, makalah, skripsi, karya ilmiah, dan laporan serta masih banyak lagi yang lainnya yang bisa dilakukan di Ms. Office Word tersebut.

Jika sudah selesai tinggal cetak atau print saja sesuai kebutuhan dengan cara klik File => Print atau CTRL+P. Untuk cara print dokumen pada Ms. office Word akan dibahas pada artikel berikutnya.

Demikian informasi Cara Mengetik Word Yang Baik Di Laptop Sampai Mengeprintnya. Semoga bermanfaat. Mari kita saling berbagi ilmu agar semakin bertambah pengetahuan yang kita miliki.