Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencetak Lembar Kerja Excel Dengan Rapi

Cara Mencetak Lembar Kerja Excel Dengan Rapi

Cara Mencetak Lembar Kerja Excel Dengan Rapi - Bekerja menggunakan Ms. Excel sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang bekerja yang berhubungan dengan angka, tabel maupun grafik.

Dengan Excel sangat memudahkan pekerjaan karena dapat menghitung secara cepat dan akurat tanpa bantuan alat hitung (kalkulator).

Karena didalam Excel sudah tersedia menu-menunya tinggal bagaimana kita menggunakannya. Memang rumus excel tidak semuanya terdapat dalam menu. Hanya beberapa saja yang tampil sebagai defaultnya.

Seperti penjumlahan, pengurangan, rata-rata, nilai maximum dan minimum. Untuk menggunakan rumus yang lain kalian harus menggunakan cara lain juga.

Caranya dengan membuat rumus sendiri sesuai dengan kebutuhan. Banyak rumus yang bisa dibuat seperti membuat sebuah aplikasi excel untuk penilaian di sekolah.

Jadi, kalian harus punya pengetahuan dahulu mengenai rumus yang akan digunakan dan sekarang banyak tutorialnya di Google maupun di Youtube.

Dengan menggunakan rumus maka pekerjaan akan semakin gampang karena dengan satu rumus pada baris pertama maka isi untuk baris yang dibawahnya tinggal tarik saja tanpa buat rumus lagi.

Jadi, kita tidak perlu satu-satu secara manual untuk menghitungnya. Itulah mudahnya bekerja di excel. Satu kali kerjanya tapi bisa dilakukan untuk semua.

Kemudian, bisa juga hasil kerja di excel di konversi menjadi sebuah grafik secara otomatis asalkan datanya sudah lengkap.

Namun, pada pembahasan kita kali ini berfokus pada bagaimana caranya agar sebuah hasil kerja di excel bisa di cetak dengan rapi tanpa ada yang terpotong.

Maka, untuk pembahasannya bisa dilihat dibawah ini.

Cara Mencetak Lembar Kerja Excel Dengan Rapi

Cara Mencetak Lembar Kerja Excel Dengan Rapi memang susah-susah gampang. Dibilang susah memang tidak seperti di word sesudah selesai kerja langsung print saja juga bisa.

Ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan sebelum mencetaknya. Kadang susahnya ketika mencetak sheet yang panjang tapi mau masuk semua. 

Berbeda dengan word, lebarnya terbatas dan mungkin data yang ada di excel tidak akan muat di word. Namun di excel data yang panjang dapat tercetak semua namun hanya ukurannya saja menjadi kecil.

Karena memang skala yang digunakan diperkecil agar masuk semua tidak 100%. Tapi setidaknya data yang dibuat dapat dicetak dalam 1 lembar dan dalam keadaan masih terbaca.

Gampangnya memang mencetak seperti biasanya seperti di word. Namun yang membedakannya ketika  mencetak lembar kerja Excel kadang kurang rapi, terpotong dll.

Untuk dapat mencetak lembar kerja excel denganr api maka bisa ikuti beberapa tips berikut ini :

1. Atur margin halaman

Pastikan margin halaman disesuaikan dengan kebutuhan, agar tulisan pada lembar kerja tidak terpotong ketika dicetak. Untuk mengatur margin, buka tab "Page Layout" di Excel, kemudian pilih "Margins" dan atur sesuai keinginan.

2. Sesuaikan ukuran kertas

Pastikan ukuran kertas sesuai dengan ukuran lembar kerja Excel, sehingga tulisan tidak terpotong ketika dicetak. Anda dapat memilih ukuran kertas di opsi "Page Setup" pada menu "File".

3. Beri judul dan nomor halaman

Agar mudah dibaca dan diatur, beri judul dan nomor halaman pada lembar kerja. Anda dapat menambahkan header dan footer dengan memilih "Header & Footer" pada tab "Insert".

4. Cek ulang tata letak: 

Pastikan tata letak lembar kerja rapi dan tidak berantakan. Anda dapat menggunakan fitur "View Gridlines" pada tab "View" untuk memeriksa apakah sel-sel di dalam lembar kerja teratur.

5. Cetak dengan pengaturan kualitas terbaik

Pilih pengaturan kualitas cetak terbaik agar hasil cetakan lebih tajam dan jelas. Anda dapat memilih opsi kualitas cetak di opsi "Print Quality" pada opsi "Page Setup" pada menu "File".

6. Jangan lupa untuk menyimpan perubahan sebelum mencetak

Pastikan Anda sudah menyimpan lembar kerja Excel terlebih dahulu sebelum mencetak, agar tidak kehilangan perubahan yang sudah dilakukan.

Dengan Cara Mencetak Lembar Kerja Excel Dengan Rapi bisa mengikuti tips di atas. Adapun untuk detail pembahsan mengenai mengatur margin, kertas dan yang lainnya akan dibahas dilain waktu.  

Terima kasih.