Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pengisian V2 EDM eRKAM Madrasah Manual Format Excel Terbaru

Cara Pengisian V2 EDM eRKAM Madrasah Manual

Cara Pengisian V2 EDM eRKAM Madrasah Manual Format Excel Terbaru
- Guna mempermudah dan memperlancar pendataan terutama yang berkaitan dengan data madrasah, maka Kemenag Pusat membuat inonasi baru dengan cara membuat aplikasi berbasis online.

Walaupun dalam kenyataannya masih banyak bug atau error dari apliaksi tersebut sehingga tidak bisa di akses oleh madrasah.

Seperti yang telah kita ketahui bersama ada banyak aplikasi yang digunakan di madrasah seperti aplikasi Simpatika untuk mendata guru dan siswa yang nantinya berpengaruh juga dengan sertifikasi dan insentif.

Ada aplikasi EMIS untuk pendataan madrasah dari mulai lembaga, siswa, dan guru. Data EMIS lebih berfungsi ke pedataan siswa terutama untuk BOS dan ujian-ujian seperti ANBM dan AKMI.

BOS juga mempunya aplikasi tersendiri yaitu melalui Portal BOS. Madrash bisa mengajukan pencairan dana BOS melalui portal ini secara mandiri dan online dengan cara upload dokumen yang telah ditentukan.

Dulu sebelum ramai segala sesuatu berbasis online pengajuan dana BOS dilakukan secara manual dan berkas dibawa ke Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing.

Mungkin ada yang sama mengalami seperti itu kan? Bagaimana susahnya dulu saat pengajuan BOS secara manual. Belum lagi telat cair.

Madrasah kami pernah 5 bulan dana BOS belum cair juga yang membuat kelabakan madrasah terutama untuk bayar guru honorer.

Dan yang terbaru untuk pendataan keuangan madrasah yang bersumber dari BOS ada aplikasi baru yang bernama eRKAM online. Nah, ini yang akan dibahas kali ini.

Namun belum semua madrasah menggunakannya karena untuk bisa amenggunakannya harus Bimtek terlebih dahulu.

Kebetulan madrasah kami belum Bimtek dari beberapa Kecamatan yang terdekat hanya Kecamatan kami yang belum Bimte EDM eRKAM.

Jadi, kami masih menggunakan EDM eRKAM versi manual dalam format excel yang pengisisannya lumayan pusing juga.

Berikut pemabahasan mengenai cara isi EDM eRKAM v.2 format excel.

Cara Pengisian V2 EDM eRKAM Madrasah Manual Format Excel Terbaru

Cara Pengisian V2 EDM eRKAM Madrasah Manual Format Excel Terbaru memang tidak berbeda jauh dengan format excel sebelumnya yang pernah diisi.

Cara Isi EDM v.2 format Excel

dalam pengisian EDM ada sedikit perubahan pada sheetnya, dimana dulu langsung nomor urut, sedangkan sekarang sebelum nomor urut ada kode, kode_ref, dan kategori.

Serta ada penambahan Nama Madrasah dan Tanggal pemutakhiran  pada bagian atas format excel yang sebelumnya tidak ada.

Untuk menu-menu selanjutnya format excxelnya sama seperti yang dulu yang pernah di share oleh Kemenag Kabupaten Kota.

Adapun langkah-langkah pengisian EDM sebenarnya lumayan mudah tinggal isi nilai 1-4 dari pertanyaan indikator yang sesuai dengan dokumen EDM yang ada.

Jika lengkap berarti 4 dengan nilai sangat baik begitupun selanjutnya. karena setiap mengisi nilai maka otomatis dengan keterangannya masing-masing.

Yang harus diperhatikan yaitu pada pengisian alasan memberi nilai tersebut, misalnya 3 berati ada seuatu yang kurang pada komponen tersebut. Maka tuliskan alasannya atau penyebabnya apa saja, maksimal 3.

Selanjtnya yang tak kalah penting yaitu mengisi prioritas yang di rekomendasikan madrasah masing-masing. Dengan urutan prioritas mana yang harus di dahulukan dan mana yang belakangan harus dipenuhi.

Isikan berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kemudian isi juga bagian menu output dan outcome berdasarkan SNP yang ditulis sebelumnya.

Untuk pengisisan EDM selesai sampai disana tinggal simpan dan nantinya upload ke Poratl BOS untuk persyaratan pencairan dana BOS Madrasah.

Cara Isi eRKAM v.2 Formt Excel

 Untuk eRKAM, pengisiannya lumayan rumit karena harus menghitung dulu jumlah dana BOS yang akan diterima pada tahun anggaran berjalan.

Harus sampai balance, artinya jangan sampai ada sisa sepeserpun alias harus 0. Jika masih ada sisa berarti ada yang salah dalm pengisiannya.

Adapun langkah-langkah mengisi eRKAM format excel adalah sebagai berikut:
  1. Buka sheet RKAM - Pendapatan isikan jumlah siswa dan besaran dana BOS persiswa dalam 1 tahun. Maka otomatis akan muncul besaran dana BOS untuk Tahap I dan Tahap II.
  2. Buka sheet RKAM - Belanja NON EDM dan isikan seperti honor guru, tagihan listrik, air, pulsa atau yang sifatnya rutin dibayar setiap bulan.
  3. Buka sheet RKAM - Belanja Prioritas EDM dan isikan seperti perbaikan sekolah, ujian-ujian  atau belanja lainnya yang sifatnya tidak rutin dilakukan/dibayar setiap bulan.
  4. Jika sudah disi semua pastikan tidak ada sisa dana BOS alias 0. Bisa di cek pada bagian paling atas sheet RKAM - Belanja NON EDM dan RKAM - Belanja Prioritas EDM.
  5. Untuk sheet rekap otomatis terisi jika sudah selesai pengisisan RKAM - Belanja NON EDM dan RKAM - Belanja Prioritas EDM.
  6. Kemudian cek bagian sheet APBM apakah sudah sesuai atau belum dana BOS madrasah tersebut.
  7. Jika sudah balance semuanya berarti selesai tinggal upload ke portal BOS.
  8. Tunggu verifikator meverifikasi ajuan BOS madrasah. Apakah ditolak atau diterima.
Demikian informasi mengenai Cara Pengisian V2 EDM eRKAM Madrasah Manual Format Excel Terbaru . Mudah-mudahan membantu. 

Semangat mengisinya ya teman-teman. Jangan lupa berbagi ke teman-teman lain jika format yang anda isi benar.

Terima kasih.