Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Peluang Bisnis UMKM 2023 Sedikit Pesaing Bermodal Kecil

Peluang Bisnis UMKM 2023 Sedikit Pesaing Bermodal Kecil
Peluang Bisnis UMKM 2023 Sedikit Pesaing Bermodal Kecil - Dalam usaha memulai akan sebuah bisnis, ada beberapa hal yang harus dicermati dahulu sebelumnya agar dari sang kompetitor seperti analisis reiko dan modal agar nantinya strategi bisnis yang dijalankan bisa berjalan secara maksimal. 

Sudah menjadi hukum alam dimana ada modal besar maka disitu peluang bisnis semakin lebar pula untuk dijalankan dengan berbagai sektor bidang usaha yang ingin dipilih. 

Namun, ada pula bisnis yang tidak begitu besar modalnya tapi menjajikan keuntungan yang lumayan besar yakni bisnis dari sektor UMKM.

Tapi, dalam berbisnis baik yang modal besar atau kecil harus diperhatikan dahulu bisnis apa yang memiliki permintaan tinggi tapi minim pesaing sehingga akan lebih mudah dalam penguasaan pasar karena bisnis yang dijalankan berbeda dari yang lain dengan strategi yang lain pula.

Jangan lupa juga gunakan teknologi dlaam menjalankan bisnis, apalagi era canggih seperti sekarang bisa memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau konsumen serta mempromosikan bisnis yang sedang dijalankan. 

Memang efek media sosial dan internet sangan besar sekali dalam kemajuan bisnis yang dijalankan, asal pintar memanfaatkannya apalagi viral pasti akan mendongkrak bisnis yang dijalankan. ini sudah banyak yang membuktikannya. 

Peluang Bisnis UMKM 2023 Sedikit Pesaing Bermodal Kecil

Berikut Peluang Bisnis UMKM 2023 Sedikit Pesaing Bermodal Kecil yang bisa menjadi referensi untuk memulai usaha atau bisnis maupun menambah cabang usaha dibadang lainnya yang tentunya berpeluang mendapatkan cuan yang lumayan besar, antara lain:

1. Bisnis Makanan/Minuman Ringan

Jika menilik secara seksama bisnis makanan atau minuman tentunya tiada habisnya. Dari hari ke hari makin banyak inovasi yang disuguhkan dari usaha ini. Serta makin banyak pula yang melakukannya.

Karena bisnis ini bersifat mengikuti trend saat ini maka harus pintar-pintar berinovasi, entah itu dari kemasan, harga, lokasi, pelayanan yan ramah dan tentunya yang paling penting adalah rasanya.

Dengan pelayanan spesial yang kita suguhkan tentunya pelangganpun akan nyaman dan terus berlangganan di toko makana atau minuman yang kita punya.

Apalagi setiap waktu selalu mengadakan promo atau diskon untuk pelanggan pasti semakin banyak pelanggan berdatangan. 

Apapaun jenis usaha makananan atau minumannya jika kelihatan menarik pasti akan banyak pelanggan kepincut. 

Misalnya usaha keripik singkong dengan berbagai varian rasa dan kemasan yang unik atau sop buah dengan campuran campurtan es krim di atasnya. 

Ataupun usaha lainnya yang bisa anda lakukan sesuai lingkungan dimana anda berada.

Jangan lupa juga manfaatkan media online agar bisa menjual keberbagai daerah lain, tapi usahakan bisnisnya yang awet atau tahan lama sehingga bisa sampai kedaerah lain tidak rusak atau busuk.

2. Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food untuk saat ini memang belum terlalu banyak yang menjalankan. ini bisa mnjadi salah satu peluang bisnis bagi anda jika berminat. 

Karena saat ini orang-orang maunya yang serba instan dan cepat namun bisa disimpan lama dilemari pendingin baik kulkas maupun freezer. Yang sewaktu-waktu ingin dimakan tinggal ambil aja.

Contohnya saja sosis, nugget, otak-otak, fish roll, sunfish cheese, dimsum, bellfoods, bakso, bakso ikan daging ayam, daging sapi dan masih banyak lagi yang lainnya bahan makanan beku.

Terbukti dengan maraknya pedagang sosis bakar, bakso bakar, seblak yang banyak topingnya seperti odang dan sunfish cheese. 

Bisnis ini lumayan menjanjikan dan minim saingan serta akan mendapatkan keuntungan yang lumayan. Berminat? Silakan coba.

3. Bisnis Minuman Kesehatan

Kesehatan memang hal yang paling berharga dalam diri kita, maka untuk menjaga diperlukan nutrisi yang baik dan sehat agar imunitas tubuh kita tetap terjaga dan tahan penyakit.

Salah satunya bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan yaitu dengan meminum-minuman herbal seperti jamu. Jamu sudah terbukti khasitnya untuk kesehatan.

Maka dari itu, bisa anda coba bisnis ini karena modalnya tidak terlalu besar sekitaran 1 sampai 2 juta dengan keuntungan 2 kali lipatnya.  Karena trend saat ini maunya yang alami atau herbal yang tidak berefek samping.

4. Bisnis Toko Online

Toko online sudah sangat marak dibeberapa tahun terakhir. Trend ini bisa anda jadikan peluang bisnis yang menjanjikan cuan banyak.

Asalkan pintar memanagenya pasti bisnis ini akan laris manis, karena hampir semua orang sudah tahu belanja online.

Apalagi harga yang ditawarkan di toko biasa dan toko online ada perbedaan harga pasti konsumen akan memilih belanja ke toko online. 

5. Bisnis Reseller

Bisnis reseller patut dipertimbangkan apalagi bagi anda yang kurang modal karena bisnis ini kita tidak perlu memikirkan biaya produksi kita hanya cukup bantu jualan yang punya barang.

Untuk harganya bisa kita atur sendiri asalkan tidak kurang dari harga perusahaan tetapkan. Berarti lebihnya untuk kita sebagai resellernya.

Bisnis ini pintar-pintar  kita saja sebagai reseller mencari perusahaan yang percaya terhadap kita yang barangnya mau kita bantu jualin.

6. Bisnis Affiliate Marketing

Menjadi affiliate beberapa tahun terakhir memang sedang banyak diminati. Dengan hadirnya Tik Tok dan platform media sosial lainnya untuk promosi. 

Banyak dari mereka yang menjadi affiliate dan sukses mendapatkan cuan. Apalagi produk yang dipasarkan laku keras dengan promosi yang lakukan sang affiliate. 

Anda berminat silakan coba ya. Dan tentunya ikuti aturan dari sang penyedia affiliate karena tidak bisa begitu saja menjadi affiliator.

7. Bisnis Jasa Online

Bisnis online memang sudah merajalela dimana-mana, semakin kesini semakin banyak kebutuhan untuk berbagai jasa online seperti penulis konten (content writer), web design, ataupun digital marketing.

Bisnis ini tidak memerlukan modal begitu banyak hanya bermodalkan PC/laptop serta skill IT/digital yang mumpuni. 

8. Bisnis Waralaba (Franchise)

Bisnis waralaba memang lagi hits-hitsnya saat ini karena bisnis ini dirasa cukup mudah yaitu anda tinggal sediakan modal awal saja kemudian selanjutnya  kita bisa atur sendiri.

Karena sistemnya paket maka anda tidak perlu memikirkan perlengkapan, hingga bahan untuk produksi, karena sudah satu paket.

9. Bisnis Budidaya

UMKM dan masyarakat seharusnya jangan terfokus dalam usaha umum dan kecil saja. Tapi seharusnya ada sedikit inovasi usaha lainnya seperti usaha budidaya dan pertanian.

Seperti budi daya sayuran, cabai, buah-buahan maupun budidaya lainnya serta pertanian seperti padi. Karena potensi pangan saat ini sangat menjanjikan dan menjadi kebutuhan sehari-hari bahkan bisa dibilang sebagai kebutuhan primer.

Maka, peluang ini bisa anda manfaatkan sebagai peluang usaha untuk meraup untung yang besar, karena tidak menutup kemungkinan harga yang didapat akan lebih tinggi dari biasanya.  

Demikian informasi mengenai Peluang Bisnis UMKM 2023 Sedikit Pesaing Bermodal Kecil yang bisa jadi bahan referensi anda yang mudah-mudah menjadi peluang kita bersama.

Terima kasih.