Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bimtek EDM eRKAM Online Dibuka Kembali Bagi Madrasah Yang Belum Tercover

Bimtek EDM eRKAM Online Dibuka Kembali Bagi Madrasah Yang Belum Tercover

Bimtek EDM eRKAM Online Dibuka Kembali Bagi Madrasah Yang Belum Tercover - Salah satu program dalam meningkatkan mutu pengelolaan dan layanan Pendidikan madrasah dari Kemenag RI yaitu adanya proyek REP -MEQR. 

Realizing Education’s Promise- Madrasah Education Quality Reform atau yang sering di sebut REP -MEQR sebuah terobosan baru dari Kemenag RI dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau kegiatan dengan berbasiskan online.

Salah satunya dengan menerapkan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) yang biasanya manual memakai Ms. Excel menjadi berbasis elektronik (e-RKAM). 

Dalam penyusunan rencana kerja dan anggaran madrasah yang berkualitas harus mengacu pada analisis hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Bimtek EDM eRKAM Online Dibuka Kembali Bagi Madrasah Yang Belum Tercover

1. Tujuan dan Manfaat Bimtek

Untuk menyiapkan personil di madrasah agar program ini terealisasi dengan baik maka diperlukan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagaimana cara Penerapan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (e-RKAM).

Tujuannya agar madrasah mampu dengan baik mengalokasikan dana dengan tepat dari berbagai sumber dana dari pemerintah seperti BOS dan dana lainnya guna mencapai kegiatan berdasarkan SNP. 

Maka dengan begitu pemantauan manfaat dana baik dari jenjang kabupaten/kota, provinsi sampai pusat dapat dengan mudah dilakukan yang dapat diakses selama 24 jam karena berbasis online.

Kualitas suatu lembaga pendidikan terutama madrsah dapat meningkat seiring baiknya kualitas dalam perencanaan dan penganggaran.

2. Sasaran Program

Program ini telah berjalan sejak tahun 2020 namun baru sebagian yang sudah bimtek. Termasuk madrasah kami baru kebagian Bimtek sekarang 2023.

Seharusnya terlaksana tahun 2022 namun karena sesuatu hal yang menjadi tidak bisa terlaksana oleh pemerintah di tahun 2022 maka baru dilaksanakan kemarin bulan Maret tanggal 31 Maret -10 April 2023.

Untuk Tahun Anggaran 2022 jumlah madrasah yang diikutsertakan dalam Bimtek penerapan EDM dan e-RKAM berjumlah 15.500 madrasah mulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), yang tersebar di 16 provinsi sebagai berikut:

  1. Provinsi Sumatera Utara
  2. Provinsi Sumatera Barat
  3. Provinsi Jawa Barat
  4. Provinsi Jawa Timur
  5. Provinsi Nusa Tenggara Barat
  6. Provinsi Jawa Tengah
  7. Provinsi Kalimantan Barat
  8. Provinsi Kalimantan Selatan
  9. Provinsi Sulawesi Tenggara
  10. Provinsi Sulawesi Tengah
  11. Provinsi Sulawesi Barat
  12. Provinsi Sulawesi Utara
  13. Provinsi Maluku
  14. Provinsi Maluku Utara
  15. Provinsi Papua Barat
  16. Provinsi Papua

Untuk jumlah dan nama madrasah yang akan ikut sasaran Bimtek Program ini akan ditetapkan kemudian melalui Surat Keputusan Ketua PMU karena tidak semua madrasah langsung ikut semua.

3. Materi Bimtek

Materi Bimtek penerapan EDM dan e-RKAM Tahun 2022 meliputi 2 kajian yaitu sebagai berikut:

a. Materi Daring:

  • Kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia.
  • Proyek REP-MEQR
  • Petunjuk Teknis Bimtek Penerapan EDM dan e -RKAM
  • Evaluasi Diri Madrasah (EDM)
  • Sistem Perencanaan dan Penganggaran Madrasah
  • Panduan Aspek Sosial dan Lingkungan untuk Madrasah
  • Aplikasi e-RKAM
  • Rencana Tindak Lanjut

Bimtek daring akan dilaksanakan dengan 2 metode yaitu:

  • Belajar mandiri, yang terdiri dari mandiri 1 dan mandiri 2 : 6 JPL
  • Tatap muka secara virtual (Zoom atau Google Meet) : 34 JPL
Jadi, Total 40 JPL untuk metode daring.

Bimtek daring dilaksanakan selama 11 hari melalui aplikasi LMS, bukti kepesertaan dan kelulusan peserta bimtek yaitu dengan mendapat sertifikat.

Sertikat bimtek daring secara otomatis dapat diperoleh (unduh) dari aplikasi LMS jika sudah selesai pembelajaran dan lulus tes akhir (mencapai Passing Grade 6.00).

b. Materi Luring

Materi luring merupakan praktek penggunaan aplikasi EDM – eRKAM guna meningkatkan pemahaman peserta bimtek dalam menggunakan aplikasi EDM – eRKAM dari hasil pembelajaran secara daring.

Sehingga nantinya saat menggunakan aplikasi EDM - eRKAM di madrasahnya masing-masing bisa mengerjakannya.

Durasi kegiatan luring sebanyak 16 JPL  dilokasi yang telah di tentukan dalam waktu 3 hari hari dengan  rinciakegiatan:

  • Hari 1: 4JPL
  • Hari 2: 8JPL
  • Hari 3: 4JPL
Peserta luring akan dilatih bagaimana cara pengisian aplikasi EDM – eRKAM baik untuk kepala, bendahara atau staf. Nantinya mereka akan berlatih peran sebagai kepala, bendahara, maupun staf.

3. Penilaian

Setelah semua topik materi beserta sub-subnya selesai dilakukan maka terakhir yaitu penialain atas apa yang telah dipelajari. 

Bagi peserta yang sudah menyelesaian satu topik bisa melanjutkan kembali ke topik lainnya. Yang mana didalamnya berupa video dan file-file mengenai bimtek EDM-eRKAM.

Jika peserta bimtek telah membuka semua materi selanjutnya terakhir ada yang namanya tes akhir. Dimana nantinya peserta akan diberikan pertanyaan seputar materi yang telah dipelajari. 

Ada 20 soal tes akhir yang harus dikerjakan oleh peserta bimtek. Minimal peserta menjawab benar 12 nomor yang artinya dapat nilai 60.00. 

Jika masih kurang dari 60.00 maka belum lulus dan harus mengulang lagi dengan pertanyaan yang berbeda.

Jika peserta bimtek minimal sudah dapat nilai minimal 60.00 maka dinyatakan lulus dan berhak mengikuti bimtek luring. 

Nah, jika Bimtek sudah selesai baik daring maupun luring maka peserta berhak mendapat sertifikat yang dapat di downlod di aplikasi LMS setelah mengikuti tatap muka ke 3.

Demikian informasi mengenai Bimtek EDM eRKAM Online Dibuka Kembali Bagi Madrasah Yang Belum Tercover. Semoga yang sedang bimtek sekarang semuanya diberi kelancaran. Amiin.

Semoga bermanfaat.