Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar dan Ajukan Proposal Bantuan Sarana Prasarana Madrasah di SIM-SARPRAS Kemenag

Cara Daftar Dan Ajukan Proposal Bantuan Sarana Prasarana Madrasah Di SIM-SARPRAS Kemenag

Cara Daftar dan Ajukan Proposal Bantuan Sarana Prasarana Madrasah di SIM-SARPRAS Kemenag - Pengajuan bantuan dari Madrasah kepada Kemenag sebetulnya semua madrasah menginginkannya, tapi kenyataannya sangat susah sekali mendapatkannya.

Entah ajuan kita tidak sampai ke Kemenag atau memang karena terlalau banyak yang mengajukan jadi susah tercover atau memang ditolak.

Karena saya juga termasuk yang pernah melakukannya, sudah beberapa kali mengajukan tapi belum ada tembusannya.

Saya pernah mengajukan Prasarana namun belum ada tembusannya sampai saat ini, madrasah saya membutuhkan sekali perangkat komputer untuk menunjang pengerjaan Asesmen Madrasah maupun Asesmen Nasional.

Serta pekerjaan lain yang berhubungan dengan komputer, karena sekarang segala sesuatu berbasis online selain HP maka diperlukan lapatop dan komputer.

Bukannya tidak mau mengajukan bantuan bangunan tapi dalam satu pengajuan hanya bisa dilakukan satu kali saja. 

Jika mau ganti pengajuan kemungkinan pada tahun anggaran berikutnya baru bisa gantu pengajuan dari sebelumnya..

Cara Daftar dan Ajukan Proposal Bantuan Sarana Prasarana Madrasah di SIM-SARPRAS Kemenag

Cara Daftar dan Ajukan Proposal Bantuan Sarana Prasarana Madrasah di SIM-SARPRAS Kemenag sebetulnya prosesnya sangat mudah.

Yang susah itu mendapatkan bantuannya, seberapa seringpun mengajukan belum tentu mendapatkannya. 

Lalu, bagaimana cara daftaranya? Sebetulnya untuk Log ini ke aplikasi Sim-Sarpras tidak perlu daftar  karena sudah didaftarkan oleh pusat.

Jika NSM (nomor Statistik Madrasah) sudah terdaftar aktif di Kemenag terutama di EMIS, maka langsung bisa Log in di aplikasi Sim-Sarpras. Jikalau tidak bisa log in tinggal minta reset password ke Operator Kabupaten.

Karena yang digunakan untuk masuk/Log in menggunakan NSM dan passwordnya juga menggunakan NSM.

Sedangkan untuk pengajuan bantuannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka laman simsarpras kemenag,
  2. Pilih tahun anggaran misalakan 2023
  3. Masukan User Name dan Password yaitu NSM masing-masing Madrasah dan klik Log in.
  4. Setelah log in pada menu sebelah kiri pilih dahulu menu Profil Madrasah
  5. Setelah terbuka klik menu Identitas Madrasah dan lengkapi datanya mulai dari Identitas Madrasah, Legalitas Madrasah (harus upload surat IJOP Madrasah), Data Kepala Madrasah, Data penyelnggara, Letak Geografis, dan Data Rekening Madrasah.  Jika sudah selesai klik Simpan.
  6. Selanjutnya pilih menu Data Poko Madrasah dan isi datanya yaitu berupa jumlah siswa laki-laki dan perempuan setiap kelas dan mengisi jumlah rombel. Jika sudah klik Simpan.
  7. Selanjutnya isi menu Kondisi Sarana dan Prasarana, Isi data tanah dan bangunan pada menu Luas Tanah serta isi Kondisi Sarana Prasarana Madrasah. Sesuaikan dengan madrsah anda. Jika sudah klik Simpan.
  8. Kemudian menu selanjutnya Riwayat Jenis Bantuan, isi jika pernah mendapat bantuan dalam 5 tahun terakhir. Jika tidak ada ga usah di isi.
  9. Selanjutnya pada menu Data Prestasi Siswa, isi jika ada data siswa berprestasi dalam 5 tahun terakhir jik tidak ada tidak usah di isi.
  10. Selanjutnya isi menu Dokumen Pendukung masukan/upload Foto Kegiatan Siswa, Kondisi Sarpras Baik, Kondisi Sarpras Rusak dan Video Kondisi Madrasah
  11. Terakhir isi menu Pengajuan Proposal menu ini bisa terbuka jika sudah lengkap mengisi Data pada menu Profil Madrasah terutama Data Pokok Madrasah.
  12. Jika sudah terbuka menu Pengajuan Proposal lengkapi datanya, pertama pilih jenis bantuannya misalanya RKB dan tulis deskripsi mengenai bantuan tersebut. Kemudian klik Tahap Selanjutnya.
  13. Nanti akan ada Menu Surat Permohonan, upload Surat Permohonan yang sudah di tanda tangani Kepala Madrasah yang sebelumnya di download dari aplikasi ini.
  14. Pada menu Dokumen Pendukung Utama, upload dokumennya bisa berupa foto atau file pdf.
  15. Pada menu Surat Pernyataan, download suratnya kemudian lengkapi dan upload.
  16. Jika sudah selesai klik Tahap Selanjutnya.
  17. Tahap ini merupakan tahap terakhir untuk pengiriman pengajuan. Disini akan terlihat riview dari isian di atas. Jika selesai akan ceklis biru jika ada yang belum selesai akan silang merah.
  18. Jika sudah ceklis biru semuanya berarti data sudah sesuai tapi harus dicek lagi benar tidaknya data yng masuk kemudian ceklis pada pernyataan kebenaran input data.
  19. Terakhir klik Kirim Permohoanan.
  20. Jika suskes maka akan bisa mendownload bukti pengajuannya melalaui menu Monitoring Status Pengajuan =>Terkirim => Download Tanda Terima.
  21. Selesai.

Demikian Cara Daftar dan Ajukan Proposal Bantuan Sarana Prasarana Madrasah di SIM-SARPRAS Kemenag. Semoga membantu.

Terima kasih.