Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara dan Syarat Utama Ajukan Insentif GBPNS Kemenag di Simpatika 2023

Cara dan Syarat Utama Ajukan Insentif Gbpns Kemenag Di Simpatika 2023

 Cara dan Syarat Utama Ajukan Insentif GBNS Kemenag Di Simpatika 2023 - Sebagaimana kita ketahui jikalau sebagai guru Madrasah yang berada di naungan Kemenag RI tunjangan insentif salah satu yang dinantikan.

Sebagai guru honorer saya juga merasakan hal tersebut, selain honor pokok yang di berikan madrasah tunjangan insentif merupakan suatu hal yang sangat di nanti-nantikan karena honor pokok tidak cukup.

Kalu dulu sebutan untuk insentif  itu Tunjangan Fungsional Bagi Guru Bukan PNS (STF-GBPNS) daan belum berbasis online. 

Kemudian sekarang berubah namanya menjadi Tunjangan Insentif Guru Bukan PNS. Namun tidak merubah besaran tunjangannya walau ganti nama.

Pertama kali mendapatkan rasanya senang sekali bisa dapat tunjangan ini, namun tahun demi tahu berjalan untuk mendapatkan tunjangan ini sulit sekali.

Kenapa? karena sistem yang digunakan bukan lagi offline tapi sekarang menjadi online melalui Simpatika. Apalagi kemarin yang tahun 2022 dipilihnya mungkin secara random.

Tidak tahu dari mana ukuran atau kriteria mendapat tunjangan insentif tahn kemarin, tahu-tahu sudah selamat saja di Simpatikanya.

Ada juga yang sudah bertahun-tahun dapat insentif namun tidak mendapatkannya tahun kemarin padahal persyaratan terpenuhi seluruhnya.

Bingung juga jika pemerintah yang melakukannya tapi yang kena pasti operatornya karena dia yang pegang Simpatika. 

Padahal sebenarnya tidak tahu apa-apa karena operator hanya sekedar mengajukan saja untuk verfikasi dan sebagainya namun kendali pengajuan dapat tidaknya ada di tangan operator Kabupaten atau Pusat.

Jika masuk kuota ya dapat kalau  tidak masuk kuota tidak dapat apa-apa, walaupun sebelumnya pernah mendapatkan tunjangan ini.

Setiap tahunnya insentif selalu mengalami perubahan regulasi namun tetap nominalnya tidak berubah dari tahun ke tahun yaitu sebesar Rp. 250.000 untuk setiap bulannya.

Jika di total semuanya dalam setahun setiap guru yang berhak akan mendapat 3 juta rupiah bersih jika tidak dipotong pajak dan admin bank. 

Kalau dipotong yang diterima akan kurang dari 3 juta bisa 2.750.000 atau 2.850.000 an bagi setiap gurunya.

Apalagi jika tunjangan ini mendekati hari raya sangat dinantikan sekali oleh setiap guru honorer yang terdaftar di Simpatika.

Walaupun harap-harap cemas dapat atau tidaknya tunjangan insentif ini, karena jika sudah di vervalpun masih disebut calon/kandidat penerima insentif yang artinya belum tentu dapat.

Cara dan Syarat Utama Ajukan Insentif GBPNS Kemenag di Simpatika 2023

Cara dan Syarat Utama Ajukan Insentif GBPNS Kemenag di Simpatika 2023 sebenarnya simpel dan mudah jika sudah memenuhi masuk Simpatika.

Berikut syarat-syarat mengajuka insentif GBPNS kemenag melalui Simpatika:

  1. Masuk dalam data Simpatika sekurang-kuranya 4 semester atau 2 tahun di madrasah tersebut
  2. Masuk di Simpatika sebagai Guru bukan staf
  3. Berijazah S.1 (sudah verval Ijazah di Simpatika)
  4. Mengajar minimal 6 JTM 
  5. Bisa cetak S39a (Pengajuan Insentif GBPNS Kemenag)
  6. Sudah di verval S39a oleh Kabupaten/Kota
  7. Tunggu prosesnya sampai ada informasi mendapatkan atau tidaknya tunjagan insentif biasanya di tandai dengan bia dicetaknya syarat pencairannya di SImpatika yang berupa informasi identitas dan nomor rekening.

Nah itulah teman-teman seperjuangan Cara dan Syarat Utama Ajukan Insentif GBPNS Kemenag di Simpatika 2023.

Mudah-mudahan kita semua mendapatkan tunjangan insentif ini. 

Teima kasih.