Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Detik-Detik Pengumuman Kelulusan Pretest PPG Kemenag Di Simpatika 2023

Detik-Detik Pengumuman Kelulusan Pretest PPG Kemenag Di Simpatika 2023 - Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya PPG merupakan suatu hal yang dinantikan oleh guru madrasah terutama yang statusnya swasta.

Karena dengan lulusnya PPG akan mendapatkan TPG (Tunjangan Profesi Guru) yang tentunya akan lebih menyejahterakan guru honorer non PNS.

Setelah adanya kembali pengumuman pelaksanaan PPG untuk tahun 2023 maka seluruh guru yang masuk Simpatika dan memenuhi syarat bisa mengikuti pretest.

Pengumuman ini tentunya disambut dengan gembira oleh seluruh guru madrasah honorer yang sudah lama mengabdi di madrsah tersebut.

Ketika instansi lain dalam hal ini di sekolah-sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan sedang gencar-gencarnya menghabiskan guru honorer dengan adanya PPPK.

Sedangkan sekolah dibawah naungan Kemenag belum ada program itu, kecuali di sekolah-sekolah Negeri.

Program PPPK pun hanya untuk sebagain saja dan yang dibuka juga hanya PPPK teknis serta tidak dibatasi umur. 

Guru yang ada di madrasah swasta yang berada dibawah naungan Yayasan tidak bisa mendaftar PPPK karena tidak punya SK dari Kemenag. 

Kecuali guru yang ada di Madrasah swasta tersebut sudah mempunyai nomor ujian K-2 maka dipastikan akan lulus administrasi.

Yang nantinya akan dipanggil mengikuti tes PPPK dilokasi yang telah ditentukan oleh penyelenggaranya.

Kembali ke masalah PPG, setelahnya kemarin telah dilakukan pretest PPG secara serentak di seluruh Indonesia yaitu pada tanggal 25 dan 26 Maret 2023.

Maka yang dinantikan oleh para peserta pretest adalah kelulusan pretest PPG yang selanjutnya akan mengikuti pendidikan dan pelatihan di universitas yang ditentukan.

Detik-Detik Pengumuman Kelulusan Pretest PPG Kemenag Di Simpatika 2023

Detik-Detik Pengumuman Kelulusan Pretest PPG Kemenag Di Simpatika 2023 bisa dilihat oleh masing-masing guru/PTK pada akun Simpatika masing-masing.

Nantinya di akun Simpatika akan terlihat status lulus atau tidaknya pretest PPG yang telah dilakukan pada tanggal 25-26 Maret 2023 tersebut.

Semoga yang melakukan pretest kemarin bisa lulus termasuk saya yang mengikutinya. Karena sudah lama bekerja di Madrasah.

Karena sertifikasi inilah harapan kami agar bisa menghidupi keluarga lebih bak lagi. Walaupun dengan nominal yang tidak terlalu besar yaitu 1.500.000 untuk reguler dan 2.500.000 untuk infassing.

Tapi setidaknya jika ada penghasilan tetap akan memperbaiki kehidupan ekonomi keluarga para guru honorer walaupun tidak jadi PNS atau PPPK.

Walaupun besar harapan kami ingin menjadi ASN yang mempunyai gaji tetap dan tunjangan lainnya yang lbih besar dari sertifikasi.

Tapi tetap kami syukuri jika mendapatkan rezeki lulus pretest dan PPG yang nantinya bisa sedikit menyejahterakan kehidupan kami para honorer.

Kembali pada topik, bagi yang belum tahu cara melihat pengumuman kelulusan pretest PPG, berikut cara-caranya:
  1. Log in ke akun Simpatika masing-masing PTK di laman simpatika,
  2. Jika sudah terbuka cari menu PPG dalam jabatan,
  3. Disitu akan muncul pengumuman lulus dan tidaknya pretest yang kemarin lakukan pada tanggal 25-26 Maret 2023.
Catatan: Cek terus secara berkala akun Simpatika masing-masing agar tidak ketinggalan informasi.

Nah itulah informasi tentang Detik-Detik Pengumuman Kelulusan Pretest PPG Kemenag Di Simpatika 2023.

Semoga bermanfaat. Terima kasih