Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadwal PPG Daljab Kemenag Sudah Keluar Untuk Batch 1 Tahun 2023

Jadwal PPG Daljab Kemenag Sudah Keluar Untuk Batch 1 Tahun 2023

Jadwal PPG Daljab Kemenag Sudah Keluar Untuk Batch 1 Tahun 2023 - Bagi para peserta pretest PPG yang sudah lulus, inilah yang dinanti-nantikan yaitu jadwal pelaksanaan PPG tahun 2023.

Ini tertuang berdasarkan Surat yang dikeluarkan resmi oleh Direktur  Jenderal  Pendidikan  Islam Nomor: B16.1/DJ.I/Dt.I.II/04/2023 tanggal  14  April  2023 tentang Pembukaan Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Bagi Guru Madrasah Tahun 2023.

Melalui surat ini para peserta pretest yang lulus bisa mengikuti program PPG Daljab Bagi Guru Madrasah pada tahun 2023.

Selain melalui surat ini undangan PPG 2023 bisa dilihat pada akun Simpatika masing-masing. Apa saja yang harus dilakukan jika terpanggil PPG.

Berdasarkan surat ini juga bahwa mereka yang terpanggil bukan hanya lulusan 2023 saja, namun juga bagi mereka yang sudah lulus dari tahun 2018 sampai dengan 2023.

Kabar gembira ini sangat dinantikan dari beberapa waktu yang lalau apa lagi bagi yang lulus tahun sebelumnya namun belum terpanggil juga untuk PPG.

Karena ada kejadian teman saya sudah lulus dari tahun 2019, namun belum ada panggilan juga hanya sebatas mengisi ajuan di Simpatika saja.

Ketika ada pengumuman dari pihak Kemenag Kabupaten namanya tidak ada dalam daftar. Mungkin karena usia yang masih relatif muda atau ada alasan lainnya saya juga tidak tahu alasannya.

Dan justru saya yang menjadi sasaran pertanyaannya karena sebagai opertaornya. Kenapa saya belum kepanggil, harus apa supaya terpanggil PPG dll. 

Menghadapi yang seperti itu jadi beban moral juga bagi operator karena mungkin pemikiran mereka operator tahun Simpatika jadi terus ditanyakan.

Padahal tidak seperti itu, bukan hanya mengurus yang PPG tapi semua menjadi urusan operator, dari mulai sekolah, guru, dan siswa.

Jadwal PPG Daljab Kemenag Sudah Keluar Untuk Batch 1 Tahun 2023

Jadwal PPG Daljab Kemenag Sudah Keluar Untuk Batch 1 Tahun 2023

Merujuk pada surat di atas yang dirilis oleh Kementerian Agama Kanwil Jawa Barat pada tanggal 19 April 2023.

Bahwa pendaftan PPG dimulai pada tanggal 26-30 April 2023 pada akun Simpatika masing-masing Guru Madrasah.

Selamat mengikuti PPG bagi guru yang lulus pretest semoga lulus juga PPG nya serta menjadi Guru yang profesional.

PPG atau Pelatihan Profesi Guru adalah program pendidikan yang dikeluarkan Pemerintah Kemenag RI yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta kualifikasi guru di bidang keilmuan dan pedagogik.  

PPG juga merupakan program pendidikan untuk mendapat Sertifikat Pendidik jika lulus dan berhak mendapatkan Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Bagi temen-temen guru yang belum mengetahui jadwal lengkap mengenai pelaksanaan PPG ini bisa dilihat melalui gambar di bwah ini:

Jadwal PPG Daljab Kemenag Sudah Keluar Untuk Batch 1 Tahun 2023

Berdasarkan gambar di atas sudah jelas baget jadwlnya, PTK yang lulus pretest tinggal melaksanakannya. 

Untuk metode pelaksanaannya, jika merujuk pada teman-teman yang sudah kemarin tahun 2022 maka dilakukan full daring (online).

Sedangkan untuk tempat pelaksanaannya bisanya diumumkan oleh kemenag Kabupaten/Kota masing-masing. 

Karena biasanya kampus yang digunakan tidak selalu ditempat itu, biasanya ada yang keluar kota atau pulau.

Tidak atahu untuk sekarang apakah sama atau tidak polanya. Kita tunggu saja pengumumannya dari Kabupaten/Kota masing-masing.

Namun dengan metode daring bisa dilakukan walaupun ditempat yang jauh dari tempat tinggal PTK yang lulus. Dan lama waktunya mencapai 5 bulan jika melihat jadwal di atas

Sekali lagi selamat bagi yang lulus pretest PPG dari tahun 2018-2023 untuk menempuh Pendidikan Profesi Guru (PPG). Semoga lulus dengan baik dan bagi yang belum terpanggil apalgi lolos pretest semoga masih ada kesempatan.

Demikian informasi mengenai Jadwal PPG Daljab Kemenag Sudah Keluar Untuk Batch 1 Tahun 2023. Mudah-mudah bermanfaat.

Terima kasih.