Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lokasi Wisata Pantai Indah Cocok Untuk Liburan Setelah Indul Fitri Di Garut Selatan

Lokasi Wisata Pantai Indah Cocok Untuk Liburan Setelah Indul Fitri Di Garut Selatan

 Lokasi Wisata Pantai Indah Cocok Untuk Liburan Setelah Indul Fitri Di Garut Selatan - Cocok rasanya jika ada libur panjang ketika datang hari raya.

Salah satunya hari raya umat islam diseluruh dunia yaitu idul fitri. Biasanya momen idul fitri digunakan untuk bersilaturahmi kepada seluruh keluarga besar.

Ada istilah mudik, dimana orang-orang akan kembali ke kampung halaman untuk bersilaturahmi kepada keluarga.

Nah, momen ini selain digunakan bertemu sanak famili tapi juga dimanfaat untuk berlibur ke tempat-tempat indah untuk menghilangkan jenuh.

Ada banyak tempat wisata yang akan dipadati pengunjung saat libur idul fitri, saah satunya wisata ke pantai.

Untuk orang Jawa Barat mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Garut Selatan, karena hampir seiap malam minggu banyak yang berkunjung ke pantai yang ada di Garut Selatan.

Bebeda dengan saat hari raya idul fitri, biasanya pantai-pantai yang ada di Garut Selatan dipadati pengunjung.

Kadang pantai-pantai itu penuh sesak dengan wisatawan, yang di hari-hari biasa sedikit pengunjung. Kalaupun ada hanya wisatawan lokal  dari daerah terdekat dengan pantai.

Untuk parkirpun biasanya susah sekali karena membludaknya pengunjung yang datang. Kalaupun ada biasanya ditempat yang susah dijangkau dan harus bayar pula.

Jadi, harus diperhatikan ya bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pantai di Garut Selatan terutama yang datang dari kota, karena suka ada pungli atau harga-harga menjadi naik.

Kalau mau beli sesuatu baiknya tanya dulu harganya, atau ada sesuatu yang aneh yang menurut kita ga logis harap lapor ke petugas resmi. 

Karena momen-momen saat itu banyak yang memanfaatkan untuk mencari keuntungan sesat. Tanpa memikirkan resiko setelahnya.

Susah juga bagi pengunjung untuk menghindari hal itu karena dengan banyaknya wisatawan akan susah mengkoordinir mana yang resmi mana yang tidak.

Untuk menghindai hal itu ada baiknya tanya-tanya dahulu orang yang duluan pergi berwisata ke pantai di Garut Selatan supaya tahu bagaimana solusinya.

Kembali kepada topik, ada beberapa pantai yang direkomendasikan admin untuk liburan setelah idul fitri yang tentunya dijamin menyenangkan dan indah.

Simak ulasannya berikut ini.

Lokasi Wisata Pantai Indah Cocok Untuk Liburan Setelah Indul Fitri Di Garut Selatan

Lokasi Wisata Pantai Indah Cocok Untuk Liburan Setelah Indul Fitri Di Garut Selatan yang bisa menjadi rekomendasi buat dikunjungi adalah sebagai berikut:

1. Pantai Ranca Buaya

Pantai Ranca Buaya menjadi pantai yang pertama kali dutemui saat mantai di Garut Selatan. Lokasinya berada di Desa Purbayani Kecamatan Caringin, Garut.

Dipantai Ranca Buaya enak sekali jika dijadikan tempat untuk makan bareng, berenang dan menghirup angin segar.

Jika hari biasanya suasanya sangat menyegarkan karena tidak terlalu banyak orang di pantai ini. Hanya beberapa wisatawan saya yang ada.

Bisa dibayangkan betapa tenangnya suasana kita duduk di gazebo menghdap pantai lalu datang sun set, Beuuh gimana ga senang tuh hati kan.

Lalu dilanjutkan dengan santap ikan bakar, cumi asam manis dan lain-lain makin mnatap aja tuh liburan kita.

Memang faktanya seperti itu karena saya yang mersakannya. Sebagai orang lokal kalau mau sekedar healing langsung aja ke Ranca Buaya. Lalu bakar ikan makan sama anak istri sudah senangnya minta ampun.

Jadi, pantai ini direkomendasikan bagi wisatwan yang ingin berlibur bersama keluarga lalu menyantap makan bersama-sama. Karena suasananya enak banget buat bersantai.

Jam operasionalnya 24 jam buka setiap hari dengan tiket 7.500 per orang. Tidak tahu untuk lebaran tahun 2023 apakah akan naik atau tidak. Dan jika datang rombongan  bisa lebih murah.

2. Puncak Guha

Puncak Guha berada setelah pantai Ranca Buaya tepatnya di Kp. Sirnajaya kecamatan Bungbulang, Garut.

Yang spesial dari Puncak Guha adalah menikmati pantai dari tebing tinggi, sehingga kelihatan banget indahnya lautan yang begitu luas. Apalagi ada sun set nya. Waah makin indah.

Ditemani angin yang segar sembari duduk diatas ketinggian membuat pikiran dan hati menjadi tenang. 

Disini juga bisa dijadikan tempat kemah bagi yang ingin menyaksikan pantai saat malam tiba.

Pantai ini juga dibuka selama 24 setiap hari dengan tiket kira-kira 7.500 dan mungkin untuk parkir akan beda lagi.

So, mau nikmati pantai dari atas tebing datang kesini aja ya ke Puncak Guha.

3. Pantai Cicalobak

Selanjutnya ada Pantai Cicalobak, lokasinya berada di Kp. Mekarsari Garut. Pantai ini berada setelah Puncak Guha.

Lokasinya yang dekat dengan jalan raya serta MAsjid Al Jabar Garut Selatan memudahkan untuk sampai meuju pantai.

Dengan karang yang tidak runcing membuat kita betah duduk-duduk di atas batu karang sembari menikmati keindahan pantai. 

Di pantai ini juga cocok bagi yang ingin berenang karena ombak yang datang tidak terlalu besar dan cocok juga buat anak kecil untuk berenang.

Jam opersional pantai ini 24 jam dengan tiket masuk  sekitar 5000 (mungkin akan ada perubahan nominal jika banyak yang datang). 

4. Pantai Santolo

Pantai Santolo berada jauh setelah Pantai Cicalobak. Lokasinya berada di Kecamatan Cikelet Pameungpeuk.

Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya karena di dalam pantai ini ada sebuah pulau kecil dimana jika ingin menyebranginya harus naik perahu. Disitulah letak Pantai Santolo.

Jika tidak ingin menyebrang bisa menikmati pantai disebelahnya. Baik dengan berenaang atau bermain pasir karena pasirnya lembut dan tanpa karang. Jadi enak buat main-main dipinggir pantai.

Selain itu ada juga Kantor LAPAN disekitar Pantai Santolo ini. Salah satu tempat menguji coba roket di Indonesia.

Jam opersional pantai ini 24 jam setiap hari dengan tiket 10.000. Jika sedang ramai maka ketika masuk pantai, dan akan bayar lagi ketika menyebrang ke pulau sebelahnya serta untuk parkir.

5. Pantai Sayang Heulang

Pantai sayang Heulang saat ini memang menjadi favorit wisatawan karena dibilang masih baru direvitalisasi serta banyak wahana lain yang bisa dinikmati.

Lokasi pantai ini berada di Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk. 

Pantai ini sudah beda tampilan dengan yang dulu. Sekarang banyak spot foto yang indah serta adanya jembatan yang mengelilingi disekitar pantai.

Jadi kelihatan indah banget ketika menikmati pantai dari atas jembatan. Dtemani angin sepoy-sepoy yang menyegarkan.

Selain itu wahana yang ada di pantai ini beragam, ada Water Boom Sea Side, Gumuk Pasir, dan bukit Tele Tubies.

Bisa menjadi opsi lain selain berenang dan menikmati pantai dengan mengunjungi wahana-wahana atau tempat lainnya disekitar pantai.

Jam opersional pantai ini 24 jam setipa hari dengan tiket masuk 10.000 per orang.

Untuk menuju ke 5 pantai di atas sangat mudah karena jalan yang sudah bagus serta mudah di akses melalui Google Maps.

Nah, itulah Lokasi Wisata Pantai Indah Cocok Untuk Liburan Setelah Indul Fitri Di Garut Selatan, ada lima rekomendasi lokasi favorit wisatawan.

Dimana pantai favorit kamu? tulis di komentar ya!

Terima kasih.