Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Export atau Download Laporan Keuangan eRKAM V2

Cara Export atau Download Laporan Keuangan eRKAM V2

Cara Export atau Download Laporan Keuangan eRKAM V2 - Di Madrasah akhir-akhir ini sedang ngebut menegrjakan laporan keuangan yang berasal dari dana BOS secara online melalui portal eRKAM karena dikejar dead line.

Dahulu laporan keuangan hanya menggunakan laporan manual artinya dikerjakan secaara offline di madrasah masing-masing sesuai besaran pendapatan dana BOS yang diberikan pemerintah.

Dengan adanya kemajuan teknologi, maka madrasah dituntut untuk bisa melaporkan kegiatan di madrasah secara online supaya mudah dalam peninjauannya karena langsung dapat sampai ke pusat.

Memang dalam perjalanannya tidak semulus yang diharapkan karena banyak hambatan dan tidak langsung bisa dilakukan oleh seluruh madrasah di Indonesia.

Selain itu, karena aplikasinya baru maka sering terjadi bug, servernya tidak stabil sehingga susah sekali bekerja di aplikasi ini.

Namun, pihak penyelenggara terus memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada aplikasi ini. Sehingga sekarang sudah lumayan lancar.

Yang beberapa hari lagi akan berkahir pengerjaanya. Bagi teman-teman yang belum selesai menegerjakan eRKAM semoga cepat selesai dan diberi kelancaran.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh madrasah, terutama yang awal harus dilakukan adalah mengikuti Bimtek EDM dan eRKAM yang ditunjuk langsung oleh pusat. Madrasah mana saja yang harus mengikuti Bimtek.

Bimtek dilakukan dengan dua cara yaitu Bimtek secara daring/online yang dikerjakan selama 10 hari dan Bimtek luring/offline dilakukan selama 3 hari di tempat yang telah ditentukan oleh Kemenag.

Madrasah kami kebetulan menjadi bagian di tahap kemarin pada bulan April-Mei 2023. Makanya admin bisa berbicara seperti itu. Sampai akhirnya medapatkan 2 sertfikat setelah selesai melaksanakan Bimtek.

Selanjutnya setelah selesai melaksanakan Bimtek madrasah mengikuti pendampingan eRKAM yang dipimpin oleh fasilitator masing-masing sbegaiman yan telah ditugaskan oleh Kemenag.

Pendampingan ini diharapkan agar madrasah lebih mengerti dan paham bagaimana cara mengerjakan eRKAM yang nantinya dilakukan secara mandiri oleh madrasah.

Dimana madrasah harus melakukan laporan pertanggung jawaban BOS secara online melalui aplikasi eRKAM. Untuk syarat pencairan BOS tahap selanjutnya.

Nah, untuk pembahasan kali ini mimin akan menjelaskan mengenai bagaimana Cara Export atau Download Laporan Keuangan eRKAM V2 setelah selesai pengerjaan realisasi kegiatannya.

Cara Export atau Download Laporan Keuangan eRKAM V2

Cara Export atau Download Laporan Keuangan eRKAM V2 ini dimaksudkan untuk melihat apakah realisasi yang dikerjakan sudah benar atau belum.

Biasanya jika kita lihat filenya maka akan kelihatan mana saja yang belum selesai atau dimana letak kesalahan pengisiannya.

Berbeda ketika melihat filenya dikomputer kadang terlihat sudah benar tapi saat dibaca lagi masih ada yang salah/

Menu export atau download akan terbuka dimana kita sudah mengerjakan realisasi pendapatan yang dibelanjakan. Walaupun baru 1 item yang dikerjakan maka akan muncul di menu laporan.

Karena yang terpenting setelah semua pendapatan dibelanjakan adalah laporannya apakah sudah sesuai atau belum.

Sebelum membahas cara export atau dowload filenya maka yang harus diketahui adalah menu-menu yang ada pada Menu Laporan.

Di menu Laporan pada eRKAM ada 3 menu utama yaitu Laporan rencana, Laporan Penatausahaan dan Laporan realisasi.

Dalam menu Laporan rencana ada 3 submenu yaitu RKAM, RAPBM dan RKAL. Dan biasanya yang dilampirkan di LPJ adalah file export dari menu RKAM.

Selanjutnya di menu Laporan penatausahaan ada 4 submenu yaitu BKU, Buku pembantu Pajak, Buku pembantu Kas Tunai, dan pertanggung  Jawaban.

Kemudian terakhir ada menu Realisasi yang mempunyai 2 submenu yaitu Realisasi keuangan dan output kegiatan.

Di menu laporan inilah hasil akhir pekerjaan Bendahara BOS dan Staf. Dimana akan terlihat sudah sesuai atau belum realisasi pembelanjaannya.

Selanjautnya, bagaimana mencetak file yang ada dimenu laporan tersebut untuk selanjutnya dilampirakan kedalam LPJ BOS manual untuk dikirim ke Kemenag.

Berikut Cara Export atau Download Laporan Keuangan eRKAM V2:
  1. Log in ke akun erkam boleh Kepala, bendahara maupun staf,
  2. Cari menu Laporan di bagian terbawah menu lainnya,
  3. Kemudian pilih submenu mana yang ingin di download,
  4. Maka selanjutnya akan muncul semua laporan yang telah dekerjakan,
  5. Kemudian cari menu Export, biasanya berada dibagian atas,
  6. Klik Export dan pilih mau didownload dalam bentuk PDF atau Excel,
  7. Selesai, file siap diprint untuk dilaporkan melalui LPJ manual.
Catatan: Untuk export lebih dari 1 halaman maka harus di export per halaman. Misalnya dilihat dibagian bawah ada 2 halaman maka harus dibuka keduanya dan exportnya 2 kali, karena jika sekali export laporan lainnya akan tertinggal dan pastinya belum lengkap.

Demikian Cara Export atau Download Laporan Keuangan eRKAM V2. Mudah-mudah bermanfaat. Jika masih ada yang kurang bisa bertanya di kollom komentar ya teman-teman.

Terima kasih.