Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Dan Log In EDM eRKAM Kemenag Terbaru

Cara Daftar Dan Log In EDM eRKAM Kemenag Terbaru

Cara Daftar Dan Log In EDM eRKAM Kemenag Terbaru - Kemenag pada tahun 2023 ini ingin menyelesaikan semua madrasah di Indonesia untuk penggunaan EDM dan eRKAM.

Makanya terus dikebut bimtek bagi madrash yang belum melakukannya, kemungkinan bimtek kemarin yang terakhir pas angkatan saya.

Bimtek kemarin di mulai dari bulan April dengan 10 hari bimtek daring dan bulan Mei awal dimulai bimtek luring selama 3 hari bertempat di hotel di daerah Kabupaten/Kota masing-masing.

Dalam bimtek kita dibimbing bagaimana cara pengerjaan EDM eRKAM dari awal sampai akhir, walaupun memakai akun latihan tapi intinya sama dengan yang riilnya.

Setelah berakhirnya bimtek kita harus mengerjakan EDM eRKAM di madrasah masing-masing disesuaikan dengan keadaan riil dibuktikan dengan berkas yang ada dan sesuai yang dianjurkan.

Nah, bagi teman-teman yang lupa atau belum tahu cara daftar dan log in EDM eRKAM. Dibawah ini akan dijelaskan langkah-langkahnya.

Cara Daftar Dan Log In EDM eRKAM Kemenag Terbaru

Cara Daftar Dan Log In EDM eRKAM Kemenag Terbaru yang dapat teman-teman lakukan untuk mengerjakan EDM eRKAM sampai selesai.

Walaupun pada kenyataannya dalam pengerjaannya sering kali terjadi error dan loading, karena tidak stabilnya server EDM eRKAM ini.

Yang membuat pengerjaannya terhambat dan menjadi lambat sedangkan kita dituntut untuk menyelsaikan pekerjaan sesuai tenggat waktu yaang ditentukan.

Sebagai operator mungkin saja merasa jengkel atau jenuh dengan keadaan seperti itu, dengan banyaknya aplikasi yang harus dikerjakan.

Kita maunya kerja cepat namun server tidak mendukung ya jadi susah juga. Harus banyak-banyak bersabar karena memang sebenarnya kita sudah terbiasa dengan hal seperti itu.

Ketika ada aplikasi baru pasti mulanya seperti itu banyak error, banyak loading, banyak bug yang membuat pekerjaan terhambat.

Tapi walau bagaimana kita tetap harus menyelesaikannya dengan baik karena EDM daneRKAM dasar untuk pencairan dana BOS.

Karena semua madrsah diharuskan sudah menggunakan EDM eRKAM untuk pengajuan dana BOS dari pusat.

Semua usulan untuk medapatkan BOS setiap madrasah berasal dari EDM eRKAM baik dari kegiatan maupun sub-subnya.

Dan versi yang digunakan untuk EDM eRKAM tahun 2023 adalah versi 2 (V2) yang merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya.

Nah bagi teman-teman yang ingin daftar dan log in ke EDM dan eRKAM bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:
  • Untuk log in EDM eRKAM V.2 bagi yang bimtek tahun 2020 dan 2021 menggunakan user dan sandi yang sama dengan EDM eRKAM versi 1 (V.1).
  • Untuk log in EDM eRKAM V.2 yang bimtek tahun 2022, harus daftar dahulu dengan cara klik DAFTAR masukan kode registrasi berupa NSM kemudian masukan ROLE sebagai apa dan tahunnya otomatis sudah 2023 lalau klik REGISTRASI. Lalu akan muncul nama sekolah dan lengkapi disana.
  • Jika sudah masuk eRKAM maka masukan nama kepala dan bendahara, NIK, email dan sandi lalu simpan.
  • Untuk menambah staff maka buka pengaturan lalu manajemen user lalu tambah staff, yang dimasukan sama nama, NIK email dan sandi.
  • Jika sudah registrasi maka tinggalkan dulu eRKAM dan masuk ke EDM.
  • Untuk EDM log in menggunakan NIK dan sandi yang sudah didaftarkan di eRKAM.
  • Yang harus log in adalah akun Bendahara.
  • Lalu isi semua evaluasi yang ada disana yaitu sebanyak 26 butir.
  • Upload semu berkas dan isi sesuai petunjuk aplikasi sampai selesai lalau ajukan ke Kepala untuk disetujui.
  • Jika sudah selesai EDM baru isi eRKAM milik Kepala lalu isi menu RENCANA untuk memasukan kegiatan-kegiatan yang ada di madrasah sesui juknis BOS.
  • Jika sudah menetukan apa saja kegiatan di madrsah buka akun Bedahara dan masukan biaya setiap kegiatan dan sub-subnya yang telah diajukan di akun Kepala sampai habis dana BOS tersebut.
  • Lalu buka akun Kepala untuk meyetujui semua pembelanjaan yang diajukan.
  • Selesai.
Sebetulnya secara tahapan memang terlihat mudah tapi saat mengerjakan beda lagi kondisinya baklan lebih rumit di tambah server suka jelek.

Nah, itulah sedikit Cara Daftar Dan Log In EDM eRKAM Kemenag Terbaru. Mudah-mudahan bermanfaat.

Jika ada yang ingin menambahkan bisa di tulis dikomentar ya.

Terima kasih.