Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dana BPMU 2023 untuk Madrasah Aliyah Sebentar Lagi Cair

Dana BPMU 2023 untuk Madrasah Aliyah Sebentar Lagi Cair

Dana BPMU 2023 untuk Madrasah Aliyah Sebentar Lagi Cair - Setelah BPMU (Bantuan Pendidikan Madrasah Universal) merupakan program bantuan dari Pemprov Jawa Barat kepada sekolah tingkat SLTA dalam hal ini MA (Madrasah Aliyah).

Selain MA, sekolah-sekolah yang dibawah naungan Dinas pendidikan seperti SMA, SLB, SMK baik Negeri maupun Swasta yang berada di wilayan Jawa Barat kebagian dan BPMU ini.

Bantuan ini memang sangat diperlukan oleh sekolah terutama madrasah karena banyak sekolah yang statusnya swasta.

Yang sumber dananya hanya mengandalkan dari BOS pusat, namun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan di sekolah.

Dana BOS pusat hanya cukup untuk bayar honor saja, sedangkan kegiatan lainnya tidak cukup. Bahkan harus nombok atau dana talang.

Maka, dengan adanya BPMU ini, sangat membantu madrasah kami untuk melaksanakan berbagai kegiatan di madrasah.

Dana BPMU 2023 untuk Madrasah Aliyah Sebentar Lagi Cair

Dana BPMU 2023 untuk Madrasah Aliyah Sebentar Lagi Cair, ada wacana untuk pencairannya bisa dilakukan bulan Mei ini.

Bantuan ini sangat kami harapkan untuk menambah keuangan madrasah karena semua kegiatan di madrasah yang belum terbiayai semua oleh BOS pusat.

Pada tahun 2023 ini juga ada sesuatu yang berbeda dengan pembagian BPMU. Yaitu adanya Bimtek terdahulu sebelum di cairkannya dana hibah BPMU.

Yang mana peserta bimtek kali ini adalah seluruh Kepala Madrasah Negeri maupun Swasta yang berada di Provinsi Jawa Barat.

Untuk pematerinya juga terdiri dari beberapa unsur penting pada setiap bagiannya yaitu Biro Kesra Jabar sebagai pemberi dana, Kajati sebagai pencegah dana agar tidak dikorupsi, serta Kanwil Kemenag Jawa Barat sebagi naungan madrasah di Jawa Barat.

Untuk pembagian dan penanada tanganan NPHD BPMU kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.
Biasanya di koordinator oleh KKM dan sampaikan oleh Kabupaten ke Provinsi.

Namun sekarang ada yang berbeda yaitu penanda tangan NPHD BPMU dilakukan sendiri oleh masing-masing Kepala Madrasah dan dipusatkan di Bandung semuanya tepatnya hotel Aryaduta Bandung.

Untuk besaran uang yang diterima ke setiap Madrasah untuk tahun ini adalah 580 ribu per siswa dalam 1 tahun.

Dengan ajuan dari Biro Kesra Jabar untuk anggaran BPMU tahun 2023 sebesar 140 Milyar Rupiah. Sedangkan untuk tahun 2024 mengajukan sebesar 600 Milyar Rupiah kata Kepala Biro Kesra Jabar saat Bimtek.

Semakin banyak siswa di madrasah maka semakin banyak pula dana BPMU yang di dapat madrasah tersebut.

Untuk data siswanya diambil dari data Emis cut off  bulan maret 2023. Jadi, jumlah siswa di Emis kali 580.000. Sebesar itulah dana yang didapat oleh setiap madrasah.

Saat Bimtek Kepala Biro Kesra Jabar serta jajarannya menjelaskan secara lengkap mengenai cara penggunanan uang serta cara pelaporan yang baik serta pemberian motivasi kepada seluruh peserta Bimtek.

Untuk bank penyalurnya juga berpindah dari Bank BJB menjadi Bank BJB Syariah. Yang kemungkinan jika di madrasah berada di daerah maka 2akan jauh menuju Bank tersebut.

Karena Bank BJB Syariah masih berada di Kota/Kabupaten belum masuk ke Kecamatan seperti halnya BJB.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai Dana BPMU 2023 untuk Madrasah Aliyah Sebentar Lagi Cair. Informasi ini saya dapat karena saya alah satu peserta Bimtek kemarin yaitu angkatan III dan IV.

Semoga dengan adanya hilal ini sebentar lagi dana BPMU bisa dicairkan untuk digunakan keperluan madrasah masing-masing.

Terima kasih