Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Update Data Santri MDT di EMIS 4.0

 

Cara Update Data Santri MDT di EMIS 4.0
Cara Update Data Santri MDT di EMIS 4.0 - Seperti hal madrasah (RA, MI, MTS, MA) yang menggunakan EMIS dengan versi yang sekarang yaitu versi 4.0 sebagai sistem pendataannya, mulai dari kelembagaan, Sarana dan Prasara, Siswa, Guru, dan Rombel.

Nah, tahun 2023 ini MDT (Madrasah Diniyah Takmiliyah) juga diharuskan melakukan pendataan melalui EMIS 4.0 seperti halnya madrsah.

Mengganti aplikasi yang sebelumnya yaitu EMIS PD Pontren. Khusus aplikasi pendataan MDT yang sudah berjalan beberapa tahun kebelakang tepatnya bulan Juni 2023 kebelakang.

Pada kesempatan ini admin akan menjelaskan tentang Cara Update Data Santri MDT di EMIS 4.0. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Update Data Santri MDT di EMIS 4.0

Untuk Cara Update Data Santri MDT di EMIS 4.0 baik Awalaiyah maupun Ula bahkan TPQ dan sejenisnya saat ini dituntut untuk menggunakannya EMIS 4.0.

Berikut Cara Update Data Santri MDT di EMIS 4.0 yang wajib diketahui oleh pengelola MDT maupun sejenisnya dalam update santri agar masuk dan aktif di EMIS 4.0.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan Data Santri Lengkap (Centang Hijau)

Data awal saat masuk EMIS 4.0 data santri itu belum lengkap ditandai dengan tanda merah dibagian kiri namanya. 

Ini karena data yang di tarik ke emis merupakan data yang ada di emis Pd Pontren yang sebelumnya telah di isi.

Agar data santri lengkap maka tinggal ubah data dan Data orang tua dan alamatnya. Sedangkan yang lainnya bisa disi tinggal klik saja di kolom yang ada isi wajib di isi.

Data untuk isiannya bisa dilihat pada KK (Kartu Keluarga) santri masing-masing. Bahkan lebih baik lagi KK itu di upload. Walaupun bukan status prioritas yang akan dikonfirmasi hanya sebagai data saja.

2. Masukan Santri kedalam Rombel Masing-Masing

Setiap lembaga pendidikan pasti mempunyai Rombongan Belajar (Rombel) baik jumlahnya sedikit maupun banyak.

Tapi, yang jadi masalah disini adalah ketika memasukan rombel untuk tahun pelajaran 2023/2024 siswa masih belum bisa di tarik ke rombel masing-masing.

Ini terjadi karena data emis baru saja dimulai, beda cerita jika sudah berjalan sebelumnya tinggal tambah santri dan masukan ke rombel masing-masing.

Namun, ini karena awal-awal maka harus setting dahulu agar santri masuk ke rombel masing-masing. Caranya setting rombel di tahun pelajaran sebelumnya yaitu 2022/2023 semester Genap di menu Rombingan Belajar. 

Lalu tambah rombel dengan cara mengklik menu Tambah dibagian kanan atas lalu isi data-datanya. Mulai dari Tahun Pelajaran Kelas, Rombel, Nama Wali Kelas, Jenis Rombel dan Kurikulum.

Kemudian klik tambah santri untuk memunculkan santri. Maka santri akan muncul sebagimana kelas yang telah di tentukan sebelumnya.

Klik menu pilih semua lalu pilih semua dan klik simpan. Lakukan cara tersebut secara berulang sampai semua santri masuk rombel.

Tips untuk rombel yang kurang bisa di tambah di Menu Sarana dan Prasarana kemudian klik menu Lahan dan Gedung. Lalu pilih menu ruangan.

Lalu tambah ruangannya dan isi data yang diperlukannya. Ingat pada menu Penggunaan harus memilih digunakan untuk kelas utama. 

3. Naikan Santri dari kelas sebelumnya atau Luluskan Santri

Nah, jika semua santri sudah masuk rombel di Tahun pelajaran 2022/2023 Genap, maka naik kelaskan santri dari kelas sebelumnya ke kelas berikutnya. Kemudian jika ada santri yang perlu diluluskan maka luluskan.

Lakukan cara ini sampai semua santri naik kelas ataupun lulus. Maka, selanjutnya seluruh siswa akan menjadi siswa katif tanpa rombel. 

Jika sudah ada keterangan seperti itu maka selanjutnya tinggal masukan santri ke rombel masing-masing yang saat ini berjalan.

4. Aktifkan Siswa ke Rombel Masing-Masing

Setelah tadi siswa aktif tanpa rombel supaya siswa aktif dan punya rombel maka, masuk lagi kemu Rombongan Belajar dan buat baru untuk Tahun pelajaran 2023/2024 Ganjil.

Caranya sama seperti tadi pilih menu Romongan belajar lalu klik tambah kemudian masukan datanya mulai Tahun Pelajaran, kelas, rombel, jenis rombel, wali kelas, dan kurikulum.

Lalu tambah santri, maka santri yang sebelumnya tidak muncul di Tahun pelajaran 2023/2024 maka saat ini akan muncul lalu pilih semua dan tambah lalu simpan.

Lakukan cara tersebut sampai seluruh santri masuk ke rombel masing-masing. Maka, jiak sudah selesai maka akan ada keterang santri aktif dengan kelas dan rombel yang terisi.

Tips jika masih bingung apabila tahun pelajaran 2023/2024 tidak muncul maka cek dahulu tahun pelajaran 2022/2023 kemudian cek rombel yang belum ada santrinya biasanya di tandai dengan 0/15 santri misalkan. 

Maka jika ada yang mencurigakan seperti itu, maka hapus saja rombel tersebut. Karena biasanya ada isinya misalkan 10/15 santri.

Nah, jika sudha dihapus semua yang nol tersbut, coba cek lagi tahun pelajarannya. Dijamin tahun pelajaran 2023/2024 akan muncul.

Kesimpulan

Cara Update Data Santri MDT di EMIS 4.0 ini bisa dilakukan jika dengan mudah jiak mengikuti prosudurnya dengan benar.

Jangan panikan, cek semuanya. Jika tidak ada yang muncul pasti ada kesalahan sebelumnya atau ada yang belum terisi.

Untuk memudahkan lengkap atau belumnya data santri sudah update semua bisa di cek di menu monitoring.

Jika di menu monitoring sudah tidak ada yang bertanda merah maka dipastikan data santri sudah selesai di isi. tinggal konfirmasi saja.

Demikian, Cara Update Data Santri MDT di EMIS 4.0. semoga bermanfaat.